Destinasi

Tanjung Kelayang, Pantai dengan Batu Menyerupai Paruh Burung

Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai yang berada di Kecamatan Sijuk dan berjarak sekitar 27 km dari Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Disebut Tanjung Kelayang karena pantai ini memiliki puluhan batu granit raksasa yang menyerupai paruh burung. Kali ini, Pegipegi pun ingin mengajak kamu untuk semakin mengenal Pantai Tanjung Kelayang!

Dilestarikan oleh pemerintah

Kelayang diambil dari salah satu jenis burung di Pulau Belitung, juga merupakan sebutan lokal Belitung untuk burung walet. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, susunan batu granit yang mirip dengan paruh burung tersebut memiliki kekuatan mistis. Namun, keindahan Tanjung Kelayang sendirilah yang menjual tempat wisata ini, bukan cerita mistisnya.

Air lautnya jernih, berwarna biru, pasirnya putih, dan dilengkapi dengan jejeran pohon kelapa. Tidak heran jika Tanjung Kelayang sangat dilestarikan oleh pemerintah. Tanggal 15 Maret 2016, Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Keputusan tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. KEK Tanjung Kelayang dengan lahan seluas lebih dari 300 hektar merupakan KEK kesembilan yang ditetapkan pemerintah sampai tahun 2016.

Tersohor karena film Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Kelayang juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008 kemarin. Sejak itulah namanya kian melambung di mata wisatawan. Sehingga, halaman Pantai Tanjung Kelayang juga dikenams dengan apik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

Setiap tahunnya, Pantai Tanjung Kelayang adalah area singgah yacht dari berbagai negara. Mereka bukan hanya menikmati keindahan pantai, namun juga menikmati sajian kuliner lokal. Sunset (matahari terbenam) di Pantai Tanjung Kelayang juga sangat ditunggu-tunggu oleh wisatawan, apalagi pemandangannya makin mempersona dengan latar belakang perahu-perahu nelayan.

Setiap sudut punya ciri khas

Tanjung Kelayang adalah semenanjung yang menjorok ke arah utara. Pantai pasir putihnya membentang sepanjang 4 km hingga ke Pantai Tanjung Tinggi dan tidak ada granit di sana. Tepi pantainya bagus untuk bermain-main dan kamu juga bisa berenang di pantainya.

Sedangkan, pulau dengan batu granit ada di arah utara. Kamu bisa berjalan lagi sekitar 300 meter untuk ke sana.

Di sisi barat tidak kalah eksotik. Panjang pantai tidak sepanjang sisi timur, karena di sisi barat terdapat lebih banyak batu granit. Pemandangan unit dari pantai sisi Barat adalah tiga pulau kecil, kira-kira 300 meter dari bibir pantai. Dikombinasikan dengan bebatuan granit besar yang tersebar di permukaan laut, pemandangan di sisi Barat menjadi lebih menarik, terutama pada saat matahari terbenam.

Nggak sabar pengin main ke Pantai Tanjung Kelayang? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Belitung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke belitung  cari hotel murah di belitung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top