Berita

Stratolaunch, Pesawat Sebesar Lapangan Bola Siap Mengudara

Kamu suka traveling dengan menumpang pesawat terbang? Bersiaplah. Dalam waktu dekat, dunia penerbangan bakal kedatangan The Scaled Composites Stratolaunch, pesawat terbang terbesar yang pernah dibuat.

Saking besarnya, Stratolaunch nggak menggunakan satu, tetapi dua pesawat sekaligus dalam satu unit. Stratolaunch miliki ukuran dua kali lebih besar ketimbang Boeing 747, pesawat komersial yang dikenal memiliki ukuran jumbo.

Nah, yang lebih menarik lagi adalah bentuknya. Stratolaunch memiliki sayap dengan panjang 117 meter, melebihi panjang ukuran dari lapangan sepakbola. Sayap tersebut menopang dua fuselages atau bodi pesawat di kanan dan di kiri.

Dengan berat 580 ton pesawat ini membutuhkan runway sepanjang 3,700 meter untuk melakukan lepas landas dan pendaratan. Stratolaunch menggunakan buah mesin dari Pratt & Whitney PW4000 yang bakal menghasilkan kecepatan maksimal 850 kilometer per jam.

Rencananya, Stratolaunch bakal melakukan uji terbang pada tahun ini dibawah pengawasan Vulcan Aerospace. Jika sukses dan mendapatkan izin terbang, Stratolaunch akan melayani penerbangan komersial pada 2020 mendatang.

Proyek Ambisius

Stratolaunch merupakan proyek ambisius Paul Allen, co-founder dari perusahaan teknologi terbesar di dunia, Microsoft. Lewat Vulcan Aerospace yang ia naungi, Stratolaunch diharapkan bakal menjadi moda transportasi yang siap melayani penerbangan komersial ke luar angkasa.

Jadi, selain dapat melayani wisata ruang angkasa, Stratolaunch diproyeksikan dapat membantu berbagai macam penelitian ilmiah dan teknologi di luar angkasa. Sehingga, Stratolaunch akan memudahkan semua orang meraih informasi lebih lengkap dari luar bumi

Dengan modal peluncur roket di balik kemudinya, Stratolaunch dapat terbang di ketinggian 35-59 ribu kaki di udara. Dalam arti, Stratolaunch mampu melaju stabil di lapisan kedua atmosfer bumi dengan temperatur yang stabil pula.

Nah, kira-kira, kamu tertarik buat menumpang Stratolaunch ini?

Ada rencana mau liburan dalam waktu dekat? Nah, supaya liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Stratolaunch

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top