Tips

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Mengantuk? Mungkin Ini Sebabnya!

Kalau kamu selalu merasa mengantuk saat liburan, pastinya hal ini bakal mengganggu banget, kan? Padahal waktu tidur sudah cukup, tapi rasa kantuk terus datang keesokan harinya. Wah, mungkin kesehatan kamu sedang terganggu dan penyebabnya wajib diwaspadai, nih! Supaya waktu liburan kamu nggak keganggu, cari tahu penyebabnya lebih lanjut di sini, ya!

1. DIABETES

Salah satu jenis gula yang ada di tubuh kita, yakni glukosa, bisa menjadi penyebab kamu terus mengantuk. Glukosa sendiri adalah bahan bakar dari energi yang ada di dalam sel tubuh. Kalau tingkat glukosa kamu tinggi, tubuh jadi tidak berenergi karena glukosa tersebut tidak terpakai. Jadi, kamu akan merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis sebelum atau selama liburan.

2. ANEMIA

Kalau tubuh kamu kekurangan darah atau anemia, berarti tubuh kamu juga kekurangan zat besi. Jadi sel darah merah yang diperlukan untuk menyebarkan oksigen di dalam tubuh pun berkurang. Kamu akan kehilangan banyak tenaga dan jadi mengantuk secara berlebihan. Jangan heran kalau kamu terus-terusan menguap, itu artinya tubuh sedang kurang oksigen. Karena itulah wanita yang sedang haid juga dapat mengantuk setiap saat.

3. DEPRESI

Gejala paling umum yang terlihat dari orang depresi adalah hilangnya nafsu makan dan sakit kepala. Itu sebabnya orang yang depresi biasanya akan cenderung lebih malas dalam melakukan sesuatu, seperti malas bekerja bahkan malas berpikir. Nah, rasa malas ini kemudian akan menimbulkan rasa kantuk yang susah hilang. Solusinya, kamu bisa mengalihkan perasaan tersebut dengan bersenang-senang seperti mengunjungi tempat-tempat seru saat liburan.

4. DEHIDRASI

Kalau kamu terus merasa lelah dan mengantuk, itu bisa jadi kamu kekurangan cairan atau dehidrasi. Cukupi kebutuhan air buat tubuh kamu saat liburan. Jangan lupa untuk selalu minum air putih agar kamu nggak dehidrasi dan selalu merasa segar. Nggak mau, dong, jadi lemas saat liburan?

5. MAKAN TERLALU BANYAK

Setelah makan, biasanya banyak orang merasa mengantuk. Itu disebabkan oleh tubuh yang sedang mengeluarkan energi untuk memroses makanan yang dikonsumsi. Ketika energinya kurang, maka otak kita ‘memerintah’ tubuh untuk tidur supaya energi untuk memroses makanan tersebut bisa bertambah. Tapi ingat ya, langsung tidur setelah makan juga tidak baik untuk kesehatan. So, hindari menyantap aneka kuliner secara berlebihan, ya!

6. KURANG OLAHRAGA

Kalau kamu kurang berolahraga, otot di tubuh jadi jarang bergerak dan menyebabkan metabolisme tubuh jadi tidak lancar. Akibatnya, kamu akan sering merasa mengantuk. Padahal olahraga adalah salah satu aktivitas yang penting buat tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga bisa membuat tubuh kamu tetap aktif. Jadi, kamu bisa mulai rutin berolahraga dari sekarang!

Kalau kamu sudah merasa fresh, langsung deh atur waktu buat liburan. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top