Destinasi

Intip koleksi kupu-kupu cantik di Taman Nasional Bantimurung

Taman-Nasional-Bantimurung

Kupu-kupu yang lucu, kenapa engkau terbang?” Travelers, kamu familiar dengan lagu anak-anak tersebut? Kalau ingin terus melanjutkan lirik itu, datanglah ke Taman Nasional Bantimurung di Sulawesi Selatan karena di sana kamu bisa melihat banyak kupu-kupu yang bebas beterbangan. Taman nasional ini bisa jadi surga buat kamu yang gemas dengan binatang bersayap ini. Nggak heran kalau Taman Nasional Bantimurung cocok dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak.

Taman-Nasional-Bantimurung

foto : http://planetrentcarmks.com/

Lokasi Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, baik motor dan mobil. Kamu juga bisa naik pete-pete atau angkutan umum dalam bahasa lokal. Aksesnya juga cukup mudah dengan jalanan aspal yang sudah mulus. Dari Makassar, tempat ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 – 2 jam. Tiket masuk Taman Nasional Bantimurung adalah Rp20.000* per orang, sudah termasuk tiket masuk ke pemandian, gua-gua wisata serta bebas memakai fasilitas yang ada di dalam.

 

Koleksi Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung memiliki luas lahan sekitar 43.750 hektar dan menjadi rumah bagi berbagai macam spesies kupu-kupu yang cantik. Taman Nasional Bantimurung juga unik. Bagaimana tidak? Di satu tempat kamu bisa menemukan gua dengan stalagmit dan stalatit menawan serta kawasan karst yang sangat cocok sebagai tempat berkembangbiak kupu-kupu.

Koleksi Taman Nasional Bantimurung juga cukup banyak, yaitu ada 100-an lebih spesies dengan 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah karena termasuk dalam kategori langka, seperti Cethosia Myrana, Papilo Adamantius, Troides Haliphron Boisduval, Troides Hypolitus Cramer, dan Troides Helena Linne yang diketahui hanya ada di Sulawesi Selatan.

Saking banyaknya spesies kupu-kupu yang ada, Alfred Russel Wallace membuat julukan Taman Nasional Bantimurung sebagai ‘The kingdom of butterfly’ atau kerajaan kupu-kupu. Keberadaan air terjun dan vegetasi tropis membuat spesies kupu-kupu yang ada di Taman Nasional Bantimurung mendapat pasokan makanan yang cukup sehingga laju perkembangbiakannya tergolong subur dan cepat.

 

Eksplorasi Taman Nasional Bantimurung

Datang ke Taman Nasional Bantimurung nggak melulu tentang kupu-kupu. Kalau dieksplorasi lebih jauh, travelers yang datang juga dapat menemukan objek wisata yang dapat menyegarkan pikiran. Apalagi kalau bukan Air Terjun Bantimurung yang terkenal itu. Di tempat ini kamu bisa bermain-main dengan air atau sekedar ber-selfi dengan sobat-sobatmu.

Air Terjun Bantimurung punya tinggi sekitar 15 meter dan cukup unik. Kenapa unik? Ini disebabkan karena airnya seolah-olah mengalir dari gundukan batu kapur besar dengan lebar hampir 20 meter. Menemukan air terjun seperti ini tidaklah mudah. Karena itulah banyak travelers sengaja menantang guyuran air terjun yang meluncur ke bawah. Rasanya sungguh menyegarkan. Kondisi air yang jernih dan bersih ini mengundang banyak wisatawan untuk merasakan dinginnya Air Terjun Bantimurung.

Tidak hanya air terjun, taman nasional ini juga punya Museum Kupu-kupu yang akan memberi informasi lengkap tentang koleksi binatang bersayap dalam bentuk spesimen yang diawetkan. Ada juga Goa Mimpi dan Goa Batu yang punya staglatit dan stalagmit cantik, bukit karst yang terlihat tinggi menjulang, serta Patung Kupu-kupu dengan ukuran cukup besar. Tempat-tempat tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau lagi musim liburan anak-anak sekolah.

Suasana di kawasan Taman Nasional Bantimurung juga sangat sejuk. Kalau kamu datang rame-rame, pasti tambah mengasyikan. Travelers, kalau sudah puas mengeksplorasi koleksi Taman Nasional Bantimurung, jangan lupa untuk membeli souvenir kupu-kupu yang diawetkan di gerbang pintu masuk ya. Buah tangan itu bisa jadikan bukti kalau kamu pernah menjejakan kaki di Taman Nasional Bantimurung.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 3,485 times, 4 visits today)

Comments

To Top