Destinasi

Panduan Wisata di Surabaya

Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa Timur sekaligus kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Ini karena Surabaya merupakan pusat bisnis, industri maupun pendidikan di wilayah Indonesia Timur. Tidak heran jika wisatawan menemukan gedung-gedung pencakar langit modern layaknya di Jakarta.

Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, Surabaya memiliki prasarana yang sangat memadai berupa Bandara Internasional Juanda serta dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Berlokasi di tepi pantai utara Jawa Timur, Surabaya memiliki iklim tropis dan suhu rata-rata antara 23 derajat hingga 33 derajat Celcius. Karena cuaca yang cenderung panas, wisatawan atau pebisnis yang mengunjungi Surabaya disarankan mengenakan pakaian dengan bahan ringan dan mampu menyerap keringat.

Meskipun lebih dikenal sebagai tujuan perjalanan bisnis, bukan berarti Surabaya tidak memiliki destinasi wisata. Di Surabaya, wisatawan dapat mengunjungi atraksi wisata sejarah seperti Monumen Kapal Selam dan House of Sampoerna, atau wisata hiburan untuk keluarga seperti Kebun Binatang Surabaya, Ciputra Waterpark dan Taman Remaja Surabaya.

 

Masyarakat di Surabaya

Mayoritas penduduk Surabaya menganut agama Islam, mengingat kota ini merupakan salah satu pusat penyebaran Islam di Jawa. Di Surabaya juga terdapat masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal yaitu Masjid Al-Akbar yang terletak di samping Jalan Tol Surabaya – Porong. Selain Islam, agama lain yang dianut masyarakat Surabaya adalah Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha serta Konghucu.

Seperti halnya kota-kota lain di pulau Jawa, Suku Jawa menjadi suku bangsa mayoritas di Surabaya. Namun, masyarakat Surabaya dikenal memiliki temperamen dan sifat yang lebih keras dibandingkan masyarakat Jawa pada umumnya. Selain dikarenakan iklim Surabaya yang cenderung panas, diyakini letaknya yang jauh dari keraton juga menjadi salah satu penyebab hal tersebut.

Meskipun menggunakan Bahasa Jawa seperti masyarakat Jawa lainnya, warga Surabaya memiliki dialek khas yang juga dipraktikkan di kota-kota Jawa Timur lainnya. Berbeda dengan dialek Jawa lainnya, dialek Boso Suroboyoan ini dikenal blak-blakan dan tidak mengenal tingkatan Bahasa Jawa seperti yang diketahui masyarakat luas.

 

Budaya di Surabaya

Hampir semua kota di Indonesia menawarkan seni dan budaya beragam, tidak terkecuali Surabaya. Beberapa budaya di Surabaya yang cukup dikenal masyarakat luas adalah ludruk atau pertunjukan drama yang mengisahkan kehidupan sehari-hari. Selain itu, masih ada Tari Remo yang merupakan tarian selamat datang sehingga umumnya ditarikan untuk menyambut tamu istimewa.

Budaya lain yang juga populer di kalangan wisatawan adalah panggilan atau sebutan khas Surabaya seperti ‘Rek’, ‘Cak’ atau ‘Ning’. Bahkan, guna melestarikan budaya panggilan tersebut, pemerintah Surabaya menggelar pemilihan Cak dan Ning Surabaya setiap tahunnya.

 

Destinasi & Aktivitas Populer di Surabaya

Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, Surabaya menawarkan banyak aktivitas hiburan untuk para wisatawan. Belanja adalah opsi aktivitas populer yang dapat dilakukan di Surabaya, mengingat kota ini memiliki banyak pusat perbelanjaan modern. Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi taman hiburan seperti Ciputra Waterpark, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti House of Sampoerna, Monumen Kapal Selam.

Surabaya juga punya beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Alam Mangrove dan Pantai Kenjeran.

Artikel terkait
masjid cheng ho

Paduan arsitektur Tiongkok dan Islam di Masjid Cheng Ho Surabaya

BTidak hanya memiliki arsitektur yang unik, setiap detil Masjid Cheng Ho Surabaya sarat makna. Inilah satu-satunya masjid yang didedikasikan untuk seorang warga Tiongkok yang memiliki pengaruh besar di Indonesia.
museum santet

Museum Santet Surabaya, apakah seseram namanya?

Museum Santet? Hiiii.. Mendengarnya saja sudah bikin merinding ya, traveler. Kalau kamu nggak punya nyali besar, jangan coba-coba datang ke sini, apalagi sendiri!
taman bungkul

Santai sejenak di Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul yang terletak di Jalan Darmo dan diresmikan tahun 2007 ini punya luas sekitar 900m2 dan kini menjadi tempat favorit warga Surabaya dan sekitarnya untuk bersantai.
mangrove surabaya

Menikmati keindahan alami Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Keindahan arsitektur kuno serta pemandangan menakjubkan menjadikan Taman Sari sebagai salah satu objek wisata tak lekang oleh waktu.

 

Event & Festival di Surabaya

Seperti juga kota-kota besar lain di Indonesia, Surabaya tentunya punya event dan festival tahunan dong. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Surabaya Shopping Festival yang biasanya dihelat sepanjang bulan Mei untuk meramaikan ulang tahun Kota Pahlawan. Pada festival ini, hampir semua pusat perbelanjaan di Surabaya memberikan potongan harga guna mendorong minat belanja masyarakat.

Mau cari festival yang unik juga ada kok. Setiap tahun pemerintah Surabaya menyelenggarakan Festival Rujak Uleg untuk merayakan makanan khas Surabaya tersebut. Di sini, peserta akan diajak membuat rujak uleg sendiri yang nantinya akan dilombakan.

Masih ada event dan festival tahunan lain menarik yang digelar di Surabaya, termasuk Parade Bunga dan pawai Bunga. Agenda ini juga digelar untuk merayakan ulang tahun kota Surabaya.

 

Kuliner di Surabaya

Kelezatan kuliner Surabaya sudah dikenal luas. Selain rasanya yang khas, variasi makanannya juga banyak banget lho. Nggak heran kalau Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Indonesia.

Beberapa kuliner khas Surabaya dan Jawa Timur yang menjadi incaran wisatawan antara lain adalah rujak cingur (rujak dicampur dengan cingur atau hidung sapi), bebek goreng, soto lamongan dan lontong balap. Jadi, biar liburan di Surabaya kamu semakin berkesan, jangan lupa icip-icip kuliner khas Surabaya tersebut!

Selain kuliner khas, di Surabaya juga terdapat banyak pilihan tempat makan modern, termasuk kedai kopi dan jajanan pencuci mulut. Buat kamu yang doyan dessert, jangan sampai kelupaan untuk mencicipi es krim Zangrandi yang kelezatannya sudah melegenda.

Artikel terkait
rujak cingur

Lagi di Surabaya? Mampir dulu makan rujak cingur, yuk!

Memang benar kalau rujak cingur sudah terkenal sebagai makanan khas dari Surabaya, tapi kalau tahu arti yang sebenarnya, mungkin kamu berpikir kalo kuliner ini agak sedikit ekstrim.
sate klopo

Sate Klopo Ondomohen, kuliner unik dari Surabaya yang wajib kamu coba!

Ngga seperti kuliner lainnya, Sate Klopo Ondomohen ngga buka cabang di kota lain. Jadi satu-satunya cara buat mencicipi kelezatan Sate Klopo Ondomohen ya harus datang ke Surabaya dulu.
zangrandi

Es Krim Zangrandi, oase lezat di tengah panasnya Surabaya

Jangan bayangkan Es Krim Zangrandi sama kayak es krim yang dijual di toko atau supermarket, travelers. Cobalah berkunjung ke sana dan kamu akan tau perbedaannya.
kafe surabaya

Tempat-tempat Asyik di Surabaya Untuk Pecinta Kopi

Kalau hanya ingin nongkrong sambil menikmati secangkir kopi di Surabaya dan melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan, beberapa tempat pilihan Pegipegi berikut ini bisa kamu coba.

 

Transportasi di Surabaya

Surabaya memiliki sistem transportasi umum yang cukup baik yang dapat dimanfaatkan wisatawan. Transportasi umum yang terbilang ekonomis dan paling banyak dijumpai di Surabaya adalah angkot atau angkutan kota. Selain itu, terdapat juga bus kota patas maupun ekonomi yang bisa ditemukan di terminal maupun subterminal.

Untuk perjalanan komuter seperti Surabaya – Sidoarjo, kereta api bisa menjadi pilihan moda transportasi. Beberapa stasiun kereta api yang cukup populer di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng dan Stasiun Wonokromo.

Namun, bagi wisatawan yang ingin memiliki waktu fleksibel selama berlibur di Surabaya, menyewa mobil atau motor adalah opsi yang tepat untuk dipilih.

 

Hotel di Surabaya

Sebagai salah satu pusat bisnis di Indonesia, Surabaya menawarkan banyak pilihan hotel untuk pebisnis maupun pekerja profesional. Jenisnya pun lumayan bervariasi, mulai dari hotel budget yang menawarkan akomodasi praktis terjangkau sampai hotel bintang lima dengan fasilitas dan layanan mewah untuk kamu yang mau berwisata penuh gaya.

Artikel terkait
hotel

10 Hotel Nyaman dan Strategis di Surabaya, Harga di Bawah Rp 500 Ribu

Mau liburan ke Surabaya? pegipegi punya rekomendasi 10 hotel nyaman dan strategis di Surabaya yang harganya terjangkau.
hotel majapahit

Hotel Majapahit, saksi perjuangan pahlawan di Surabaya

Hotel Majapahit didirikan pada 1910 oleh Lukas Martin Sarkies, yang berasal dari Armenia. Resmi dibuka pada 1 Juli 1911, beberapa tahun berikutnya hotel ini mengalami pembaruan interior dan eksterior.

Pilihan Hotel Bisnis Nyaman dan Ramah Kantong di Surabaya

Berikut adalah rekomendasi beberapa hotel kelas bisnis yang nyaman namun memiliki tarif kamar per malam yang cukup terjangkau di Surabaya.

 

Pertama Kali ke Surabaya?

Semua kota pasti punya aturan dan norma tersendiri, tidak terkecuali Surabaya. Kalau kamu baru pertama kali datang ke kota ini, ada baiknya sebelum berangkat kamu cari-cari info tentang kehidupan bermasyarakat di Surabaya. Kamu bisa bertanya ke saudara atau teman yang sudah pernah berkunjung ke Surabaya, atau yang saat ini memang tinggal di sana. Jangan sampai ketidaktahuan kamu mengakibatkan kejadian-kejadian tidak mengenakkan dan akhirnya malah merusak liburanmu di Surabaya.

Artikel terkait
tempat wisata surabaya

5 tempat wisata wajib kunjung di Surabaya

Berencana jalan-jalan ke Surabaya akhir pekan ini? Bacalah daftar 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya berikut ini baik-baik biar kamu nggak bingung.
wisata belanja surabaya

Rekomendasi tempat belanja murah di Surabaya

Pusing mencari tempat belanja murah di Surabaya? Pegipegi mau kasih informasi komplit buat kamu semua tentang tempat belanja di Surabaya dengan harga miring. Yuk disimak sama-sama!
oleh oleh surabaya

Rekomendasi oleh – oleh khas Kota Surabaya

Travelers, lagi liburan ke Surabaya? Wah, asyik dong! Tapi ingat ya, jangan pulang dulu sebelum berburu oleh-oleh karena di sini ada banyak pilihan.
kuliner surabaya

6 Kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba!

Mampir ke Kota Pahlawan berarti kamu harus menikmati berbagai macam kuliner khas Surabaya. Rasanya memang kurang afdol ya kalau plesiran tanpa mencicipi makanan lokal.

 

Liburan Murah di Surabaya

Nggak sulit untuk menikmati liburan murah di Surabaya. Kota ini punya banyak tempat wisata yang bisa kamu nikmati dengan harga murah, atau bahkan gratis!

Salah satu tempat pilihan untuk liburan murah di Surabaya adalah Taman Bungkul yang terletak di tengah kota dan memiliki banyak fasilitas pendukung seperti trek jogging, taman bermain anak bahkan akses Wi-Fi. Surabaya juga punya banyak taman kota yang bisa kamu nikmati untuk sekedar bersantai dengan teman atau keluarga tercinta.

Mau menikmati suasana beda saat di Surabaya? Coba aja ke Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura. Di malam hari, jembatan ini terlihat indah banget karena dihiasi lampu-lampu yang cantik. Tapi, demi keselamatan, sebaiknya kamu jangan berhenti di tengah jalan untuk berfoto ya. Soalnya bahaya banget untuk diri kamu sendiri maupun orang lain yang juga menggunakan jembatan itu.

Selain itu, masih banyak landmark atau monument yang bisa kamu kunjungi untuk liburan murah di Surabaya. Sebut aja Monumen Kapal Selam dan Tugu Pahlawan yang sudah sangat populer.

 

Liburan Keluarga di Surabaya

Surabaya juga termasuk destinasi ‘ramah’ untuk keluarga kok. Selama di Surabaya, kamu dan keluarga tercinta bisa bersenang-senang di Ciputra Waterpark yang merupakan taman air terbesar di Indonesia. Gimana nggak besar, Ciputra Waterpark ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar yang berlokasi di perumahan elit di Surabaya.

Kalau kamu mencari suasana alam di Surabaya untuk mengajak si kecil berlarian bebas, Ekowisata Mangrove Wonorejo bisa menjadi salah satu pilihan. Hutan Wisata Mangrove ini terletak tidak jauh dari Bandara Juanda dan sudah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, termasuk warung makan dan minuman.

Destinasi lain untuk liburan keluarga di Surabaya yang bisa kamu pilih adalah Pantai Ria Kenjeran. Ya, Surabaya juga punya pantai lho, dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota sehingga kamu bisa mendatanginya dengan mudah.

Artikel terkait
kota tua surabaya

Pelesir Sekaligus Belajar Sejarah di Kota Tua Surabaya

Wisata kota tua kini memang sedang dikembangkan dan digarap secara serius oleh pemerintah daerah di beberapa kota, termasuk di Kota Surabaya.
ciputra waterpark

Ciputra Waterpark, waterpark terbesar Asia Tenggara

Ciputra Waterpark mengklaim sebagai wisata air terbesar, tak cuma di Indonesia tapi juga se-Asia Tenggara. Maklum, taman air ini dibangun di atas tanah seluas lima hektar yang menampung sederet wahana menarik.

 

Liburan Romantis di Surabaya

Buat kamu yang mau merasakan liburan romantis di Surabaya, nggak usah khawatir. Kota ini menawarkan cukup banyak tempat menarik untuk kamu nikmati bersama pasangan. Salah satunya adalah House of Sampoerna yang terletak di kawasan kota tua. Gedung bergaya kolonial ini memiliki eksterior dan interior yang cantik sehingga bisa jadi latar yang oke banget buat foto-fotomu dan pasangan. Di museum ini juga terdapat kafe yang nggak kalah menawan untuk kalian mencicipi makanan sambil istirahat.

Mau merasakan suasana romantis sambil wisata kuliner? Bisa banget! Coba aja datang ke Pakuwon Food Festival yang menyajikan banyak pilihan makanan sekaligus suasana semarak untuk menambah kesan acara istimewamu bersama pasangan.

(Visited 870 times, 1 visits today)

Comments

To Top