Destinasi

Banyak yang seru di Tanjung Benoa, Bali!

Screenshot 2015-06-05 14.17.15

Birunya air laut, sejuknya angin sepoi-sepoi dan kelembutan pasir putih bukan satu-satunya hal yang bisa kamu nikmati di Tanjung Benoa. Ya memang benar kalo kita main ke pantai pasti bakal nemuin hal-hal semacam itu. Tapi pernah nggak sih terpikir buat nyoba aktivitas khas pantai selain berjemur, berenang atau bermain pasir?

Tanjung Benoa Watersport

Tanjung Benoa Watersport

foto: www.balibalibeach.com

Perairan di sekitar Tanjung Benoa masih terpelihara dengan baik dan aman karena ombak di sini sudah pecah sebelum sampai ke bibir pantai. Ombak bersahabat inilah yang membuat Tanjung Benoa cocok buat aktivitas olahraga air yang lazim dimulai jam 11 siang sampai jam 4 sore.

Aktivitas olahraga air semacam parasailing dan jetski yang selama ini hanya bisa kamu nikmati melalui layar televisi, sekarang bisa kok kamu coba dan rasakan dengan mata kepala sendiri. Melaju di atas gelombang laut yang tenang atau melayang-layang di atas birunya samudra semuanya bisa kamu lakukan kalo berkunjung ke Pantai Tanjung Benoa.

Nggak mau seru-seruan sendirian? Kalo gitu yuk naik banana boat yang banyak disewakan di Tanjung Benoa. Buat yang belum tau apa itu banana boat, ini adalah semacam perahu tak bermotor berbentuk pisang raksasa yang ditarik oleh motor boat lain buat berkeliling ke sekitar tempat wisata. Banana boat biasanya berkapasitas sampai 10 orang, tapi kalo banana boat Tanjung Benoa hanya untuk maksimal 5 penumpang aja, travelers.

Kalo kamu dan teman-temanmu cukup bernyali coba deh jenis olahraga air andalan Tanjung Benoa, yaitu flying fish. Karena mengandung kata ‘flying’ udah jelas kalo olahraga ini ada kaitannya sama aktivitas terbang. Kamu nggak akan dibiarkan terbang sendiri karena bakal ada seorang instruktur yang akan menemani.

Flying fish menggabungkan 3 buah banana boat menjadi satu dengan tambahan satu banana boat melintang di bagian depan. Penumpang flying fish berjumlah 3 orang, kamu dan temanmu di sisi kanan dan kiri, instrukturnya di tengah. Trus kalian akan ditarik motor boat berkecepatan tinggi melawan arah angin dan perahu karet yang kalian tumpangi akan ‘terbang’ terkena hempasan angin. Tingginya tergantung kekuatan angin di Tanjung Benoa saat itu, bisa nyampe 2 meter kalo anginnya lagi kencang. Woow ..

Mengintip konservasi penyu di Tanjung Benoa Bali

Konservasi penyu Tanjung Benoa Bali

foto: anekatempatwisata.com

Keunggulan Tanjung Benoa dibanding pantai lain di Bali adalah hanya di Pantai Tanjung Benoa kamu bisa bersenang-senang bareng keluarga atau teman-teman tanpa meninggalkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Di Tanjung Benoa kamu juga bisa mencoba olahraga air lain yang nggak kalah menarik seperti scuba diving dan snorkeling. Kamu akan ditemani seorang instruktur selam buat menikmati keindahan alam bawah laut Tanjung Benoa selama 45 menit, travelers. Asyiknya lagi, adik atau keponakanmu yang masih kecil bisa ikut main dan kasih makan ikan sambil menyelam karena usia minimal peserta scuba diving adalah 10 tahun.

Tapi bukan cuma berscuba diving aja kamu bisa berkenalan sama ikan-ikan penghuni Tanjung Benoa. Kamu juga bisa naik glassbottom, yaitu semacam motor boat dengan lantai yang terbuat dari kaca. Sambil berlayar kamu bisa melihat pemandangan bawah laut Tanjung Benoa di bawah kakimu dan melihat kelucuan ikan-ikan kecil yang kejar-kejaran berebut makanan.

Glassbottom ini akan mengarungi laut Tanjung Benoa selama 30 menit dan bersandar di Pulau Penyu. Di sini kamu bisa melihat suasana penangkaran penyu yang kini populasinya semakin langka, juga beberapa jenis satwa jinak lain seperti elang laut, jalak Bali, kelelawar dan ular. Kalo beruntung kamu bisa ikut melepasliarkan ratusan tukik (anak penyu) ke laut juga, travelers.

Tips berkunjung ke Tanjung Benoa

Tanjung Benoa cukup mudah dijangkau karena jaraknya nggak terlalu jauh dari Denpasar, sekitar 45 km. Kalo kamu datang ke Bali dengan naik pesawat akan lebih mudah lagi datang ke sini, karena jarak Tanjung Benoa-Bandara Internasional Ngurah Rai hanya 15,7 km saja. Dengan berkendara selama 30 menit aja kamu udah sampai di Tanjung Benoa.

Tips untuk yang akan berkunjung ke Tanjung Benoa, sebaiknya jangan mudah tergiur dengan paket tur atau watersport yang ditawarkan dengan harga kelewat murah, travelers. Soalnya belum tentu paket tur tersebut dilengkapi dengan asuransi dan nggak akan ada pihak yang mau bertanggung jawab kalo kamu mengalami kecelakaan. Ya bukannya kita berharap buruk sih. Tapi watersport di Tanjung Benoa termasuk jenis olahraga ekstrim dan kita sebagai traveler yang baik wajib hukumnya untuk berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan yang terjadi, kan?

Pastikan kamu memilih paket tur yang dilengkapi asuransi dan terpercaya, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

(Visited 249 times, 1 visits today)

Comments

To Top