Event & Festival

Sosok di Balik Seramnya Boneka Ogoh-ogoh Khas Hari Nyepi

Akhir pekan ini, para umat Hindu akan merayakan Hari Raya Nyepi. Salah satu daya tarik di hari raya yang satu ini adalah hadirnya Pawai Ogoh-ogoh.

Digelar jelang Hari Nyepi, Pawai Ogoh-ogoh memiliki daya tarik dari bonekanya. Kenapa? Karena, boneka Ogoh-ogoh memiliki tampang yang sangat seram dan terkesan galak!

Jadi, boneka tersebut bakal diarak keliling desa sebelum Hari Raya Nyepi yang dikenal dengan malam Pangrupukan. Kemudian, nantinya, boneka Ogoh-ogoh dibakar dengan tujuan mengusir energi jahat.

Sosok Bhuta Kala

Dengan penampakan yang seram, boneka Ogoh-Ogoh punya makna tersendiri bagi umat Hindu di Hari Nyepi. Buat yang belum tahu, muka seram pada boneka Ogoh-ogoh adalah wujud dari Bhuta Kala.

Dalam mitologi Hindu, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok raksasa yang jahat. Ia nggak segan mengganggu kestabilan dan kedamaian di sekeliling manusia. Kata Bhuta dan Kala sendiri punya arti energi yang mengakibatkan kegelapan.

Bhuta Kala sendiri merupakan ciptaan dari Bhatara Siwa atau Dewa Siwa. Ia berhasrat menciptakan alam semesta dengan mengutus keempat putranya, Sang Korsika, Sang Garga, Sang Maitridan dan Sang Kurusya. Sayang, karena gagal, ia pun mengutuk mereka menjadi Bhuta Kala.

Nah, putra kelimanya, Sang Pretanjala pun yang akhirnya mengemban tugas keempat saudaranya. Dengan bantuan sang ibu, Dewi Uma, ia mampur menciptakan sang alam semesta bernama Bhuwana Agung beserta para mahluk halus.

Tampil di Jakarta

Pada Nyepi kali ini, Pawai Ogoh-ogoh nggak cuma digelar di Pulau Bali. Jakarta juga menggelar festival ini pada Minggu, 18 Maret 2018, pukul 14.00-17.00 WIB.

Dengan arahan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), semua pengunjung dapat menikmati Festival Ogoh-ogoh tanpa dipungut bayaran.

Festival tersebut merupakan kegiatan budaya terbesar yang pertama kali diselenggarakan oleh Ancol, karena ingin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keragaman budaya di Indonesia. Juga bisa dinikmati oleh wisatawan domestik maupun luar negeri.

Yuk, liburan di Bali dengan cari hotel murah lewat Pegipegi! Bagi yang berada di luar Bali, jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Bali lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah di Bali  pesan tiket pesawat murah ke Bali pesan tiket kereta api murah ke Bali

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top