Berita

Suka Main di Pantai? Waspadai 8 Hewan Berbahaya Ini!

Maksud hati mau bersantai, Sam Kanizay justru harus mondok di rumah sakit selama beberapa hari. Remaja berusia 16 tahun asal Australia ini mendapati kedua kakinya nggak berhenti mengeluarkan darah usai digerogoti ratusan kutu laut saat berenang di Pantai Dendy Street, Brighton.

Walau terdengar sepele, ternyata kutu laut adalah salah satu dari hewan misterius yang cukup berbahaya di kawasan pesisir pantai. Hidup sebagai parasit kawanan ikan, hewan yang satu ini menjadi ancaman serius bagi siapapun yang mengabaikan keselamatan di pantai.

Nggak heran sih, banyak larangan yang kamu harus patuhi saat berada di pantai. Termasuk mengenakan alas kaki saat menyentuh bibir pantai yang digenangi oleh air laut.

Tapi, hewan laut apa saja sih yang kamu harus waspadai saat main di pantai? Pegipegi punya 8 hewan laut berbahaya yang bisa harus kamu hindari. Simak ya!

Ubur-Ubur

Foto: express

Bisa jadi kawan, tapi juga bisa jadi lawan. Penampilannya yang menggemaskan kadang bikin kamu nggak sadar kalau ubur-ubur adalah hewan laut yang berbahaya.

Dibekali dengan tentakel, hewan yang satu ini menyerang lawannya dengan racun mematikan. Sekali menyengat, racun yang tercampur ke dalam darah manusia dapat menghentikan kinerja jantung.

Bulu Babi

Foto: mauidreamsdiveco

Berukuran kecil dengan warna tidak mencolok, bikin kemunculan hewan yang satu ini sering nggak disadari banyak orang. Bahkan, kadang menyerupai akar pohon kelapa yang jatuh di pasir pantai. Tetapi, sekali kamu menginjak bulu babi, penyesalannya luar biasa!

Setiap duri dari bulu babi memiliki racun yang cukup berbahaya. Rasa sakit yang luar biasa bakal menyerang kamu disusul dengan panas dingin setelahnya.

Lionfish

Foto: saintpetersblog

Jika kamu hobi snorkeling atau diving, nggak sulit buat menemukan keberadaan Lionfish. Banyak hidup di kawasan perairan dengan karang laut, Lionfish memang terlihat unik, sih.

Tapi, di balik bentuknya yang imut, tersembunyi racun berbahaya pada durinya. Jika tersengat, kamu bisa terserang rasa sakit luar biasa, keringat dingin, gangguan pernafasan hingga lumpuh!

Ikan Pari

Foto: prokal

Orang banyak yang tahu kalau ikan pari itu lezat saat dikonsumsi. Tapi, kalau kamu bertemu di pantai, jangan meremehkan hewan yang satu ini.

Sering bersembunyi di dalam pasir, ikan pari nggak agresif. Tapi, sekali kamu tersengat, kamu harus dilarikan langsung ke rumah sakit karena racunnya sangat berbahaya, lho! Masih ingat, kan, peristiwa mengenaskan ketika Steve Irwin harus meregang nyawa karena jantungnya tertusuk buntut ikan pari yang tajam di tengah syuting.

Kutu Laut

Foto: cloudfront

Hewan ini lah yang bikin heboh dunia wisata laut lantaran aksinya yang hampir ‘menghancurkan’ kedua kaki seorang remaja di Australia. Kehadirannya memang nggak bakal bisa dilihat secara kasat mata.

Tapi, sekali berkumpul, mereka akan menempel di kaki dan mulai mengerogoti daging dengan sangat cepat. Saking cepatnya, kamu nggak bakal sadar kalau bahaya sedang mengancam.

Stonefish

Foto: faq

Kenapa dinamai Stonefish? Karena, penampakannya yang menyerupai batu karang! Biasanya, Stonefish ditemukan di daerah perairan laut dangkal.

Jika terinjak, stonefish akan mengeluarkan racun yang sangat kuat. Bahkan, satu kelenjar racun bisa menghabisi nyawa 100 tikus! Sangat disarankan untuk menghindari hewan yang satu ini.

Bintang Laut

Foto: whatsthatfish

Di beberapa jenis, bintang laut nggak beracun. Tetapi, jika kamu bertemu dengan jenis Crown of Thorns dengan warna ungu pekat di sekujur tubuhnya, waspada adalah sesuatu yang wajib!

Saking lucunya, banyak orang yang terlena ingin menyentuh hewan ini. Tetapi, duri pada tubuhnya mengandung racun yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Anemon

Foto: deviantart

Hewan yang satu ini memiliki warna yang menyerupai pasir laut. Jadi, sudah pasti penampakannya akan sangat kasat mata. Tapi, sekali terinjak, Anemon nggak bakal ampun menyengat kamu! Sengatannya bisa menyebabkan kulit terbakar dan perih yang berkepanjangan.

Foto utama: nationalgeographic

Sudah siap liburan ke pantai? Tenang buat akomodasi, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 188 times, 1 visits today)

Comments

To Top