Destinasi

Tanjung Bira, si cantik dari Bulukumba

Tanjung Bira

Tanjung Bira Makassar menjadi salah satu pantai tercantik di Makassar dengan keindahannya yang sudah dikagumi wisatawan lokal dan mancanegara. Tidak heran kalau disana banyak bersliweran bule-bule yang ikut berbaur dengan warga lokal. Bukan tanpa alasan kenapa pantai ini begitu tenar karena memang pantai ini menawarkan banyak sensasi. Yuk ikuti ulasan dari Pegipegi tentang pantai ini.

Pantai Tanjung Bira

foto: www.diveindonesia.net

Bagaimana cara menuju Tanjung Bira?

Tanjung Bira berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan atau bisa dijangkau sekitar 200 km dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dari Jakarta, kamu bisa naik pesawat Jakarta – Makassar (2,5 jam) atau rute Jakarta – Denpasar – Makassar. Karena lokasinya cukup jauh, kamu akan lebih nyaman apabila menyewa mobil atau naik angkutan umum. Menyewa mobil (Rp 400.000* – Rp 600.000* termasuk supir dan BBM) tentu lebih praktis karena kamu bisa langsung meluncur ke lokasi.

Kalau ingin naik angkutan umum, kamu bisa ikuti rute berikut : Bandara Hasanuddin – naik angkutan umum/taksi ke Terminal Bus Malengkeri – naik bus menuju ke Bulukumba (Rp 70.000* per orang) – ganti angkutan umum yang disebut ‘pete-pete’ menuju Tanjung Bira (Rp 10.000*). Atau naik taksi Inova Rp 80.000* per orang tergantung banyak sedikitnya penumpang (normalnya 8 orang). Selama di sana, kamu bisa menyewa motor dengan sewa Rp 75.000* per hari untuk berkeliling pulau.

Oh ya travelers, kalau pengin mengejar sunrise, kamubisa naik pesawat pada sore atau malam hari ya. Sedangkan 5 – 7 jam perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira bisa digunakan untuk istirahat dalam mobil. Tetapi, untung-untungan juga sih. Namun nggak ada salahnya juga untuk dicoba ‘kan?

 

Sambut keindahan Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

foto: www.indonesia-tourism.com

Travelers, memang perlu perjuangan untuk bisa menikmati pantai ini ya? Tapi kamu beneran nggak bakalan nyesel deh. Bahkan sangat bersyukur bisa mengintip salah satu kreasi Tuhan berupa pantai yang terlihat begitu eksotis dan menakjubkan. Untuk bisa mengeksplorasi Tanjung Bira, kamu dapat menyewa kapal dengan tarif Rp 250.000* – Rp 350.000* yang tarifnya negotabke . Bahkan mereka bisa mengantarkanmu ke spot snorkeling untuk menikmati asyiknya pemandangan bawah laut.

Selain Tanjung Bira, kamu juga bisa mengunjungi pulau-pulau lain yang tak kalah cantik disekitar pantai, seperti Pulau Liukang Loe, Pulau Selayar, dan Pulau Kambing dengan bentangan tebing batu gamping yang memukau. Snorkeling dan menyelamlah disana dan kamu pasti nggak pengin naik ke permukaan karena cantiknya terumbu karang dan ikan berwarna-warni di sini sangat memesona.

Airnya yang cukup jernih serta arus bawah yang tenang membuat momen penyelaman makin menyenangkan. Puas ber-snorkeling ria, kamu bisa bersantai sejenak sambil duduk-duduk di atas pasir putih selembut tepung sambil menanti gelombang ombak yang terlihat begitu tenang dari tengah laut. Atau, kalau pengin menantang adrenalin, kamu bisa main banana boat beramai-ramai bareng teman se-genk, ataupun bareng kenalan baru di sini.
Yang paling banyak dikagumi wisatawan saat menginjakan kaki di Tanjung Bira tidak lain karena airnya yang terlihat biru kehijauan serta atmosfir begitu menyegarkan di sekitar pantai. Saat cuaca sedang cerah, pantulan warna air dan birunya langit semakin menambah pesona cantiknya Tanjung Bira.

Akomodasi di Tanjung Bira

Travelers, penginapan Tanjung Bira banyak pilihannya lho. Tinggal pilih saja, mau menginap di hotel, bungalow, cottage, homestay, villa, atau guest house. So, kamu nggak perlu khawatir. Tarifnya juga bervariasi, mulai dari Rp 100.000-an sampai Rp 600.000* per malam. Lokasinya ada yang di tepi pantai, dekat jalan utama, atau bahkan di atas bukit dengan teras-teras pribadi ber-view pantai. Kalau ingin mewah sedikit, kamu bisa menginap di resort Tanjung Bira yang tarif per malamnya cukup mahal. Jadi, semua tergantung dari ketebalan kantongmu.

Tanjung Bira

foto: www.gotoiceland.net

Travelers, bisa dibilang akomodasi dan fasilitas di sekitar pantai sudah cukup memadai sehingga kamu tidak perlu risau dengan dimana akan tinggal atau apa yang akan dimakan. Cobalah untuk berburu kuliner lokal yang sebagian besar berupa seafood.

Masih belum puas menikmati Tanjung Bira? Segera saja pesan tiket pesawat dan booking hotel di sekitar Tanjung Bira lewat website Pegipegi.com. Selamat berpetualang.

 

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 10,584 times, 5 visits today)

Comments

To Top