Destinasi

Tanjung Ringgit, Keindahan Tersembunyi di Lombok Timur

Tanjung Ringgit merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru.  Tepatnya berada di paling ujung timur Pulau Lombok. Tanjung Ringgit masih tergolong sepi, jadi kalau kamu pengin menyepi sejenak dari rutinitas, tempat ini sudah pasti merupakan pilihan tepat.

Kondisi jalan sudah bagus

Meskipun akses menuju Tanjung Ringgit sangat terbatas, tapi jangan khawatir. Jalur menuju ke sana nggak terlalu susah, karena kondisi jalan sudah bagus, nggak seperti sebelumnya yang masih berbatu dan tanah.

Rute yang bisa kamu tempuh adalah sebagai berikut:

1. Bandara Internasional Lombok – Kota Praya – Jerowaru –Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit.

2. Pelabuhan Kayangan – Kota Selong – Tanjung Luar – Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit.

3. Pelabuhan Lembar – Kota Gerung – By Pass Bandara Internasional Lombok – Penujak- Kota Praya- Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit.

4. Kota Mataram – Kota Praya – Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit.

Yang bisa dilakukan di sana

Ketika sampai di sana, kamu akan langsung disapa dengan pemandangan yang begitu cantik. Tebingnya yang sangat curam, serta angin laut yang kencang membuat tempat ini sangat eksotis. Apalagi, Tanjung Ringgit posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Pulau Sumbawa di sebelah timur.

Yang bisa dilakukan di Tanjung Ringgit adalah selfie, berenang, atau camping. Kalau untuk berenang, kamu nggak bisa langsung nyebur dari atas tebing, namun harus mencari jalan ke bawah tebing dulu.

Juga kamu harus memilih waktu yang cocok untuk berenang, yaitu pada saat air laut lagi tenang dan angin nggak terlalu kencang. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk ke Pulau Tangsi yang sering disebut Pantai Pink juga, lho.

Punya cerita sejarah

Dulu, di saat penjajahan Jepang di era 1940-an, Tanjung Ringgit menjadi markas dan tempat pengintaian tentara Jepang terhadap musuh. Ada beberapa bangunan peninggalan penjajahan Jepang yang menjadi bukti betapa pentingnya tempat ini, antara lain meriam dan barak berupa gua untuk tempat pengintaian dan persembunyian. Kamu bisa melihat meriam dan gua yang dijadikan barak yang posisinya berada di sebelah utara dari Tanjung Ringgit.

Pengin main ke Tanjung Ringgit? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Lombok lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke lombok  cari hotel murah di lombok

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top