Destinasi

Sumur Jodoh Cirebon, sumur yang kerap disambangi para jomblo

Sumur Jodoh Cirebon

Ingin traveling sambil berharap dapat jodoh? Tenang, di Cirebon ada Sumur Jodoh yang dipercaya bisa membuat enteng jodoh! Selain Yogyakarta, kota yang juga dikenal kental dengan keratonnya adalah Cirebon. Salah satu keraton yang paling terkenal adalah Keraton Kasepuhan, di mana di dalamnya terdapat sumur jodoh. Sumur anti-jomblo, mungkin begitu istilah anak zaman sekarang.

Sumur Jodoh Cirebon

Foto Sumur Jodoh Cirebon, dari berbagai sumber

 

Sumur Jodoh Cirebon, salah satu situs penting Keraton Kasepuhan

Plesiran ke Cirebon tak lengkap rasanya tanpa mampir ke Keraton Kasepuhan. Di dalam keraton, pengunjung akan dibawa melihat sejumlah bangunan bersejarah dan tempat yang dianggap magis, seperti Sumur Agung atau yang lebih populer dengan sebutan Sumur Jodoh Cirebon.

Bagi pengunjung yang penasaran dengan Sumur Jodoh Cirebon, sumur ini ada di bagian belakang Keraton Kasepuhan. Sumur ini berada di dalam ruangan yang terbuat dari batu bata dan kayu serta ditutupi bilik seperti kaman mandi umum. Di bagian sisi Sumur Jodoh Cirebon terdapat ruangan seperti kamar mandi. Sebuah ember dengan tali panjang disediakan penglola untuk memudahkan pengunjung mengambil air Sumur Jodoh Cirebon.

Sejarah dan Khasiat Sumur Jodoh Cirebon

Menurut sejarah yang diyakini masyarakat setempat, Sumur Jodoh Cirebon sudah dibangun sejak 1430 silam. Pembangunan Sumur Agung ini adalah sebagai tempat wudhu atau mandi para wali, seperti Sunan Kalijaga. Air untuk acara tujuh bulanan, midodareni serta upacara adat lainnya yang digelar keraton juga diambil dari Sumur Jodoh Cirebon ini. Di tengah era modern dan menipisnya kepercayaan sebagian masyarakat terhadap hal-hal yang berbau magis, Sumur Jodoh Cirebon masih menjadi favorit pengunjung Keraton Kasepuhan.

Konon, Sumur Jodoh Cirebon punya khasiat melancarkan rezeki, menyembuhkan penyakit dan yang paling terkenal adalah melancarkan jodoh! Makanya, banyak orang berbondong-bondong mendatangi Sumur Jodoh Cirebon dengan harapan bisa segera jumpa sang pujaan hati sepulangnya dari Keraton Kasepuhan. Apakah Sumur Jodoh ini memang semanjur kepercayaan orang-orang, tak ada yang tahu persis.

Selain diyakini memiliki khasiat luar biasa, Sumur Jodoh Cirebon juga punya banyak keunikan, salah satunya adalah kondisi air yang masih sangat bersih. Padahal usia Sumur Jodoh Cirebon sudah ratusan tahun, tapi pengunjung dijamin tidak akan menemukan lumpur atau lumut di dalam sumur ini. Sangat bersih!

Keunikan lain yang dipunya Sumur Jodoh Cirebon adalah debit airnya. Air di sumur ini selalu sama, tidak pernah berlebih atau berkurang, seperti yang terjadi pada kebanyakan sumur seiring perubahan musim. Saat musim hujan, Sumur Jodoh Cirebon tidak pernah sampai luber keluar atau jika sedang musim kemarau airnya tak akan mengering.

Meski begitu, ada satu syarat yang harus dipenuhi supaya khasiat Sumur Jodoh Cirebon tidak luntur, yaitu tidak boleh merebusnya. Dengan sederet keunikan dan khasiatnya, Sumur Jodoh Cirebon juga sering dibandingkan dengan air zam-zam dari Mekkah.

Bagi pengunjung yang ingin menjajal segarnya air Sumur Jodoh Cirebon, seorang penjaga akan memberikan wadah berbentuk kendi. Kendi tersebut kemudian diisi air yang digunakan untuk membasuh muka, tangan, kaki atau diminum. Tak perlu khawatir, air Sumur Jodoh Cirebon memiliki rasa tawar, meski kota ini berada di tepi laut.

Lokasi Sumur Jodoh Cirebon

Jika traveler penasaran dengan kebenaran mitos Sumur Jodoh Cirebon, datanglah ke Keraton Kasepuhan yang bertempat di Jalan Jagasatru Cirebon.

Keraton ini buka setiap hari mulai pukul sembilan hingga lima sore. Bagi calon pengunjung, plesiran ke Keraton Kasepuhan untuk menguji kebenaran khasiat Sumur Jodoh Cirebon wajib memakai tiket elektronik (e-ticket) yang harganya dipatok Rp 15.000 per orang.

 

Penggunaan e-ticket diharapkan memudahkan pengunjung ke Keraton Kasepuhan, karena tiket bisa dibeli secara online baik dari dalam maupun luar negeri.

 

(Visited 2,586 times, 1 visits today)

Comments

To Top