Destinasi

Singkawang: Negeri “Tiongkok” dengan Indahnya Wisata Alam

Selama ini, mungkin kamu hanya menilai kota Singkawang hanya sebatas kota penuh Amoy, banyak kelenteng, banyak atraksi Imlek, dan Cap Go Meh-nya. Memang benar sih, jika berada di sana, kamu bakal merasa seperti sedang jalan-jalan di negeri Tiongkok. Ternyata, pesona Singkawang nggak cuma itu, karena kamu juga bisa menikmati keindahan alam di sana.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas. Diberi nama Pantai Pasir Panjang karena bibir pantainya sepanjang 3 km dengan ombak yang tenang dan pasir putih kemilau. Lokasi pantai ini nggak jauh dari pusat kota Singkawang. Hanya 17 km atau memakan jarak tempuh sekitar 20 menit aja dengan kendaraan bermotor.

Kamu pasti betah menghabiskan waktu di Pantai Pasir Panjang. Pantainya masih alami,  bersih, dan tenang. Untuk fasilitas di lokasi wisata ini, Kamu tak perlu khawatir karena sudah banyak motel, resto, wahana permainan air, seperti jetsky, sepeda air, parasailing, dan lain-lain. Di sana juga ada arena bermain gokart, toko souvenir, bahkan diskotek.

Pantai-Pasir-Panjang-Singkawang-659x439

www.pasirpantai.com

Pantai Pasir Pendek

Lokasi pantai ini nggak jauh dari Pantai Pasir Panjang. Sesuai dengan namanya, pantai ini nggak panjang. Cuma berkisar 100 meter, berbentuk teluk, dan diapit oleh tanjung dari bebatuan. Pantai ini aman untuk dijadikan area bermain anak-anak karena ombaknya relatif bersahabat.

Di sana juga terdapat beberapa gazebo untuk bersantai, beristirahat, dan menikmati pemandangan di sekitarnya. Pemandangan laut lepas, tanjung bebatuan, dan bukit yang asri akan memanjakan kamu selama berada di Pantai Pasir Pendek. Pantai ini juga asyik buat kegiatan memancing. Dijamin kamu bakal asyik memancing sampai lupa waktu.

pasir pendek1

http://coretkantinta.blogspot.co.id/

Rindu Alam

Dari Pasir Pantai Pendek, kamu bakal punya akses mudah ke bukit Rindu Alam yang lokasinya memang nggak jauh dari bibir pantai. Dari atas bukit Rindu Alam, kamu bisa melihat indahnya Pantai Pasir Panjang dan Pantai Pasir Pendek, Tanjung Bajau, dan Sinka Island Park dengan jelas. Jika melihat ke arah bagian kanan pantai, kamu juga dapat menikmati keindahan kota Singkawang.

Beberapa gazebo dibangun di pinggiran bukit untuk bersantai menikmati udara yang sejuk, indahnya tanaman bunga di sekitar bukit. Pikiran dan hati kamu pasti akan merasa damai jika berada di tempat seperti ini. Paling cocok sih main ke atas bukit ketika sore hari supaya kamu bisa sekalian menikmati sunset di ujung laut.

rindu alam

www.panoramio.com

Tanjung Bajau

Tanjung Bajau adalah tanjung dengan bebatuan dan pasir yang menghubungkan Pantai Pasir Panjang dan Sinka Island Park. Tanjung ini juga merupakan kaki dari bukit Rindu Alam. Di tempat wisata ini terdapat beberapa permainan air yang menarik untuk dicoba. Ombak di sana juga bersahabat, sehingga aman untuk dijadikan lokasi bermain anak-anak.

 Lokasinya juga dekat banget sama Pantai Pasir Pendek, sehingga ujung pantai pasir dapat dilihat dengan jarang dekat. Menariknya, di sana juga terdapat beberapa patung hewan laut yang menjadi penghias. Sesuai dengan fungsinya yang memang menyediakan banyak udang dan ikan. Makanya, Tanjung Bajau juga cocok untuk dijadikan lokasi memancing.

Tanjung-Bajau-660x300

http://wisatapontianak.com/

Sinka Island Park

Sinka Island Park terdiri dari bebatuan, pantai pasir, dan beberapa jenis pohon. Di taman ini juga terdapat Pulau Simping yang merupakan salah satu pulau terkecil di dunia. Terdapat jembatan yang menjadi akses penghubung bagi para pengunjung untuk dapat berada di pulau ini. Juga terdapat lokasi yang baik untuk memancing.

Meskipun tergolong wisata alam, tapi tempat ini cukup modern, kok. Soalnya ada kolam renang, kantin, tempat bermain, dan tempat beristirahat. Kalau haus, kamu nggak perlu khawatir soalnya di sana banyak jajahan air dan buah kelapa muda. Segar banget kan kalau bisa menikmati pemandangan ditemani segarnya kelapa muda!

sinka

http://wisatapontianak.com/

Mimi Land (Batu Payung)

Dari bibir pantai di Mimi Land, kamu bisa melihat satu pulau batu dengan pepohonan yang terbentuk seperti payung, sehingga tempat ini dinamakan Batu Payung. Di tempat wisata ini terdapat beberapa permainan yang dapat menghibur anak-anak jika mereka bosan main di pantai. Mereka bisa main wahana seru, seperti komedi putar, pesawat terbang, kuda, ayunan, flying fox, dan lain-lain.

Banyak sekali penjual makanan di area itu. Bahkan, ada resto yang pemandangannya langsung ke arah laut. Berjalan kaki sambil menikmati keindahan Mimi Land merupakan pilihan yang tepat. Bahkan, kamu juga bisa mandi di pantai sambil bermain pasir. Nikmati aja sensasi air laut yang terasa agak hangat. Tapi, kamu harus hati-hati saat mandi di pantai. Jangan main ke tengah laut karena ombaknya cukup tinggi.

wahana-bermain-mimi-land-singkawang-610x380

http://www.jayanjayan.com/

Nah, seru juga kan wisata alam di Singkawang! Unik banget, ya, soalnya dibuat agak modern dan cocok buat anak muda. Jika kamu ada rencana untuk merayakan Imlek atau sekadar berlibur ke Singkawang, kamu bisa merencanakan perjalananmu ke sana bersama pegipegi.com.

Karena di Singkawang nggak ada bandara, jadi kamu bisa naik pesawat sampai ke Pontianak dan menginap di sana. Perjalanan dari Pontianak ke Singkawang bisa kamu lakukan dengan berkendara melewati jalan tol.

cari tiket pesawat murah cari hotel murah di pontianak

(Visited 845 times, 1 visits today)

Comments

To Top