Berita

Siapa Bilang Air Laut itu Warnanya Biru?

“Wah, air lautnya biru banget!” Komentar tersebut pasti sering terlontar dari bibir kamu tiap kali berwisata ke kawasan pantai.

Semakin biru air lautnya, semakin sejuk dan indah pula pantainya kala dipandang. Nggak heran, banyak wisatawan betah berlama-lama berjemur di pinggir pantai, salah satunya Pantai Nyang Nyang, Bali.

Tapi, sadar nggak sih kalau air laut itu warnanya nggak biru? Well, jika kamu ambil air laut terus kamu taruh di dalam gelas kaca yang transparan, warnanya ya sama seperti kebanyakan air saja, bening!

Seorang oceanographer NASA, Gene Carl Feldman tahu benar tentang fenomena alam yang satu ini. Selama bertahun-tahun meneliti lautan, Gene menyimpulkan bahwa air di lautan luas itu nggak berwarna biru.

“Warna di permukaan laut dipengaruhi oleh seberapa dalam lautan tersebut. Selain itu, berbagai objek di dalam dan di atasnya juga turut andil memberikan efek warna buat lautan,” tuturnya.

Soal Gelombang Sinar

Proses terciptanya warna biru di lautan lepas muncul dari matahari. Sinar yang dihantarkan terbentuk dari sebuah spektrum dari beberapa gelombang panjang.

Semakin panjang gelombang sinarnya, warna yang terlihat justru merah atau jingga. Itu yang kita bisa dapatkan ketika kita memandang sinar matahari langsung ke atas.

Nah, sedangkan, gelombang sinar yang lebih pendek bakal terlihat berwarna biru atau hijau. Ketika sinar matahari dengan gelombak pendek menabrak permukaan laut yang nggak terhalang obyek, molekul air di sana akan memecahnya sehingga lautan terlihat biru.

Semakin dalam lautannya, semakin jarang obyek yang menghalangi sinar, warna birunya pun bakal makin pekat. Jadi, ketika kamu menemukan lautan dengan warna biru toska, jarak dari titik permukaan dengan dasar lautnya nggak terlalu dalam, (entah ada batu karang atau pasir), sehingga sinar yang masuk bakal berbias balik.

Nggak mengherankan, jika lautan yang sudah tercemar, warna biru pun nggak bakal terlihat. Kenapa? Karena sinar matahari pun sulit menembus ke dalam dasar laut.

Jadi, ketika kamu mengira birunya laut adalah warna sungguhan, well, itu hanyalah bias saja!

Sudah tahu faktanya?  Sekalian liburan yuk. Kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top