Destinasi

Snorkeling Plus Selfie Bareng Hiu di Pulau Menjangan, Karimunjawa

Liburan makin seru kalau bisa dapet destinasi yang seru juga! Seperti yang ditawarkan oleh Kepulauan Karimunjawa, di Jawa Tengah lewat Pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil.

Sesuai dengan namanya, kedua pulau punya lokasi yang saling berdekatan. Tetapi, sensasi dan pengalaman yang ditawarkan tiap pulau ternyata berbeda, lho!

Pertama, kita bicara dulu soal Pulau Menjangan Besar. Dengan luas sekitar 56 hektar, Pulau Menjangan Besar memiliki bentuk yang unik banget, seperti hewan menjangan atau kepiting laut yang kerap mampir ke pinggir pantai.

Dibalut dengan hamparan pasir putih yang menawan, Pulau Menjangan Besar memiliki perairan yang dangkal. Sehingga, banyak sekali hewan laut yang terlihat muncul berlalu lalang di antara terumbu karang.

Cocok buat kamu yang gemar memandang langit sore cantik, Pulau Menjangan Besar juga menawarkan pengalaman berenang dengan ikan hiu, lho! Terdapat dua jenis hiu, hiu sirip hitam (Charcarinus melanopterus) dan hiu sirip putih (Charcarodon carsharias) yang bisa kamu ajak bertualang di sini.

Tapi nggak perlu khawatir. Dengan panjang mencapai 1,6 meter, kamu bisa berfoto bareng dengan hiu-hiu tersebut dengan panduan dari para petugas yang sudah handal.

Jika sudah puas main di sini, saatnya merapat ke Pulau Menjangan Kecil. Secara keseluruhan, pulau yang satu ini nggak terlalu beda dengan saudaranya, Menjangan Besar, kecuali dengan ukurannya.

Namun, Pulau Menjangan Kecil menjadi tempat yang pas buat kamu snorkeling, lho. Di sini, kamu bakal dimanjakan dengan spot snorkeling yang dikelilingi terumbu karang cantik, layaknya surga bawah laut!

Makin seru, karena Pulau Menjangan Kecil memiliki air laut yang biru banget. Saking biru dan beningnya, kamu dapat mudah melihat dasar laut, berkat bantuan pantulan cahaya matahari pada siang hari.

Nah, buat yang gemar diving, pulau ini memiliki titik penyelaman atau mear yang cukup menantang. Dengan ke dalaman 20 meter, kamu sudah dapat melihat biota laut yang unik, seperti ikan nemo hingga ubur-ubur.

Buat main ke dua pulau tersebut, kamu cukup menempuh perjalanan selama dua jam dari ke Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Kamu juga bisa melalui Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang dengan waktu tempuh yang lebih lama. Tertarik main ke sini?

Sekalian liburan ke Semarang! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Semarang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top