Destinasi

Taman Nasional Tanjung Puting, Pusat Konservasi Orangutan Terbesar di Dunia

Travelers, apa binatang favoritmu? Kucing, kelinci, atau ular? Di Kalimantan, ada satu binatang lucu yang menjadi binatang endemik. Orangutan. Tingkah laku bayi-bayi mungil yang menggemaskan membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara berduyun-duyun datang ke Taman Nasional Tanjung Puting. Ini adalah salah satu tempat perawatan dan pelestarian hewan khas Kalimantan.

Screenshot 2015-03-03 13.53.21

Foto: info-indoku.blogspot.com

Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting adalah pusat konservasi orangutan terbesar yang ada di dunia. So, tempat ini jadi rujukan banyak ilmuwan dari berbagai negara yang ingin mengenal lebih dekat hewan yang cukup ramah pada manusia. Kalau travelers tertarik ingin berdekatan dengan hewan lucu ini, kalian bisa langsung meluncur ke Camp Leakey. Populasi orangutan yang diawasi disini sekitar 30.000 – 40.000 ekor dan tersebar luas di berbagai lokasi.

Dengan luas sekitar 415.040 hektar, kamu bisa perkirakan sendiri begitu tersebarnya populasi orangutan di tempat ini. Di saat kamu menyusuri sungai-sungai di dekat pinggiran hutan, kamu juga bisa dengan mudah menyaksikan orangutan bergelantungan. Terkadang ada juga induk orangutan yang menggendong bayi mereka, memanjat dari pohon yang satu ke pohon lain. Sangat menarik kan?

Screenshot 2015-03-03 14.07.51
foto: beekalt.blogspot.com

Saat berada di camp, kamu tidak boleh sembarangan memberi makan. Selain karena mereka rentan terhadap penyakit yang dibawa manusia, orangutan juga sangat dilindungi karena termasuk salah satu hewan yang terancam punah. Di tempat ini ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan keseharian mereka.

Orangutan yang sekarang hidup di camp tidak hanya lahir disana, tetapi juga hasil perburuan liar serta diperoleh atas kerelaan warga di sekitar hutan. Selain sebagai tempat rehabilitasi, Taman Nasional Tanjung Puting juga digunakan untuk melatih orangutan agar bisa beradaptasi dengan alam liar karena jika sudah tiba waktunya, mereka akan dikembalikan ke hutan agar dapat hidup secara alami.

Screenshot 2015-03-03 14.01.00

foto: yahoonewsphotos.tumblr.com

Kalau kamu lagi beruntung, kamu pun bisa menyaksikan momen pemberian makan yang diberikan oleh para pengasuh. Di Taman Nasional Tanjung Puting terdapat 3 lokasi yang digunakan untuk memberikan makan orangutan, yaitu Camp Tanjung Harapan, Camp Pondok Tangguy, dan terakhir Camp Leaky. Asyik, kan travelers? Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan karena disini kalian bisa menyaksikan bagaimana polah orangutan yang awalnya malu-malu namun akhirnya mau turun dari pohon untuk mengambil bahan makanan yang sengaja dibawa oleh pengasuh.

Screenshot 2015-03-03 14.13.57
foto: www.timetravelturtle.com

Puncak keramaian dari Taman Nasional Tanjung Puting adalah Juli – Agustus karena itu adalah waktu untuk liburan sekolah dan summer di berbagai negara. Wisatawan dari berbagai negari datang silih berganti menyakikan polah bayi-bayi orangutan saat bercengerama dengan temannya, atau malah sibuk sendiri dengan mainan di tangan.

Travelers, kalau kamu pengin mengunjungi spot-spot konservasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, kamu disarankan untuk mengikuti paket tur karena mereka sudah berpengalaman mengantar wisatawan lokal dan mancanegara. Tidak hanya itu, mereka juga sudah tahu betul medan yang akan ditempuh sehingga kalian hanya tinggal mengikuti instruksi. Biasanya, paket yang ditawarkan 1 – 3 hari. Satu lagi, kalau pengin aman dan bisa menikmati tingkah laku orangutan, jangan sampai lupa bawa lotion antinyamuk ya. Kalau sampai ketinggalan, kamu akan jadi sasaran empuk nyamuk.

Tertarik untuk mengintip polah unik dan menggemaskan dari bayi-bayi orangutan di tempat konservasi Kalimantan? Segera saja meluncur ke sana. Biar praktis, coba kamu buka Pegipegi untuk mencari tahu promo tiket pesawat dan hotel yang bisa kamu tempati saat mengeksplorasi habitat alami orangutan. Selamat berlibur.

(Visited 662 times, 1 visits today)

Comments

To Top