Kuliner

Tahu Tek, Kombinasi Cita Rasa Lezat Khas Jawa Timur

Berencana berkunjung ke Surabaya? Jangan sampai melewatkan beragam kuliner tradisionalnya, karena salah satu yang wajib kamu coba adalah tahu tek.

Sekilas penampakan tahu tek memang mirip dengan ketoprak. Sama-sama terdiri dari perpaduan bumbu kacang yang menyelimuti tahu, lontong dan tauge. Tapi walau terlihat serupa, ternyata mereka nggak sama, lho!

Perbedaannya terletak di bumbu dan isiannya. Kalau tahu tek memakai bumbu kacang yang dicampur petis, dan isiannya ditambahkan potongan kentang goreng. Cita rasa yang ditawarkan cenderung manis-gurih menggelitik khas petis. Perpaduan saus kacang dan petis, akan terasa pas ketika dicampur dengan isiannya. Apalagi ditambahkan potongan mentimun segar dan taburan kerupuk yang menambah cita rasa!

Setelah membahas rasa dan isiannya, Pegipegi juga ingin mengulik asal-usul di balik namanya yang unik. Konon ada dua versi, lho! Yang pertama, nama “tek” berasal dari suara ketukan penjual yang memukul wajan saat berkeliling jualan. Dan versi kedua, namanya berasal dari suara gunting yang menghasilkan suara “tek..tek..tek..” saat memotong bahan makanan.

Sudah kebayang, kan, gimana lezatnya sajian tahu tek khas Jawa Timur? Biar kamu nggak bingung, Pegipegi rekomendasiin kedai legendaris yang bisa kamu coba di Tahu Teck-Teck Pak Ali. Sudah berdiri sejak tahun 1970-an, kedai ini berlokasi di Jalan Dinoyo 147 dan buka pada pukul 10.00 hingga 01.00 dini hari.

Nggak sabar buat menikmati kuliner khas Surabaya? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Surabaya  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top