Kuliner

Songgo Buwono, Kuliner Khas dari Sultan untuk Rakyat Yogyakarta

Ada rencana liburan ke Yogyakarta? Jangan lupa berburu kulinernya! Selain dikenal dengan gudeg dan bakpianya, kota pelajar juga punya satu makanan yang cukup unik, Songgo Buwono.

Jika ditilik dari penampakannya, kamu nggak bakal percaya kalau Songgo Buwono termasuk kuliner tradisional. Maklum, bentuknya mirip banget roti lapis seperti burger atau sandwich.

Dalam satu porsi, kamu bakal dimanjakan dengan lezatnya daging ayam atau sapi, telur, acar, kuah hingga selada. Semuanya dipadukan dengan roti soes yang empuk, menjadikan Songgo Buwono kuliner tradisional yang mewah dan menggoda.

Well, ternyata ada alasan mengapa Songgo Buwono tampil layaknya jajanan bangsawan. Berasal dari kata songgo (penyangga) dan buwono (alam semesta), sajian ini merupakan camilan kesukaan Sultan Hamengkubuwono VII yang selaku pemegang kekuasaan di Keraton Yogyakarta.

Beliau sendiri yang mencetuskan hadirnya Songgo Buwono lantaran prihatin akan konsumsi makanan masyarakat yang nggak bergizi. Resep pembuatan makanan ini pun didapatkan langsung dari dapur keraton, lho!

Biasa ramai dijual pada bulan Ramadhan, Songgo Buwono berbeda dengan jajanan pasar pada umumnya. Karena, snack ini sama sekali nggak menggunakan pengawet dalam pembuatannya. Jadi, sudah pasti sehat untuk dikonsumsi siapapun.

Cocok dihidangkan sebagai teman minum teh atau kopi, Songgo Buwono bisa kamu temukan di berbagai pasar kue Yogyakarta. Harganya pun terbilang sangat terjangkau, hanya Rp10 ribuan per porsi. Tertarik?

Pengen liburan ke Yogyakarta? Bisa banget! Bareng Pegipegi aja! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top