Rekomendasi

Menghibur diri di tengah sejuknya Taman Wisata Baturraden

taman-wisata-baturaden

Selain kaya akan berbagi tempat bersejarah, Jawa Tengah juga memiliki alam yang mempesona. Taman Wisata Baturraden adalah salah satu buktinya. Taman Wisata Baturraden terletak persis di kaki Gunung Slamet dan kamu akan dapat menikmati pemandangan khas pegunungan akan selalu terkenang sepanjang masa.

taman-wisata-baturraden

foto : telusurindonesia.com

Taman Wisata Baturraden, saksi bisu tragedi cinta

Menurut masyarakat setempat, dulu ada seorang pangeran (raden) yang jatuh cinta pada dayangnya di istana. Posisi dayang sekarang sama dengan ART atau asisten rumah tangga dan disebut dengan istilah ‘batur’ dalam bahasa Jawa. Perbedaan status sosial membuat kedua orang tua sang pangeran tidak menyetujui hubungan cinta mereka.

Sang pangeran dan sang batur kemudian melarikan diri ke lereng Gunung Slamet. Di sinilah mereka menemukan sebuah tempat yang sangat indah, dengan dua air terjun dan sungai yang mengalir jernih serta pemandangan lembah Banyumas di bawahnya. Sang raden dan sang batur lalu memutuskan untuk menghabisi nyawa mereka di tempat itu agar tak ada siapapun yang bisa memisahkan mereka. Sejak saat itulah tempat yang indah itu diberi nama Baturaden.

Beberapa obyek wisata di Taman Wisata Baturaden

Kerennya lagi, Taman Wisata Baturaden nggak hanya menawarkan satu obyek wisata aja, travelers. Di Baturaden kamu bisa menikmati keindahan Pancuran Pitu dan Pancuran Telu yang memancarkan sumber air panas. Beberapa orang percaya air panas di kedua air terjun yang suhunya mencapai 6  derajat Celcius ini mengandung belerang dan ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit. Mau coba, travelers? Di mana lagi kamu bisa menghirup udara bersih pegunungan yang menyegarkan sambil berendam di air panas kalo bukan di Baturaden.

Selain kedua air terjun panas tersebut ada juga sebuah air terjun lain yang nggak berair panas, namanya Curug Gede dan berjarak sekitar 3 km dari Baturaden. Trus ada juga sebuah telaga yang diberi nama Telaga Sunyi yang letaknya nggak jauh dari Pancuran Telu dan Pancuran Pitu, travelers. Air di Telaga Sunyi ini masih murni dan belum tercemar oleh zat berbahaya apapun. Makanya jauhilah tindakan gegabah dan jaga kelakuanmu agar jangan sampai membuat Telaga Sunyi maupun air terjun lainnya terkontaminasi oleh sampah yang kamu buang sembarangan.

Di Taman Wisata Baturraden ada juga obyek wisata yang bernama Taman Kaloka Widya Mandala Baturaden, travelers. Ini adalah sebuah taman margasatwa sekaligus fasilitas edukasi bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang kehidupan binatang. Taman yang diresmikan pada tahun 1995 punya koleksi satwa yang cukup lengkap, travelers. Ada beruang madu, buaya Papua, orangutan, ular sanca, landak, kelelawar dan satwa-satwa aneh seperti kambing kaki tiga dan sapi kaki lima. Taman Kaloka Widya Mandala Baturaden juga dilengkapi sebuah museum yang menyimpan data dan tulang belulang satwa-satwa endemik dari seluruh Indonesia.

Taman Wisata Baturaden juga menyediakan fasilitas bumi perkemahan yang cukup luas dan sering dipake oleh organisasi pecinta alam untuk berlatih outbond. Camping ground Baturaden ini pernah menjadi tuan rumah Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia juga loh, travelers. Sambil duduk mengelilingi api unggun kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan berupa panorama Kota Purwokerto di kejauhan di satu sisi dan panorama Kota Cilacap di sisi lain lengkap dengan Samudra Hindia dan Pulau Nusakambangan.

Cara mencapai Taman Wisata Baturraden

Taman Wisata Baturraden berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto dan kamu cuma butuh waktu sekitar 15 menit aja buat nyampe kemari. Angkutan umum juga gampang dicari kok. Dari kota asalmu kamu tinggal cari bus jurusan Purwokerto, trus turun di Terminal Purwokerto. Sampai Terminal Purwokerto cari aja angkutan umum jurusan Baturraden dan kamu akan diturunkan persis di depan pintu gerbang Taman Wisata Baturraden.

Mau pake kendaraan sewaan atau taksi juga boleh kalo kamu ingin yang praktis. Hanya saja jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan kamu karena jalan menuju Baturraden cukup menanjak, bisa berabe kan kalo mobil kamu remnya blong.

Penasaran ‘kan, travelers? Ayo siapin perlengkapan kemping dan tas ransel kamu sekarang. Trus jangan lupa hubungi Pegipegi dulu ya buat dapetin info tentang hotel yang murah dan terjangkau di Purwokerto atau sekitarnya.

(Visited 281 times, 1 visits today)

Comments

To Top