Destinasi

Situs Warungboto, Yogyakarta Jadi Hits Berkat Kahiyang-Bobby!

Siapa sih yang menyangka bawa Situs Warungboto di jalan Veteran No. 77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta bisa jadi wisata hits yang diincar wisatawan? Soalnya pada tahun 2016 kemarin aja belum sempurna karena masih dalam tahap renovasi. Meskipun terlihat seperti bangunan wisata biasa, namun Situs Warungboto memiliki nilai historis yang bisa dibanggakan. Simak pembahasan Pegipegi kali ini, yuk!

Mirip Taman Sari

 

Menghargai keputusan itu lebih baik ūüôĆūüŹĽ #situswarungboto #exploryogyakarta

A post shared by Tanūüć≠ (@taniabung) on

Menariknya, arsitektur Situs Warungboto mirip dengan arsitektur Taman Sari. Di sana ada lorong yang menarik untuk ditelusuri dan kamu bakal merasa sedang dibawa ke masa lampau. Ketika masuk ke dalam Situs Warungboto, kamu akan melihat dua buah kolam. Satu kolam berbentuk bulat dan satunya lagi berbentuk persegi. Pada kolam yang berbentuk bulat terdapat sumber air di tengahnya. Kedua kolam tersebut menyambung dan air di kolam persegi berasal dari kolam bulat.

Sebuah pesanggrahan

Pada dasarnya, Situs Warungboto adalah sebuah pesanggrahan, yaitu tempat peristirahatan bagi raja beserta kerabatnya. Biasanya dilengkapi dengan taman, kolam, kebun, dan fasilitas untuk kepentingan religius. Pesanggrahan ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan pembangunannya diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Aslinya pesanggrahan ini bernama Pesanggrahan Rejawinangun, dulunya adalah sebuah pemandian karena di sana ada sumber mata air. Pesanggrahan ini dibangun menggunakan batu bata. Struktur bangunannya unik dengan lorong-lorong, pintu dan jendela yang sebagian memiliki akses lengkung pada bagian atasnya.

Jadi ramai berkat Kahiyang dan Bobby

Putri satu-satunya Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana, Kahiyang Putri baru aja melangsungkan sesi foto pre-wedding di Situs Warungboto bersama kekasihnya, Bobby Nasution. Gara-gara hal itu, kini Situs Warungboto jadi ramai. Awalnya, dalam sehari paling cuma puluhan wisatawan yang datang ke sana. Sekarang, sudah ada ratusan pengunjung, lho!

Para wisatawan tersebut memanfaatkan spot-spot yang digunakan oleh Kahiyang dan Bobby untuk foto pre-wedding, yaitu di area kolam bagian tengah ruangan dan tangga di sisi kiri situs.

Nah, travelers, kamu jadi pengin foto pre-wedding atau liburan di sana juga nggak? Kalau iya, langsung aja rencanakan perjalanan kamu dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: @allseasonsphoto

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 197 times, 2 visits today)

Comments

To Top