Destinasi

Stasiun Kereta Api Terindah di Dunia

St-Pancras-International-Train-Station1

Kalau kemarin Pegipegi sudah membahas serunya traveling seru ke Bandung menggunakan kereta api, sekarang kita tengok beberapa stasiun kereta paling indah di seluruh dunia yuk!

Stasiun Antwerp (Belgia)

antwerp-station03

Stasiun kereta api bergaya neo-Baroque ini selesai dibangun pada 1905. Saat itu,stasiun ini dikritik karena dianggap sebagai kemewahan yang tidak perlu. Betapa tidak, dekorasi stasiun sendiri menggunakan lebih dari 20 macam batu-batuan dan marmer. Namun, kini Stasiun Antwerp menjadi kebanggaan kota tersebut, di mana terdapat tiga lantai jalur kereta untuk mengakomodir para penumpang.

St. Pancras International, London (Inggris)

St-Pancras-International-Train-Station1

Dengan gaya neo-Gothik nya, stasiun ini menuai banyak pujian saat dibuka pertama kali pada tahun 1868. Sempat ‘terlantar’ di awal abad 20, St Pancras mendapat suntikan dana hingga £800 juta untuk renovasi besar-besaran. Hasilnya? Kombinasi kecantikan arsitektur ala era Victoria dan sentuhan modern menjadikan stasiun ini salah satu landmark k ebanggaan kota London.

Stasiun Sirkeci, Istanbul (Turki)

Sirkeci_train_station

Stasiun yang dibangun pada 1890 ini menampilkan desain art nouveau yang spektakuler dan menggabungkan arsitektur Barat dan Timur. Penggunaan kaca berwarna di bangunan stasiun memberikan semburat cahaya warna-warni di bagian dalam. Cantik! (Sst, di sini kamu bisa memesan tiket kereta dengan rute bersejarah Venice Simplon-Orient Express lho).

Stasiun Kanazawa (Jepang)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Desain modern yang diaplikasikan pada stasiun kereta api ini sempat mencuatkan kontroversi di kalangan warga kota. Pasalnya, gaya arsitektur itu bertentangan dengan arsitektur tradisional yang melingkupi seluruh kota, mengingat Kanazawa adalah satu dari beberapa kota yang masih mempertahankan bangunan-bangunan tuanya. Tapi, popularitas stasiun ini akhirnya membuat masyarakat menerima kehadirannya di kota mereka.

Union Station Los Angeles (Amerika Serikat)

Los Angeles Union Station

Stasiun ini didesain oleh tim ayah dan anak, John dan Donald Parkinson, yang menggabungkan elemen kolonial Spanyol dengan gaya Art Deco. Nuansa hangat dan nyaman menyelimuti stasiun kebanggaan California ini. Kalau hari sedang cerah, kamu juga bisa menikmati keindahan taman mawar maupun air mancur dengan lantai marmer di halaman stasiun.

Terminus Chhatrapati Shivaji, Mumbai (India)

img_8283

Gaya arsitektur tradisional India dan Inggris era Victoria bergabung dengan sempurna di stasiun ini. Stasiun yang awalnya dinamakan Queen Victoria ini menjadi landmark kebanggaan Mumbai sekaligus prasarana penting bagi para komuter kota. Kalau kamu jeli, kamu bisa melihat simbol Singa (Inggris) dan Harimau (India) yang merepresentasikan kedua negara.

Gare du Nord, Paris (Prancis)

2012-08-05-GareduNord-Straighter

Terletak di 10th Arrondissement, stasiun kereta api ini merupakan salah satu yang tersibuk di Eropa. Bagian depan stasiun terdiri dari ukiran 23 patung yang melambangkan destinasi-destinasi di Eropa seperti Amsterdam, Wina dan lainnya. Bukan hanya desain eksterior yang indah, Gare du Nord juga memiliki desain interior spektakuler.

(Visited 653 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top