Tips

Takut Naik Pesawat Karena Turbulensi? Hadapi Dengan 5 Cara Ini

Selain take-off dan landing, hal yang paling krusial dalam penerbangan adalah turbulensi. Dalam situasi ini, pesawat harus menghadapi guncangan yang tercipta akibat perubahan kecepatan aliran udara.

Buat kamu yang nggak terbiasa, guncangan turbulensi terasa mengerikan. Maklum, pesawat dalam keadaan tenang, tiba-tiba bergoyang saat memasuki kerumunan awan di udara.

Tapi tenang, Untuk urusan teknis, para pilot sudah tahu apa yang mereka harus lakukan. Begitu pula dengan kamu. Ada banyak cara untuk menghadapi turbulensi buat diri kita sendiri.

Apa saja tipsnya? Berikut 5 tips menghadapi turbulensi pesawat saat dalam penerbangan versi Pegipegi! Yuk, simak.

1. Kencangkan Seat Belt

Kadang, saat pesawat tengah tenang, kita dengan gampangnya melepaskan seat belt dari pinggang. Namun, saat pesawat mulai berguncang, kondisi tubuh dalam keadaan nggak siap sehingga kehilangan keseimbangan. Jadi, untuk menghindari agar kamu nggak cedera karena terbentur saat turbulensi terjadi, kencangkan seat belt, deh, buat pencegahannya.

2. Hentikan Aktivitas Makan

Getaran yang terasa saat turbulensi cukup hebat. Sial bagi kamu yang tengah menikmati hidangan malam maupun siang. Resiko makanan atau minuman tumpah pun cukup besar. Bagaimana cara menghindari hal tersebut? Cukup taruh piring dan gelas di lantai kabin yang kamu duduki guna meredam getaran hebat. Apalagi, lantai kabin sudah dilengkapi dengan karpet.

3. Buang Air Besar dan Kecil

Dalam keadaan turbulensi, udara di dalam kabin akan terasa menipis. Untuk bernafas saja sulit, apalagi bergerak. Tapi jangan panik! Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah lipat lidah toilet dan duduk. Kalau sedang dalam kondisi cuci muka, segera duduk di bagian sudut toilet untuk menghindari kehilangan keseimbangan akibat guncangan turbulensi.

4. Hindari Mondar-Mandir di Kabin

Penerbangan, khususnya jarak jauh, nggak cuma membosankan, tetapi juga melelahkan. Nggak heran, kamu bakal betah berada di kursi. Namun, jika turbulensi tengah terjadi, segera duduk merunduk di lantai kabin. Kalau nggak, resiko cedera terbentur pun bakal terjadi kepada kamu. Jadi, hindari, deh, mondar-mandir di kabin.

5. Tulis Nama Sendiri

Cara ini ternyata sudah jadi jurus ampuh seorag pilot di Amerika Serikat, Captain Ron Nielsen. Dilansir oleh news.com, ia mengatakan bahwa kegiatan seperti menulis nama dengan tangan yang nggak biasa digunakan bisa mengikis rasa panik saat turbulensi. “Tulis saja nama kamu dengan tangan yang berlawanan. Hal ini akan memaksa otak fokus ekstra kepada satu hal ketimbang memikirkan hal di sekitar,” jelas Nielsen.

Foto utama: Shutterstock

Sudah siap traveling naik pesawat lagi, kan? Saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

Pesan tiket murah Pesan hotel murah Pesan tiket kereta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 107 times, 2 visits today)

Comments

To Top