Berita

Soal Kebahagiaan, Indonesia Hanya Duduk di Peringkat Ke-96

Kalau ada pertanyaan apa sih negara yang paling bahagia di dunia ini? Yang pasti jawabannya bukan Indonesia.

Well, ada benarnya, lho. Menurut Laporan Kebahagian 2018 yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Finlandia adalah negara yang paling bahagia di dunia.

Negara Skandinavia tersebut mengungguli dua tetangganya, Denmark dan Norwegia. Sementara itu negara persemakmuran seperti Australia dan Kanada berada di 10 besar negara paling bahagia.

Bagaimana dengan Indonesia? Well, negara tercinta kita ini hanya berada di peringkat ke-96, mengungguli Bhutan dan Somalia di belakangnya. Terasa memperihantinkan karena Indonesia tertinggal jauh dari negara tetangga, Malaysia dan Singapura soal kebahagiaan, di mana keduanya menempati peringkat 34 dan 35.

Nah, Burundi yang mendiami Afrika Timur menjadi negara yang paling nggak bahagia. Sudan Selatan dan Republik Afrika Tengah hanya berada di atas sedikit dari Burundi yang memiliki 11 juta penduduk ini.

Soal Kemacetan

Ada berbagai faktor yang menyebabkan warga Indonesia nggak cukup bahagia di tahun lalu dan tahun ini. Mulai dari soal krisis finansial, hingga faktor eksternal yang mempengaruhi mobilitas mereka, kemacetan.

Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung, kemacetan masalah yang belum dapat diselesaikan.

Jutaan kendaraan, baik roda dua maupun empat, saling berebut jalan tiap harinya. Kemacetan yang terjadi nggak cuma hadir di jalan protokol, tetapi juga gang-gang kecil hingga komplek perumahan.

Berbagai inovasi moda transportasi hingga aturan baru berlalu lintas pun sudah diterapkan. Namun, tetap saja, jumlah kendaraan di kota besar belum bisa dikalahkan dengan jumlah pertumbuhan jalannya.

Alhasil, nggak cuma hal secara materi yang dirugikan, tetapi juga psikis warganya. Perlu dicatat, 14 persen warga Jakarta mengalami stress, salah satunya akibat kemacetan setiap hari.

Biar tetap berbahagia, liburan yuk! Nah, supaya liburan kamu terjangkau, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top