Event & Festival

Singkawang Gelar Perayaan Cap Go Meh Paling Meriah di Indonesia

Tanggal 8 Februari 2016 kemarin, kita sudah merayakan Tahun Baru Imlek 2016 dan memasuki tahun Monyet. Dan tanpa terasa, sebentar lagi kita akan merayakan Cap Go Meh, yaitu pada tanggal 22 Februari 2016. Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek. Istilah tersebut berasal dari dialek Hokkien, cap = sepuluh, go = lima, meh = malam. Perayaan ini biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan. Di Indonesia sendiri, Festival Cap Go Meh tahun ini dirayakan besar-besaran di Singkawang.

Merayakan Cap Go Meh untuk mengusir roh jahat

Puncak perayaan Cap Go Meh di Singkawang akan diadakan pada tanggal 21-22 Februari 2016 di Pasar Tengah. Karena perayaannya dilakukan besar-besaran, sudah pasti Singkawang akan menarik perhatian banyak turis, baik lokal, atau pun yang asing. Perayaan Cap Go Meh tersebut akan dimeriahkan oleh pertunjukan barongsai, ular naga, choi lam shin atau keranjang jelangkung.

Cap Go Meh sendiri dipercaya sebagai pusat berkumpulnya para dewa dan di Singkawang juga bakal ada ritual pawai tatung yang diyakini mampu mengusir roh-roh jahat dari seluruh penjuru kota. Kamu bisa melihat sendiri seperti apa atraksi para tatung yang dirasuki oleh roh leluhur, sehingga di bawah alam sadar mereka mempertunjukkan ilmu kesaktiannya, seperti menusuk pipi, kebal terhadap senjata tajam, hingga aksi mengupas kelapa dengan gigi.

Jadi, jangan kaget, ya, jika kamu melihat para tatung menggunakan baju yang sudah berlumuran darah. Katanya sih, luka tersebut bisa sembuh dengan cepat. Tahun kemarin, kurang lebih ada 400-an tatung yang meramaikan Cap Go Meh. Kalau untuk tahun ini, belum jelas ada berapa tatung yang terlibat karena masih dalam proses pendataan. Jumlah tatung yang terlibat dari tahun ke tahun memang selalu berubah. Para tatung tersebut dipilih melalui seleksi ketat. Jika memenuhi syarat, mereka akan diberi santunan.

singkawang1

www.skyscrapercity.com

tatung-perempuan-ditandu_kaka

http://kabarkampus.com/

Promosi hingga di Bandara Soekarno-Hatta

Sejumlah foto-foto kebudayaan masyarakat Tionghoa di Singkawang sudah dipajang di terminal F Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Ini merupakan bagian dari kampanye “Wonderfull Indonesia”, sebuah program pariwisata yang digagas pemerintah untuk memajukan pariwisata Indonesia, terutama kota Singkawang.

Foto-foto yang dipajang antara lain, kelenteng Tri Dharma Bumi Raya di Singkawang, lampion, barongsai, dan naga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon penumpang yang melintasi koridor ruang tunggu bandara. Ternyata, kampanye ini sudah dilakukan sejak Imlek kemarin hingga perayaan Cap Go Meh nanti.

foto-cap-go-meh-di-soetta_20160215_203351

www.pontianak.tribunnews.com

Nah, tunggu apa lagi? Jika kamu juga kepengin melestarikan pariwisata Indonesia sekaligus berkunjung ke Singkawang, kamu harus transit dulu di Pontianak barulah menempuh perjalanan ke Singkawang dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan. Supaya biaya traveling kamu lebih murah, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pontianak, ya! Selamat merayakan Cap Go Meh!

cari tiket pesawat murah  cari hotel murah di pontianak

(Visited 1,221 times, 1 visits today)

Comments

To Top