Berita

Sudah Berapa Kapal yang Ditenggelamkan Menteri Susi?

Indonesia sangatlah beruntung punya sosok seperti Menteri Susi Pudjiastuti. Di tangan wanita hebat yang satu ini, wilayah perairan Indonesia jauh lebih aman daripada sebelumnya.

Aktivitas pencurian ikan yang dulu marak terjadi kini mulai dapat diminimalisir. Caranya? Ya, dengan menenggelamkan kapal-kapal asing yang terbukti masuk ke wilayah perairan Indonesia secara ilegal.

Nggak cuma ditenggelamkan, para awak buah kapalnya pun digiring ke bui untuk mendapatkan proses hukumnya. Hal ini sudah gencar dilakukan oleh Menteri Susi sejak pertama kali mengemban jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Oktober 2014 silam.

Data Mencengangkan

Pertanyaannya sekarang, sudah berapa buah kapal ilegal yang sukses ditenggelamkan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) melalui arahan Menteri Susi? Mencengangkan!

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pegipegi dari berbagai sumber, sudah ada sekitar 380 kapal yang ditenggelamkan oleh Menteri Susi. Dengan pembagian, 117 kapal diledakkan pada 2015 sementara 113 kapal harus karam pada 2016 lalu.

Nggak cuma itu, dengan hanya menggerakkan 35 armada kapal pengawas perikanan, Menteri Susi juga telah memeriksa total 3.783 kapal di wilayah perairan Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Dari total kapal yang diperiksa, 163 buah terbukti bersalah menggelar aktivitas ilegal di perairan Indonesia, 140 di antaranya merupakan kapal berbendera negara asing. Angka ini meningkat 38 buah dari taun 2015 di mana ada 108 kapal harus ditangkap.

Berkat penangkapan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan menahan sekitar 1661 anak buah kapal, 235 di antara ditetapkan menjadi tersangka karena terbukti bersalah melakukan pencurian ikan.

Pujian Dunia

Kerja keras Menteri Susi selama dua tahun belakangan ini pun banyak diapresiasi oleh berbagai pihak, nggak cuma dari dalam, tetapi juga luar negeri. Seperti saat ia meraih penghargaan World Wide Fund for Nature (WWF) Internasional, Seafood Champion Award dan Penghargaan Peter Benchley Ocean Awards.

Foto: fokusutama

Aktor kenamaan Hollywood, Leonardo DiCaprio pun turut mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Susi.

“Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi dengan tegas menggelar usaha pengawasan, menahan para pencuri ikan dan memberikan contoh manajemen perikanan yang transparan dengan memberikan data Vessel Monitoring System kepada Global Fishing Watch yang saya danai,” ucapnya dalam video berdurasi empat menit yang diputar pada World Oceans Day di New York, (8/6) lalu.

Foto utama: metrosiantar

Yuk, dukung kiprah Menteri Susi dengan traveling!Soal akomodasi, nggak perlu khawatir. Bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top