Kuliner

Slurpp! Ini Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

es oyen

Selama berpuasa, rasa haus dan dahaga biasanya menjadi ‘cobaan’ terberat ya, travelers. Apalagi jika kamu tinggal di kota dengan cuaca panas. Pasti sudah terbayang-bayang ya berbagai minuman segar yang bisa kamu nikmati saat berbuka puasa nanti.

Nah, kali ini Pegipegi mau berbagi tentang minuman-minuman segar tradisional Indonesia yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk berbuka puasa nanti. Yumm!

 

Es Cendol

es cendol2

Siapa yang tidak kenal hidangan segar dan manis ini? Terbuat dari tepung beras, es cendol biasa disajikan dengan gula merah cair, santan serta es parut. Nama cendol memang lebih dikenal masyarakat Indonesia, tapi minuman segar ini juga dikenal dengan nama es dawet, terutama di daerah Jawa Tengah.

Rasa manis dan segar dari gula merah cair serta butiran cendol yang kenyal dijamin akan membuat siapapun ketagihan menyantap minuman segar ini.

 

Es Teler

es teler

Satu lagi hidangan penutup khas Indonesia yang segar untuk berbuka puasa. Konon, hidangan es teller ini diciptakan oleh pedagang es campur di Jalan Semarang, Jakarta Pusat, pada tahun 1980-an, yaitu Tukiman Darmowijono. Karena es campur buatan Tukiman ini enak banget, anak-anak muda yang mencicipinya seperti ‘teler’ seolah mengkonsumsi narkoba.

Es teler sendiri berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang dan santan yang dicampur susu kental manis dan sirup. Ada juga pedagang es teller yang menggunakan varian lain berisi cincau, kolang-kaling, pacar cina serta potongan roti.

 

Bir Pletok

bir-pletok-khas-betawi

Hah? Bulan puasa kok disuruh minum bir? Eits, jangan bingung, travelers. Meskipun namanya ‘bir’, tapi Bir Pletok ini sama sekali tidak mengandung alkohol kok. Bir pletok merupakan minuman khas Betawi yang terbuat dari tumbuhan rempah-rempah yaitu jahe, kapulaga, serai, kayu manis, kayu secang dan gula. Meskipun tujuannya untuk menghangatkan badan, tapi kalau ditambah es batu minuman ini pun sangat menyegarkan lho.

Buat kamu yang masih bingung dengan sejarah penamaan bir pletok, konon minuman ini muncul sejak jaman penjajahan Belanda. Kala itu, warga Betawi yang kaya raya dan biasa bergaul dengan orang Belanda melihat kebiasaan mereka yang sering minum bir. Tapi tentunya bir khas Betawi ini harus dimodifikasi agar tidak mengandung alkohol.

 

Es Doger

resep-es-doger

Hidangan penutup yang satu ini juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dulu, kabarnya tampilan es doger bukan seperti yang kamu lihat sekarang, travelers. Pasalnya, es doger jaman dulu hanya berisi es dogernya sendiri yang berwarna merah muda dengan taburan kelapa serut.

Tapi, dalam perkembangannya, es doger mulai ditambah tape singkong, ketan hitam hingga pacar cina. Ada juga yang menambah es doger dengan potongan buah alpukat, kacang dan roti.

Selain sebagai minuman pelepas dahaga, es doger juga sering menjadi menu minuman untuk acara hajat, seperti pesta pernikahan dan sebagainya.

 

Es Oyen

es oyen2

Buat kamu yang tinggal di Bandung pasti sudah tidak asing ya dengan es oyen. Sebenarnya es oyen tidak jauh berbeda dengan es campur, karena terdiri dari potongan buah seperti alpukat, nangka dan kelapa muda. Es oyen juga menggunakan santan dan susu kental manis, serta pacar cina yang membuat hidangan penutup ini semakin menggoda.

Es oyen yang terkenal di Bandung adalah yang terletak di Jalan Veteran, bersebelahan dengan Batagor Kingsley. Tapi, kalau kamu berdomisili di Jakarta, es oyen yang paling dikenal mungkin adalah di kawasan perumahan Pondok Indah yang biasa disebut sebagai “pertok”.

 

Hmm….makin gak sabar buat berbuka puasa dan mencicipi minuman atau hidangan penutup super yummy ini ya, travelers?

 

Lagi cari tiket pesawat buat mudik? Yuk cek promo terbaru di Pegipegi sebelum kehabisan!

 

(Visited 2,266 times, 3 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top