Tips

Sudah Siap Mudik Lebaran? Ini 9 Tips Yang Wajib Kamu Tahu!

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Biasanya, momen Lebaran selalu identik dengan mudik ke kampung halaman. Persiapan mudik pun tentu harus dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehabisan tiket kereta, kendaraan mogok di jalan, tertinggal pesawat, dan yang lainnya.

Nah, bagi kamu yang selalu menjalani rutinitas mudik saat Lebaran, Pegipegi punya beberapa tips persiapan mudik dengan menggunakan mobil pribadi, kereta api, dan pesawat yang bisa jadi referensi kamu nanti. Penasaran? Yuk simak berikut ini!

Mobil Pribadi

1. Cek Kondisi Kendaran
Ketika kamu ingin mudik menggunakan mobil pribadi, pastikan bahwa mobil kamu benar-benar siap untuk melakukan perjalanan jauh. Kamu wajib memeriksa fungsi mesin, bahan bakar, ban, hingga AC, dan menservis mobil jika diperlukan. Kamu juga disarankan untuk membawa ban ekstra dan bensin dalam jerigen untuk persediaan saat di perjalanan. Selain itu, jangan lupa aktifkan GPS di dalam mobil kamu untuk mempermudah kamu mencari rute tercepat ke tempat tujuan.

2. Bawa Makanan dan Barang Pendukung
Berkendara di tengah kemacetan tentu akan membuat kamu stres. Tak hanya bagi pengemudi, penumpang juga disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum bepergian jauh. Jangan lupa pula membawa bekal makanan dan camilan yang cukup. Nggak cuma itu, kamu juga bisa membawa barang-barang pendukung, seperti bantal, buku, earphone, atau video game untuk menemani kamu saat bosan menghadapi jalanan yang kurang bersahabat. Oh ya, jika ingin tidur sejenak, sebaiknya bergantian ya, supaya penumpang lainnya tetap bisa menjaga pengemudi agar ia tidak ikut merasa ngantuk dan fokus menyetir.

3. Perkirakan Waktu Istirahat
Perjalanan jauh tentu akan membuat kamu cepat merasa lelah. Kalau kamu bertugas sebagai pengemudi, pastikan ada penumpang lain yang dapat bergantian menyetir dengan kamu. Kemudian, aturlah waktu istirahat secara bergantian. Selain itu, kamu juga bisa mampir sebentar ke rest area yang tersedia untuk sekadar buang air kecil, atau jika kamu merasa sangat lelah, akan lebih baik jika kamu mencari hotel terdekat untuk menginap sebelum kembali memulai perjalanan.

Kereta Api

Foto: Dok. KAI

1. Beli Tiket Jauh-jauh Hari
Saat berencana untuk mudik dengan kereta api, hal utama yang wajib kamu lakukan adalah cek jadwal perjalanan kereta dan pesan tiket sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Biasanya, sekitar H-90 keberangkatan, tiket kereta api sudah dapat kamu beli. Tak jarang pula terdapat promo khusus dalam penjualan tiket kereta mudik tersebut. Oh ya, memeriksa koneksi internet pada smartphone juga sangat penting dilakukan, lho, supaya saat proses pemesanan, pembayaran, hingga keberangkatan kamu dapat berjalan dengan sempurna!

2. Bawa Barang Pengusir Bosan
Meski lebih cepat dari laju kendaraan pribadi, namun, melakukan perjalanan jauh dengan kereta api juga tentu membuat kamu bosan dan lelah. Untuk mensiasatinya, kamu bisa membawa buku favorit, alat pemutar musik, video games, board games, camilan, dan bahkan bantal serta selimut jika kamu ingin tidur sejenak. Jangan lupa memisahkan barang-barang ini dari tas pakaian yang kamu bawa ya, travelers! Karena selain memudahkan kamu mengambilnya, barang-barang yang kamu bawa pun jadi lebih tertata dengan rapi.

3. Tetap Waspada
Kamu akan bertemu dengan ratusan bahkan ribuan orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Oleh karena itu, wajib bagi kamu untuk bersabar dan tetap waspada. Mulai dari memasuki kereta, mencari nomor tempat duduk, saat dalam perjalanan, hingga sampai di tempat tujuan. Disarankan agar kamu mengenakan pakaian dan alas kaki senyaman mungkin, jangan menggunakan perhiasan atau benda berharga yang menarik perhatian, pastikan tas pakaian dan tas tangan kamu aman, dan akan lebih baik jika kamu mengatur waktu tidur secara bergantian dengan anggota keluarga lainnya, agar bisa saling menjaga satu sama lain.

Pesawat

Foto: Boeing

1. Persiapkan Tiket
Sebelum memutuskan untuk mudik dengan pesawat, akan lebih baik kalau kamu cek informasi tiket pesawat sejak jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih terjangkau. Saat membeli tiket, jangan lupa memilih hari dan jam penerbangan, serta pesawat yang sesuai dengan kebutuhan ya! Kamu bisa memilih tiket pesawat dengan fasilitas bagasi atau cabin. Nah, setelah melakukan pemesanan dan mendapatkan tiketnya, pastikan kamu selalu update dengan informasi keberangkatan, karena bisa saja terjadi perubahan jadwal pada waktu penerbangan yang kamu pilih.

2. Datang ke Bandara Lebih Awal
Mudik dengan pesawat, berarti kamu harus datang lebih awal ke bandara, paling tidak dua jam sebelum keberangkatan, dan pastikan kamu memasuki terminal keberangkatan yang sesuai dengan maskapai yang digunakan. Untuk menghemat waktu, kamu bisa melakukan online check-in terlebih dahulu di rumah, kemudian jangan lupa untuk mencetak bukti boarding pass dan membawanya saat ke bandara. Selain tiket dan boarding pass, persiapkan pula KTP dan uang tunai yang cukup.

3. Bawa Barang Pendukung
Ketika akan mudik dengan pesawat, kamu bisa menyiapkan dan membawa barang-barang pendukung agar kamu dan keluarga merasa nyaman selama perjalanan. Seperti neck pillow, headphone, snack, dan obat-obatan. Selain itu, kalau kamu membawa anak kecil, kamu juga wajib membawa ear plug, susu, mainan anak, snack, dan buku favorit mereka agar mereka tetap merasa tenang di dalam pesawat.

Gimana, sudah siap pulang ke kampung halaman saat Lebaran nanti? Biar momen mudik semakin seru, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya, jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Northside

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top