Berita

Strategi 3 Hotel Berbintang di Indonesia Hadapi New Normal

Staycation di hotel

Negara di dunia, termasuk Indonesia, saat ini sedang menyiapkan tatanan hidup baru atau new normal. Hal ini turut membuat perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan juga mulai mempersiapkan diri. Sejumlah hotel dengan nama besar telah berkomitmen mematuhi pedoman kesehatan Asosiasi Hotel dan Penginapan Amerika (AHLA), mulai dari check-in tanpa kontak, hingga standar dan protokol kebersihan baru.

Pada era new normal ini, bidang pariwisata termasuk perhotelan harus segera dibenahi agar lebih siap, baik dari segi keamanan dan kenyamanan terkait pencegahan COVID-19, saat melayani tamu. Untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh pihak hotel dalam menghadapi era new normal, simak hasil wawancara Pegipegi bersama 3 hotel berbintang di Indonesia ini, yuk! 

Crowne Plaza Bandung

Saat new normal, penerapan teknologi menjadi salah satu bagian dari pelayanan hotel. Crowne Plaza Bandung ternyata sudah menerapkan teknologi untuk meminimalisir kontak fisik. Maria Linda, Director of Sales and Marketing Crowne Plaza Bandung, mengungkapkan, “Kebijakan ini akan menimbulkan suatu peluang sekaligus tantangan. Didukung penuh oleh Intercontinental Hotel Group (IHG), saat ini kami sedang mempersiapkan team member dengan pelatihan agar benar-benar paham dalam menghadapi atau mencegah penyebaran COVID-19.”

Demi menjamin kualitas pelayanan hotel dan kenyamanan tamu selama menginap, pihaknya juga menyiapkan safety dan hygiene protocol. Bekerja sama dengan Cleveland Clinic dan Ecolab, Crowne Plaza Bandung mengedepankan program IHG Clean Promise, yang dapat mengobati rasa khawatir tamu akan kenyamanan, kebersihan, dan kesehatan mereka selama menginap. Bahkan, program ini telah diterapkan di semua IHG hotel yang ada di seluruh dunia. 

Strategi berikutnya adalah dengan menawarkan berbagai kemudahan atau flexibility dalam reservasi kamar. Karena saat new normal kondisi bisnis masih akan sulit diprediksi, Maria Linda pun memprediksi tamu yang akan menginap masih mempertimbangan banyak hal. Untuk mengatasi ini, Crowne Plaza Bandung menawarkan kemudahan dalam kebijakan cancellation dan pembayaran.

Amaroossa Cosmo Jakarta

Amaroossa Cosmo Jakarta turut menyambut baik diberlakukannya new normal.  Yusuf Sufriyyan, Front office Manager Amaroossa Cosmo Jakarta, mengatakan, “Dengan dimulainya aktivitas seperti biasa, akan membuat berbagai instansi seperti kementerian dan perusahaan kembali memanfaatkan fasilitas hotel. Dengan hal ini pula, tingkat perekonomian dunia bisa segera normal secara perlahan.”

Adapun persiapan dalam menghadapi new normal, Riyyan menyampaikan pihaknya akan mengikuti protokol yang dianjurkan pemerintah, di antaranya; tetap waspada dengan selalu melakukan pengecekan suhu tubuh, menerapkan pemakaian masker, memakai hand sanitizer, dan juga tetap menjaga jarak.

Era new normal diprediksi akan menjadi angin segar bagi bisnis perhotelan. “Saat ini strategi yang dilakukan adalah mencoba mengejar bisnis bersama dengan Online Travel Agent (OTA) untuk membantu menaikan revenue kamar. Kami juga membuat promo F&B,  fast-food online delivery, rebranding, dan mempromosikannya melalui media sosial”, tambah Riyyan.

J4 Hotels Legian

Sebagai hotelier, J4 Hotels Legian melihat bahwa “new normal” ini adalah kata lain dari “back to normal”, namun dengan penambahan protokol kebersihan dan sanitasi pada diri kita maupun lingkungan agar lebih waspada, atau membiasakan diri kita dengan gaya hidup bersih dan sehat. 

Berbagai persiapan yang dilakukan J4 Hotels Legian dalam menyambut era tatanan hidup baru ini, di antaranya dengan meningkatkan safety of hygiene, pengecekan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, dan menerapkan physical distancing di area umum hotel, seperti lobby, resepsionis, lift, room assign, hingga restoran.

Putu Maheswara, E-commerce & Creative Manager J4 Hotels Legian, mengungkapkan, “Strategi pertama yang kami terapkan untuk menarik minat customer, yaitu mempublikasikan update terbaru terkait hotel kami. Kami juga membuat konten video berisi protokol safety hygiene & sanitize yang mengomunikasikan penerapan Go-Digital untuk meminimalisir kontak langsung pada saat check-in maupun check-out.”

Gimana, sudah siap buat staycation dalam beberapa waktu ke depan? Semoga informasi ini bisa bikin kamu lebih tenang dan nyaman saat menginap di hotel. Yang penting, tetap jaga kesehatan kamu supaya #NantiKitaPegipegiLagi. Kalau keadaan sudah kembali normal, kamu bisa merencanakan liburan ke berbagai destinasi favorit di Indonesia. Terus, pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya!

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top