Tips

Supaya Tidak Terlihat Seperti Turis Saat Liburan

600-01787377

Sebenarnya tidak ada salahnya benar-benar terlihat seperti turis saat liburan. Sulit untuk tidak merasa seperti ‘orang asing’ saat kita berlibur ke negara lain, bahkan terkadang saat berada di kota lain. Tapi, kadang terlihat terlalu seperti turis bisa membuat kamu menjadi ‘target’ bagi penjahat-penjahat lokal.

Jadi, demi keamanan kamu, dan untuk membuat traveling kamu lebih nyaman, coba deh simak beberapa tips ini supaya kamu tidak terlalu terlihat seperti turis di tempat liburan:

Jangan mengganggu jalanan sekitar

130517141050-china-tourists-hong-kong-camera-story-top

Tentu sah-sah saja kalau kamu ingin mengamati keadaan sekitar atau mengambil foto pemandangan dan suasana kota yang kamu anggap menarik. Tapi, lakukan hal itu di tempat yang tidak mengganggu masyarakat sekitar berlalu-lalang. Lebih baik kamu mencari tempat yang tidak terlalu ramai atau duduk saja di sebuah kafe untuk menikmati suasana sekitar.

Lakukan riset

Pastikan kamu mengetahui temperatur kota atau negara yang kamu kunjungi, begitu juga aturan berpakaian masyarakat lokalnya. Tentu kamu tidak mau terlihat jelas seperti orang asing karena memakai celana pendek saat mengunjungi tempat yang dianggap suci kan?

Simpan peta dan buku panduan di ransel

600-01787377

Berjalan-jalan sambil melihat peta dan menggenggam buku panduan wisata sama saja mengundang penjahat-penjahat lokal ‘mengincar’ kamu. Bukan itu saja, kamu juga tidak bisa menikmati pemandangan sekitar dengan maksimal karena terlalu sibuk melihat peta. Lebih baik pelajari peta dan panduan wisata sebelum keluar hotel kemudian simpan catatan penting di smartphone kamu.

Pelajari bahasa lokal

Kamu tidak perlu menjadi ahli bahasa tempat yang kamu kunjungi. Tapi, sebisa mungkin pelajari beberapa ucapan penting seperti “tolong” dan “terima kasih” atau salam khas setempat. Kepedulian kamu akan mendapat apresiasi besar dari warga lokal.

Hormati norma setempat

Tradisi dan norma setiap kota ataupun negara tentunya berbeda-beda. Jangan berasumsi karena kamu ‘hanyalah’ seorang turis maka peraturan itu tidak berlaku untuk kamu. Kamu akan mendapat pandangan aneh ketika memesan cappuccino setelah makan siang atau makan malam di Italia, atau makan dengan tangan kiri di India dan Timur Tengah.

Jangan bertingkah seperti turis menyebalkan

Jangan lupa, kamu adalah pengunjung dan mewakili negara asal kamu. Jadi, usahakan agar kamu menghindari stereotipe buruk turis: berisik, mengganggu, tidak peduli keadaan sekitar. Kalau kamu tidak suka melihat turis seperti itu, jangan menjadi turis seperti itu.

(Visited 142 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top