Destinasi

Situ Patenggang: Danau Cantik nan Menenangkan di Ciwidey, Bandung

Situ Patenggang adalah danau cantik yang berada di kawasan Bandung selatan, tepatnya di jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Desa Patengan. Jadi, jika berkunjung ke Ciwidey, jangan cuma mampir ke Kawah Putih, tapi sekalian aja ke Danau Situ Patenggang. Jarak dari Kawah Putih ke Danau Situ Patenggang cukup dekat kok, yaitu 7 km atau sekitar 10 menit berkendara. Sebelum berangkat ke sana, simak artikel pegipegi kali ini soal Danau Situ Patenggang, yuk!

Berawal dari legenda dan mitos

Menurut cerita yang beredar, nama Patenggang berasal dari Bahasa Sunda, Pateangan-teangan yang dalam Bahasa Indonesia adalah saling mencari. Katanya, berawal dari kisah legenda seorang prabu bernama Ki Santang dan putri titisan dewi bernama Rengganis. Keduanya sudah terpisah begitu lama, namun karena rasa cinta yang begitu mendalam, mereka memutuskan untuk saling mencari. Kemudian, mereka dipertemukan di sebuah danau, tepatnya di antara sebuah batu dan batu itu diberi nama Batu Cinta. Rengganis meminta kepada Ki Santang agar dibuatkan pulau dan perahu untuk berlayar.

Permintaan Rengganis pun dipenuhi sampai akhirnya terbentuk Situ Patenggang dan perahu yang akhirnya berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati yang disebut Pulau Sasaka atau Pulau Asmara. Dari cerita itu, muncul keyakinan, bgai pasangan yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara bisa memiliki cinta sejati. Kalau kamu pengin hubunganmu dengan pasangan langgeng, nggak ada salahnya untuk dicoba! Hihihi…

Dikelilingi hamparan kebun teh

Danau Situ Patenggang letaknya berada di ketinggian 1600 meter dan dikelilingi hamparan kebun teh. Sedangkan luasanya sekitar 45 ribu ha dengan luas cagar alam yang mencapai 123.077,15 ha. Dulunya, Situ Patenggang memang merupakan cagar alam, tapi sejak tahun 1981 diubah menjadi taman wisata alam nasional.

Danau Situ Patenggang bisa menjadi alternatif liburan kamu selanjutnya jika kamu menginginkan liburan di tempat yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Di sana kamu bisa merasakan ketenangan, udara sejuk dengan kabut tipis. Menyusuri danau dengan perahu sambil menikmati pemandangan indah juga bisa menjadi kegiatan wajib saat berada di Danau Situ Patenggang!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Tunggu apa lagi, travelers! Langsung aja, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Bandung lewat pegipegi! Selamat menenangkan diri di Danau Situ Patenggang!

pesan tiket pesawat murah ke bandung pesan tiket kereta api murah ke bandung cari hotel murah di ciwidey

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,301 times, 1 visits today)

Comments

To Top