Destinasi

Serunya Wisata Mistis di TPU Jeruk Purut, Jakarta

Selama ini, TPU (Tempat Pemakaman Umum) Jeruk Purut terkenal dengan kisah hantu kepala pastur yang sempat dijadikan film tahun 2006 silam. Cerita itu sukses membuat TPU Jeruk Purut dinobatkan sebagai TPU terseram di Jakarta. Saking seramnya, TPU ini dijadikan sebagai tempat wisata mistis di Jakarta.

IMG_0686-1

Dok. pegipegi

Siapa pun boleh merasakan keseraman di sana, kecuali cewek yang lagi menstruasi dan orang dengan gangguan jantung. Soalnya, kuntilanak itu peka dengan bau amis dan cewek yang lagi menstruasi itu bakal lebih mudah dirasuki. Paling seru sih kalau main ke sana ramai-ramai sama teman biar banyak yang menemani, seperti yang pernah pegipegi lakukan.

Tapi, tetap aja kamu harus ditemani sama kuncen (juru kunci) di sana yang bernama Babe Ook. Untuk mencari beliau, tanyakan saja pada petugas TPU, pasti kenal, deh. Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam TPU, Babe Ook memberikan beberapa nasihat, yaitu:

  • Jangan melangkahi batu nisan karena dianggap nggak sopan.
  • Nggak boleh ngomong jorok.
  • Nggak boleh kencing sembarangan.
  • Nggak boleh buang sampah sembarangan.
  • Sering-sering ngomong permisi.
  • Kalau nggak sengaja menyenggol kuburan, jangan panik atau lari. Lebih baik minta maaf.
  • Pikiran nggak boleh kosong supaya nggak kesambet setan. Daripada pikiran kosong, lebih baik ngobrol sama teman. Biasanya sih, orang-orang merokok supaya pikiran mereka nggak kosong.
IMG_0684-1

Dok. pegipegi

Jika sudah siap, kamu bisa langsung ke tiga tempat penting di TPU Jeruk Purut, yaitu:

1. Pohon kembar dan sumur

Saking gelapnya langit di malam hari, sekilas kamu nggak bakal tahu ada pohon kembar di sana. Jadi, dianjurkan banget buat bawa senter. Kalau menurut narsum pegipegi, Naomi Angelia, cewek indigo yang terbiasa melihat sosok makhluk halus, di sekitar pohon kembar itu ada hantu seram berbadan besar mirip genderuwo. Kalau menurut Babe Ook, bukan cuma genderuwo yang eksis di sana, tapi juga ada juga hantu cewek yang meninggal karena bunuh diri sehabis ditinggal pacar dan suka menggoda lelaki yang lewat, ada hantu anak kecil yang suka mengajak anak kecil bercanda, hantu kuntilanak, dan hantu bakar diri yang warna badannya hitam, bentuk badannya nggak jelas!

IMG_0695

Dok. pegipegi

Maaf, ya, kalau fotonya gelap. Soalnya, sudah malam banget! Hihihi… Banyak yang melihat penampakan di foto itu. Menurut kamu gimana?

084652_jerfot2

www.detik.com

Saat berkelilling, ada salah seorang teman pegipegi yang merasa punggungnya tiba-tiba berat. Asam lambungnya naik dan merasa mual. Mendadak, ada yang melihat dia seperti lagi pakai baju hitam, padahal dari awal datang, dia pakai baju merah! Nah, berarti yang tadi memeluk teman pegipegi kemungkinan besar adalah hantu bakar diri. Ihhh, seram!

Di tempat yang sama juga ada sumur yang katanya banyak terdapat jin dan kuntilanak. Sebagai peserta uji nyali, kamu bisa coba menatap sumur. Nggak perlu khawatir soalnya ada Babe Ook yang menemani. Hihihi… Nah, pas teman pegipegi ada yang nekat mencoba menatap sumur, dia langsung nggak kuat terus minta balik ke tempat semula. Mukanya langsung pucat pasi dan kakinya lemas kayak abis terima pengumuman bahwa dia nggak lulus ujian akhir.

2. Pohon benda

Siapa pun yang ke sana, pasti Babe Ook bilang supaya jangan foto pohon benda. Katanya bisa membahayakan diri sendiri, apalagi kalau fotonya pakai blitz. Yang jelas sih, pohon ini lebih tinggi daripada pohon kembar dan dahannya lumayan banyak. Pohon ini dinamakan pohon benda karena ada beberapa mustika di sana.

Sudah ada beberapa orang yang mencoba untuk mengambil mustika di pohon itu, tapi belum ada yang berhasil. Kata Babe Ook, asalkan kita nggak macam-macam di pohon benda, pasti selamat. Soalnya sudah ada beberapa korban yang meninggal dunia karena berbuat hal-hal aneh di sana. Mungkin aja karena mereka terobsesi sama mustika di pohon itu!

Pas sampai di sana, pegipegi mencium aroma melati yang cukup menyengat di hidung. Yang lain juga merasakan hal yang sama. Sontak itu membuat kami merinding! Naomi juga pernah melihat seorang nenek berdiri pas di depan pohon itu. Tapi, nenek itu terlihat ramah dan nggak menganggu, sih.

Ada teman pegipegi yang sudah merasa diikuti sejak kami jalan menuju ke pohon benda. Dia juga melihat ada sesosok cewek di pohon benda dengan baju yang menjuntai. Di sekitar pohon juga ada beberapa makhluk kecil di antara semak-semak, tapi bukan anak kecil. Entah makhluk apa itu.

3. Makam Keramat

Tempat yang satu ini terdapat makam Syeikh Waliallah Wan Salim yang akrab disapa Habieb Salim. Ia adalah seorang tokoh Islam yang dikagumi di Jakarta, terutama di daerah Jeruk Purut dan beliau meninggal ratusan tahun yang lalu. Nggak cuma beliau yang dikuburkan di sana, tapi keturunan-keturunannya yang masih satu garis.

Makamnya disebut makam keramat karena banyak orang datang ke sana untuk berdoa supaya permintaan mereka dikabulkan. Ada yang minta lulus ujian, ada yang minta pekerjaan, ada yang minta jodoh, dan lain-lain. Jangan-jangan banyak jomlo ngenes (jones) yang berdoa minta dikirimkan jodoh. Hihihi…

Babe Ook bilang, kalau pengin lihat hantu di sekitar makam keramat, cobalah duduk bertiga dekat batu nisan. Niscaya, kamu bakal diberi kesempatan untuk melihat makhlus halus. Ada tiga orang teman pegipegi yang nggak sengaja duduk bertiga di dekat batu nisan. Yang satunya langsung dicolek makhluk halus dan yang satunya lagi kaget lalu terbangun dan nggak sengaja menyenggol batu nisan hingga kakinya sakit. Sakitnya pun berpindah-pindah, mulai dari kaki, bokong, dan kembali lagi ke kaki! Hiii… Kalau kata Naomi, paling besoknya biru-biru kayak abis terbentur.

082712_jeruk5

www.featureweblog.wordpress.com

Gimana, kamu tertarik pengin coba wisata mistis di TPU Jeruk Purut? Daripada cuma main ke rumah hantu yang hantunya bohongan, mending main ke TPU Jeruk Purut aja! Hahaha…

(Visited 2,582 times, 6 visits today)

Comments

To Top