Destinasi

Serunya Wisata Seni ke Wot Batu, Selasar Sunaryo di Bandung

Mencari suasana berbeda saat ke Bandung, Jawa Barat? Bosan dengan tujuan wisata yang itu-itu saja? Saatnya langkahkan kakimu ke Selasar Sunaryo yang berada di jalanBukit Pakar Timur No. 100. Didirikan oleh seniman seni kontemporer sekaligus mantan dosen Seni Rupa Institut Teknologi Bandung bernama Sunaryo, tempat ini memiliki banyak hal menarik berbau seni. Bangunan megah ini berhadapan dengan pegunungan hijau, dengan udara segar yang menyejukkan. Tentunya Selasar Sunaryo bisa jadi lokasi sempurna untuk kamu melepas penat dan melupakan bisingnya ibu kota. Pengin tahu keunikan Selasar Sunaryo lebih banyak? Yuk, simak terus bareng pegipegi!

Galeri serba guna

Semua ruangan yang ada di Selasar Sunaryo Art Space ditata dengan sentuhan seni, termasuk kafe, toko cinderamata, bahkan mushola dan toiletnya. Layangkan pandanganmu ke tiap sudut, selalu dipenuhi dengan karya seni seperti patung, lukisan, dan instalasi bambu. Selasar Sunaryo didatangi penikmat seni nggak hanya untuk menikmati karya-karya yang ada, lho. Tempat ini juga sering dijadikan untuk menggelar konser, pementasan teater, pemutaran film, pembacaan karya sastra, bahkan ceramah. Asyiknya lagi, Selasar Sunaryo nggak hanya didatangi penikmat seni, dan seniman lokal, tapi juga jadi lokasi nongkrong favorit seniman luar negeri.

Satu hal yang paling menarik dari Selasar Sunaryo Art Space, tentu saja galeri-galerinya yang memukau. Kali ini, pegipegi akan membahas Stone garden alias Wot Batu secara spesifik. Alasannya, tentu saja karena Wot Batu menjadi salah satu galeri seni terbaik di Selasar Sunaryo, dengan banyak sudut menarik yang bisa dieksplor. Hmm, bisa jadi spot foto bareng teman segeng dan pacar, nih!

Wot Batu di Selasar Sunaryo

Sesuai namanya, Wot Batu memajang berbagai karya seni berupa batu yang disusun sedemikian rupa. Peletakannya pun tidak sembarangan. Sunaryo membangun Wot Batu dengan melibatkan beberapa ahli, mulai dari ahli geologi, ahli arsitektur, sampai ahli sejarah juga ikut andil. Dan ternyata, dalam proses pengumpulan bebatuan ini membutuhkan perhatian ekstra, ketekunan, dan ketelitian. Sunaryo sendiri memang enggan mengubah bentuk bebatuan dengan berlebihan karena dia ingin memberi arti murni pada semua karya seni pribadinya. Nggak tanggung-tanggung, bebatuan di Wot Batu yang paling berat bisa mencapai 10 ton lebih!

Apa aja sih isi Wot Batu itu?

Tahu nggak, ternyata makna dari kata Wot Batu adalah jembatan menuju kehidupan. Menurut Sunaryo, batu nggak hanya menjadi material bumi tapi juga menjadi alat spiritual manusia dan alat mediasi. Selain itu, batu juga merekam sejarah pergerakan dan perkembangan kehidupan di bumi. Itulah alasannya mengapa hampir semua bebatuan di sana disusun berdampingan yang dimaksudkan bahwa segala hal teratur dan ada pasangannya, baik-buruk, pria-wanita, miskin-kaya, dan lain lain.

Melalui karya seni bebatuan yang dibuatnya, Sunaryo menjelaskan soal dua dunia, yaitu Zona Dunia Kehidupan tempat kita bernapas dan Dunia Kematian. Nah, biar nggak makin penasaran, berikut beberapa batu-batu karya seni Sunaryo yang ada di Wot Batu!

Lorong Batu

Kamu akan menyusuri lorong panjang sebelum masuk ke dalam taman batu. Rasakan suasana yang ‘dingin’ saat melewati Lorong Batu yang terasa seperti memasuki dimensi yang berbeda. Nah, setelah melewati Lorong Batu, kamu akan tiba di Zona Dunia Kehidupan.

Batu Merenung & Batu Indung

Dua batu yang berdekatan inilah yang dinamakan Batu Merenung. Sementara Batu Indung adalah batang pohon jambu dilapisi tembaga yang berdiri tegak di belakangnya, mengingatkan Sunaryo akan almarhum ibunya. Hmm, mungkin Sunaryo sering duduk di Batu Merenung sambil mengenang almarhum ibunya, ya.

Lawang Batu & Finger Print Sunaryo

Wot Batu Selasar sunaryo

Foto: instagram @pandurosadi via @wotbatu

Saat kamu ingin menuju ke Zona Dunia Kematian, nantinya kamu akan melewati Lawang Batu. Nah, tepat di atasnya ada batu yang dicetak dengan sidik jari Sunaryo yang telah diperbesar. Jangan lewatkan untuk berfoto di sini, ya!

Ruang Bawah Tanah Wot Batu

Wot Batu Selasar Sunaryo, Bandung

Foto: Instagram @hrb.asti via @wotbatu

Di area bawah tanah, kamu bisa menonton video dokumentasi karya Sunaryo berdurasi 5 menit, memakai batu besar sebagai obyek pantulan video. Video dokumentasi ini berisikan tentang lukisan-lukisan yang dikumpulkan menjadi video, menjelaskan proses pembentukan bumi atau teori Big Bang.

Batu Gravitasi

Batu bertumpuk ini bernama Batu Gravitasi. Kamu bisa menemukannya saat keluar dari galeri ruangan bawah tanah Wot Batu di Selasar Sunaryo.

Kopi Selasar Art Space

Wot Batu Selasar Sunaryo

Foto: Instagram @sutantowilliam via @wotbatu

Lelah berkeliling di Selasar Sunaryo, wajib mampir untuk bersantai di Kopi Selasar. Coffee shop dengan furnitur serba kayu ini berada di teras Selasar Sunaryo Art Space. Nggak hanya menyediakan kopi, tapi juga beragam makanan lezat menggugah selera. Setelahnya, kamu bisa lanjut melihat galeri seni lainnya yang hanya berjarak 50 meter dari stone garden.

Peraturan dan Biaya Masuk Selasar Sunaryo

Selasar Sunaryo menerima kunjungan tur sekolah, kuliah, atau kelompok, tapi kamu wajib mendaftarkan diri tujuh hari sebelum tanggal tur yg diminati. Eits, wajib perhatikan peraturan utama untuk tidak menyentuh karya seni yang ada di seluruh galeri Selasar Sunaryo. Kamu juga dilarang masuk membawa makanan dan minuman, apalagi merokok. Pengambilan foto atau video tanpa ijin petugas galeri pun tidak diperbolehkan, demi menghindari plagiat atau semacamnya. Tapi asyiknya, Selasar Sunaryo dibuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Catat, Selasar Sunaryo buka dari hari hari Selasa – Minggu, pukul 10.00 – 17.00 WIB. Yup, tempat ini tutup di hari Senin.

Tapi khusus untuk ke Wot Batu, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50 ribu/orang*. Dan khusus di Wot Batu, kamu wajib mencopot alas kaki ketika menginjak rumput.

^B0B71D579AFCC5785F46F09B7689DD33D6B9AED99EFEAF873E^pimgpsh_thumbnail_win_distr

Jadikan Selasar Sunaryo sebagai tempat liburan kamu bersama teman, pacar, atau pun keluarga. Malas bawa kendaraan pribadi? Nggak mau terjebak macet saat menuju Bandung? Kamu tinggal pesan tiket pesawat murah ke Bandung atau tiket kereta api murah ke Bandung di pegipegi.com. Dan sekalian cari hotel murah di Bandung lewat pegipegi juga ya!

tiket pesawat murah ke bandung tiket kereta api murah ke bandung cari hotel murah di bandung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar transaksi lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

apps-store

google-play

(Visited 1,508 times, 1 visits today)

Comments

To Top