Destinasi

Tanjung Lesung: Wisata Bali Baru di Pandeglang, Banten

Jangan ngaku sebagai anak pantai, kalau kamu belum pernah ke Tanjung Lesung yang berada di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Keindahannya mampu menyaingi Bali, sehingga pemerintah Indonesia menjulukinya sebagai Bali Baru. Dengan luas sekitar 150 ha, tentu aja banyak hal yang bisa kamu lakukan di Tanjung Lesung. Sebelum ke sana, kenalan dulu sama pantai yang terbilang masih perawan ini, yuk!

Asal Mula Tanjung Lesung

Dulu, di pesisir Laut Selatan Jawa ada seorang pengembara bernama Raden Budog yang selalu ditemani oleh kuda dan anjingnya. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan gadis yang sangat cantik di mimpinya. Ia pun berusaha mencari gadis tersebut di kehidupan nyata. Di tengah pencariannya, Raden Budog beristirahat sejenak di suatu pantai. Tapi, saat ia ingin melanjutkan perjalanan, kuda dan anjingnya merasa lelah. Raden Budog pun menganggap kuda dan anjingnya tidak setia dan ia mengutuk kedua hewan pengikutnya tersebut menjadi batu karang.

Saat melanjutkan perjalanan, Raden Budog mendengar suara merdu dari alat musik lesung. Rupanya, pemain lesung tersebut adalah gadis idaman Raden Budog dalam mimpi yang bernama Sri Po Haci. Sayangnya, ibu Sri Po Haci melarang putrinya berhubungan dengan Raden Budog yang tidak memiliki asal-usul yang jelas. Namun, mereka tetap menikah. Raden Budog pun mempelajari lesung dan jadi suka main lesung hingga ia lupa waktu dan mengabaikan nasihat leluhur yang melarangnya untuk main lesung di hari Jumat. Sehingga, Raden Budog berubah menjadi monyet.

Sri Po Haci pun jadi malu, kemudian ia langsung menghilang. Untuk mengenang keahlian Sri Poh Haci bermain lesung, penduduk setempat menyebut kampung itu Kampung Lesung. Kampung tersebut terletak berada di sebuah tanjung dan berubah nama jadi Tanjung Lesung. Ada juga sumber yang mengatakan bahwa nama Tanjung Lesung diambil dari lokasi pantai yang menjorok ke laut sehingga mirip ujung lesung. Lesung sendiri merupakan alat tradisional untuk menumbuk padi.

Puas main di Tanjung Lesung!

tanjung-lesung3

foto: Warta Kota – Tribunnews.com

Nggak heran jika Tanjung Lesung dijuluki sebagai Bali Baru. Karena, suasananya memang mirip Bali! Tanjung Lesung memiliki garis pantai yang mencapai 15 km dengan hamparan pasir putih yang lembut. Untuk mendapatkan suasana tenang, sekaligus romantis, kamu bisa berjalan di sepanjang garis pantai bersama pasangan sambil menikmati deburan ombak yang nggak terlalu besar. Karena deburan ombaknya nggak terlalu besar, kamu jadi bisa melakukan segala aktivitas pantai dengan aman.

Segala aktivitas yang bisa kamu lakukan di Tanjung Lesung antara lain:

1. Menikmati sunset

Sunset di Tanjung Lesung adalah sunset terbaik, karena angle sunset-nya berada di balik anak Gunung Krakatau. Jangan lewatkan momen sunset jika kamu liburan di Tanjung Lesung. Kamu bisa mengabadikan indahnya sunset dengan mengambil foto sunset di sana. Tempat ini memang cocok banget untuk kamu yang suka fotografi atau koleksi foto cantik di Instagram.

2. Memancing

Kamu bisa memancing di dermaga atau carilah tempat pemancingan lain dengan menggunakan boat. 

3. Main water sports!

Ada berbagai water sports yang bisa kamu coba di Tanjung Lesung, seperti kano, jet ski, banana boat, dan lain-lain. Kalau ingin berenang, kamu juga bisa berenang di pantainya yang masih jernih tersebut.

4. Snorkeling dan diving

Mampirlah ke Pulau Liwungan. Di sana kamu bisa menyelam untuk menikmati aneka terumbu karang yang indah. Snorkeling di sekitar pantai sekaligus menikmati anak Gunung Krakatau juga bisa kamu lakukan dari kejauhan. Suasana sore di Pulau Liwungan juga makin romantis karena banyak burung Camar beterbangan di sana.

5. Menikmati aneka seafood

Liburan ke pantai, tentu nggak bakal asyik jika kamu nggak mencicipi seafood! Di pinggir pantai banyak resto atau rumah makan yang menjual aneka seafood lezat yang wajib kamu coba!

6. Menonton tarian dan seni bela diri

Belum mantap rasanya jika kamu nggak melihat aksi tarian dan seni bela diri debus dari Banten yang sangat terkenal. Kamu bisa melihat aksi-aksi tersebut di Tanjung Lesung, lho. Lumayan banget buat mengisi waktu luang di malam hari setelah seharian bermain di pantai!

7. Menikmati sunrise dan olahraga

Sunrise di Tanjung Lesung juga nggak kalah cantik dibandingkan dengan sunset-nya. Dijamin, kamu bakal rela buat bangun pagi hanya untuk menikmati sunrise! Tentu aja momen tersebut wajib kamu abadikan lewat kamera! Udara di pagi hari juga sangat sejuk. Bisa kamu manfaatkan untuk olahraga. Kamu bisa lari pagi atau main sepeda.

Tiket masuk dan akses menuju Tanjung Lesung

Untuk berwisata di Tanjung Lesung, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu* aja. Jika kamu datang dari Jakarta, kamu bisa menjangkau Tanjung Lesung dengan mengambil rute tol Tangerang – Merak. Lalu, keluar lewat pintu gerbang tol Serang Timur dan lanjutkan perjalanan ke arah Pandeglang dan Labuan samapi tiba di Tanjung Lesung.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Bagi kamu yang berada di luar Jakarta atau Tangerang, tentu aja kamu harus pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Jakarta lewat pegipegi. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Tanjung Lesung!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta  cari hotel murah di tanjung lesung cari hotel murah di pandeglang

*Harga berlaku saat artikel dibuat

 

(Visited 2,666 times, 2 visits today)

Comments

To Top