Kuliner

Surga kuliner Jakarta di malam hari

Warga Indonesia khususnya di Jakarta dikenal doyan makan. Pagi hingga malam banyak sekali tempat jajanan yang dibuka untuk disantap oleh warga ibukota. Pilihannya pun semarak, mulai dari jajanan pinggir jalan atau restoran yang buka hingga dini hari.

Ada beberapa titik-titik wisata kuliner malam yang tersebut di Jakarta. Ini membuktikan seakan Jakarta tidak pernah tidur. Beberapa lokasi kuliner malam yang bisa menjadi pilihan antara lain:

Sekitar Pecenongan, Sabang, Bendungan Hilir dan Blok M

pecenongan

Kawasan ini seperti tidak pernah lekang oleh waktu. Sejak lama kawasan kuliner malam di daerah ini sudah beroperasi dan menyuguhkan beragam macam makanan. Pada umumnya, warung tenda memenuhi kawasan tersebut. Buka mulai pukul 17.00 hingga pagi dini hari, berbagai menu ditemukan di kawasan tersebut. Mulai dari nasi goreng kambing, sea food, Chinese food dan sate. Ada pula martabak Pecenongan yang terkenal sejak lama. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp120 ribu.

Gultik

Gultik

foto: www.108jakarta.com

 

 

Siapa yang tidak kenal dengan gulai tikungan alias gultik di sekitaran Blok M Plaza. Gulai yang berisi jeroan dan sedikit daging disertai nasi, menjadi pilihan tepat bagi siapapun yang lapar di tengah malam. Lokasinya tepat di depan Seven Eleven Blok M. Selain itu ada pula yang berada tidak jauh dari Taman Ayodya. Porsinya memang mini, tetapi rasanya bisa membuat perut penuh. Sepiring kecil gulai ini dihargai Rp8.000 hingga Rp12.000. Gultik bisa ditemukan hingga dini hari, tak pelak, banyak sekali orang-orang yang pulang dari klub malam menyantap gultik setelah kelelahan clubbing.

Kwang Tung

bubur kwang tung

Restoran yang satu ini terkenal dengan pilihan buburnya. Tetapi menu adalan yang paling digemari di restoran masakan China ini adalah bubur kepiting. Memang ada pilihan bubur lainnya, tetapi bila ingin yang special, coba lah bubur kepiting Kwang Tung. Harga bubur di Kwang Tung berkisar antara Rp40 ribu hingga Rp50 ribu. Tetapi dengan porsinya yang besar disertai dengan pilihan cakue, tentunya puas menyantap bubur di restoran yang berada di wilayah Pecenongan tersebut.

Restoran Kamseng

 

Tidak jauh berbeda dengan Kwang Tung, bubur turut menjadi andalan dari Kamseng. Di restoran ini juga ada telur asin, tahu goreng dan berbagai variasi sayuran. Berada di Jl. Mangga Besar L/26, restoran ini selalu buka 24 jam. Harganya pun masih relative terjangkau, bubur polos dihargai Rp25 ribu, namun bubur ayam atau bubur lainnya bisa mencapai Rp40 ribu. Jangan khawatir, meski harga relatif murah, rasanya tetap terjaga dan nikmat disantap.

Mie Ayam Roxy

mie roxy

Jangan tertipu dengan namanya, Mie Ayam Roxy bukan berarti berada di pusat elektronik Roxy. Mie ayam ini berada di Sabang dan Cikini. Rasanya pun tidak kalah dengan mie ayam franchise yang sudah beredar. Harganya yang bersahabat dan rasanya yang enak, menjadikan mie roxy cocok untuk menjadi teman santap malam. Seporsi mie ayam di warung tenda Mie Roxy ini amat beragam. Harganya bisa berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp30 ribu, tergantung dengan apa menu yang kita pilih beserta pelengkapnya.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

nasi goreng kebon sirih

Banyak orang mungkin mengira bahwa yang disuguhkan dari nasi goreng ini hanyalah kambing. Tetapi pada dasarnya ada berbagai menu lain yang menjadi favorit dari lokasi warung tenda ini. Selain nasi goreng kambing, warung ini juga menyediakan nasi goreng ayam dan sate ayam. Umumnya, warung nasi goreng ini ramai dipenuhi orang selepas jam kerja hingga pukul 12.00 malam. Harganya pun masih bersahabat, yaitu sekitar Rp25 ribu per porsi.

Santika Bendungan Hilir

Santika Bendungan Hilir

foto: sakura1603.blogspot.com

 

Warung seafood di Bendungan Hilir ini memang sudah terkenal sejak lama. Seafood kaki lima Santika Baru memang ukurannya cukup besar untuk sekelas warung tenda. Berbagai menu ditawarkan oleh warung tenda ini. Mulai dari kepiting jumbo seharga Rp190 ribu hingga cumi goreng tepung yang seharga Rp45 ribu. Memang keliatannya mahal, tetapi semua itu sepadan dengan ukuran porsinya yang besar dan tentunya rasa yang enak. Meski bising, pelayanan di warung seafood ini patut diacungi jempol, karena cepat dan pelayannya pun responsif. Cobain deh menu-menu seperti plecing kangkung, ikan bakar, cumi bakar, udang saus padang disertai segelas es jeruk. Dijamin gak bakal nyesel!

Ketupat Sayur Mandala

Ketupa Sayur Mandala

foto: alstrojobaru.blogspot.com

 

Cari ketupat sayur malam-malam? Cobain dulu Ketupat Sayur Mandala. Berada persis di pinggiran jalan dekat perempatan lampu merah jalan Mampang Prapatan Raya, warung tenda ini suka jadi pilihan buat perut lapar di malam hari. Memang sih yang disuguhkan hanya ketupat sayur, tetapi pelengkapnya juga banyak. Mulai dari opor ayam, sate ati ampela, tahu dan kerupuk, jadi pelengkap tepat buat ketupat sayur ini. Harganya memang sedikit berbeda, satu porsi komplit dari ketupa sayur imi bisa mencapai Rp19 ribu. Cobain aja dulu kalau lewat di warung ketupat sayur ini, pasti gak nyesel.

 

(Visited 12,878 times, 2 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top