User Review

Tak cukup sekali ke Kepulauan Kei

Pantai Ngurbloat

Kei adalah nama sebuah kepulauan nan amat cantik di Maluku. Indonesia Timur memang sudah banyak berbenah untuk memamerkan keindahan pantai dan pulau-pulau eksotis. Kalau travelers belum terlalu kenal dengan Kepulauan Kei Maluku, kali ini Pegipegi mau kasih informasi lebih lengkap lagi.

Lokasi Kepulauan Kei

Travelers, penasaran menjelajahi Kepulauan Kei? Kamu tentunya harus tahu lokasi dan bagaimana cara menuju kesana ‘kan? Kalau datang dari Jakarta, kamu bisa naik Garuda jurusan Jakarta – Bandara Pattimura (Ambon) – Bandara Dumatubun (Langgur) – naik kendaraan ke Desa Debut – menumpang kapal motor ke Warbal.

Biarpun kesannya ribet banget menuju ke Kepulauan Kei, tapi kamu tidak akan pernah bosan memandang indahnya pemandangan menuju kesana. Apalagi kalian akan segera disambut oleh pantai-pantai nan cantik dengan lautan biru yang begitu tenang. Biar happy-nya maksimal, kamu bisa datang saat April – Mei dan Oktober – Desember karena waktu-waktu tersebut ombak air cenderung tenang sehingga kamu bisa puas mengeksplorasi  Kepulauan Kei.

Menatap Cantiknya Kepulauan Kei

Sebutan “Mutiara Hitam Dari Timur” yang disematkan untuk Maluku memang terbukti dengan banyaknya pulau-pulau yang dikelilingi pantai-pantainya yang cantik. Tidak hanya orang Indonesia saja yang memuja Kepulauan Kei, namun penulis Muller pun mengatakan kalau pasir putih di pulau ini sangatlah lembut dan tak ada duanya.

Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat. Foto: www.indonesia.travel

Kepulauan Kei sendiri sebenarnya dibagi menjadi 2, yaitu Pulau Kei Besar yang lebih banyak didominasi oleh perbukitan hijau sehingga cocok sekali buat kalian yang hobi memanjat. Yang kedua adalah Pulau Kei Kecil yang cenderung dilimpahi pantai-pantai berpasir putih selembut tepung. Sebutan ini nggak berlebihan lho travelers karena salah satu pantai, yaitu Pantai Ngurbloat atau populer dengan nama Pantai Pasir Panjang dikenal memiliki pasir putih paling lembut di Asia. Dengan bentangan hampir 3 km, pasir putih ini pun menjadi perhiasan istimewa Pantai Ngurbloat.

Gimana? Nggak kebayang kan lembutnya? Kalau mau bukti, cobalah untuk melepas alas kaki dan jalan-jalan di atas pasir lembut sambil menikmati cantiknya hamparan lautan biru yang begitu luas. Memandang langit sambil menyambut ombak yang mengalir begitu tenang tentu akan menentramkan hati dan pikiran. Apalagi memang suasana khas pantai terasa begitu mengena di Pantai Ngurbloat.

Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun. Foto: wisatamalukutenggara.blogspot.com

Kalau masih belum puas, kamu bisa menyisir ke bagian lain Kepulauan Kei yang bernama Pantai Ohoidertawun. Yang paling khas dari pantai ini adalah dangkalnya air pantai sehingga saat surut, akan nampak pasir putih di dasar pantai. Travelers juga dapat menuntaskan petualangan dengan naik perahu menuju tepi pantai. Disana kamu akan terperanjat melihat gambar-gambar pada dinding batu di permukaan pantai dengan simbol berwarna merah.

Pelikan di Pantai Ngurtafur

Pelikan di Pantai Ngurtafur. Foto: indonesia.travel

Lengkapi juga trip Kepulauan Kei dengan meninjau Pantai Ngurtafur. Pantai ini tidak kalah dengan kedua pantai diatas karena punya ‘pantai gosong’ yang terlihat begitu memanjang hampir 2 km dan lebar 7 meter. Pasir-pasir putih dan lautan luas yang mengitarinya seolah-olah kamu sedang diisolasi di pulau pasir yang ada di tengah laut.

Untuk memuaskan hasrat wisata bahari, kalian bisa berenang dan snorkeling untuk mengagumi biota laut serta terumbu karang yang cukup terpelihara dengan baik. Di tempat ini juga banyak terlihat penyu belimbing yang dilindungi. Kalau kamu masih penasaran, datang saja tempat penangkarannya di sekitar pantai yang dikelola langsung oleh WWF.

 

Menginap di Kepulauan Kei

Bagaimana kalau pengin menginap di Pulau Kei? Travelers, jangan khawatir. Di sekitar pantai juga banyak tersedia guest house atau cottage yang bisa kamu sewa untuk menikmati malam lebih lama lagi di Pantai Ngurbloat. Dan untuk urusan perut, kamu bisa menyantap kuliner lokal berupa seafood seperti ikan bakar dan kerang. Nikmat sekali rasanya dinikmati sambil menyaksikan sunset dengan pendar matahari berwarna kuning kemerahan di langit.

Oh ya, karena jarak pantai satu ke pantai lain tidak jauh kok. Jadi, mendingan menyewa mobil untuk mempermudah pergerakan. Oke? Selamat berpetualang!

(Visited 4,542 times, 1 visits today)

Comments

To Top