Destinasi

Serunya snorkeling dan diving di Pulau Selayar

Indonesia bagian timur punya banyak destinasi wisata menakjubkan. Termasuk spot wisata bagi travelers yang hobi snorkeling dan diving yang tidak kalah dengan Bali dan Lombok. Sebut saja Pulau Selayar yang terletak di Propinsi Sulawesi Selatan. Birunya laut dan wilayah yang hampir semuanya ‘dikepung’ air membuat banyak potensi wisata yang bisa digali dan dikembangkan. Nah kali ini, Pegipegi mau kasih informasi tentang mantapnya snorkeling dan diving di salah satu pulau eksotis di Indonesia Timur, Pulau Selayar.

Foto 1 Snorkeling dan Diving di Pulau Selayar

Travelers, setibanya di Pulau Selayar, kamu bisa langsung membaca kalau pulau ini terlihat tandus. Memang begitulah landscape-nya, berbatu, kering, dan keras. Biarpun demikian, kamu tidak akan menyesal datang ke pulau ini karena panorama alamnya sangat eksotis. Pasir putih, debur ombak yang bersahabat, hijaunya pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai, dan air laut yang berkilau seperti kristal akan langsung membuatmu takjub.

Bagi masyarakat setempat pulau ini menjadi mutiara yang harus dijaga karena bisa mengundang wisatawan lokal dan mancanegara untuk snorkeling dan diving. Tempat yang cukup populer untuk snorkeling dan diving ada di Selayar Island Resort. Tempat ini juga punya Dive Center yang menawarkan kursus diving bersertifikat. Spot yang ditawarkan sangat menawan. Kalau kamu memang masih amatir di dunia snorkeling, kamu bisa ikut kursus. Namun kalau kamu sudah mahir, kamu akan diajak menuju ke spot menantang yang akan menambah pengalamanmu mengeksplorasi suasana bawah laut di Pulau Selayar.

Di Pulau Selayar ada banyak titik penyelaman yang siap memanjakan dahaga para penikmat panorama bawah laut, yaitu Takabonerate meliputi Rajuni, Tinanja, Tinabo Slope, Belang-belang, Latondu Wall; Pantai Timur Selayar meliputi Desa Wall, Magic Wall 2, Bulo-buloang, Cave Lobster, Seafan Corner; dan Pantai Barat Selayar meliputi Tambolongan Reef, Manta Pont 2, Black Forest, Pasi Reef, Black Ray, Taka Beni, dan Balagnipa.

Foto 2 Snorkeling dan Diving di Pulau Selayar

Tiap titik penyelaman memang unik dan punya karakter berbeda. Misalnya, di pantai bagian barat cenderung landai dengan aneka satwa seperti siput laut dan terkadang hiu melintasi titik penyelaman ini. Sementara di pantai bagian barat banyak dilihat penyu, ikan duyung atau dugong, dan ikan pari raksasa yang sering terlihat pada bulan Juli. Sedangkan di titik penyelaman Takabonerate sangat terkenal dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan koral dengan bentuk dan warna lucu dan menarik.

Spot Takabonerate sendiri adalah salah satu atol terbesar di dunia yang sangat menarik. Kamu tidak perlu punya sertifikat diving, karena hanya dengan snorkeling saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan bawah laut yang tidak kalah dengan yang ada di Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat.

Karena titik penyelaman di Pulau Selayar cukup menantang dan sedikit ekstrim, ada baiknya kamu sudah punya sertifikat penyelaman sehingga kamu bisa beradaptasi dengan kondisi bawah laut di titik penyelaman. Namun buat para pemula, kalian bisa menikmat pesona bawah laut di Pantai Barat Selayar.

Untuk masalah penginapan di Pulau Selayar, kamu jangan khawatir. Di sana ada beberapa tempat yang bisa kamu pilih, seperti Hotel Shafira, Hotel Selayar Beach, Wisma PKK Tanadoang, dan Tinabo Guest House. Fasilitas yang tersedia juga cukup akomodatif. So, untuk masalah ini kamu tidak perlu bingung-bingung lagi. Di sekitar tempat ini juga tinggal masyarakat lokal yang berprofesi sebagai nelayan. Tidak heran kalau disini banyak terlihat perahu-perahu yang dipakai untuk menangkap ikan.

Nah travelers, kalau kamu tertarik untuk snorkeling dan diving, kamu catat tentu saja waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Selayar. Kalau tidak ingin kecewa karena harus berhadapan dengan musim hujan, kamu bisa memilih waktu antara bulan Oktober – November dan bulan Maret – April. Cuaca yang bersahabat dalam bulan-bulan tersebut akan membuat kamu makin maksimal saat snorkeling di Pulau Selayar. Selamat bersenang-senang!

 

Cara termudah mendatangi Pulau Selayar adalah dengan pesawat tujuan Makassar sebelum melanjutkan perlananan melewati Gowa, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng. Penasaran dengan keindahan surga di Sulawesi Selatan ini? Langsung aja yuk pesan tiket pesawat dari Pegipegi!

 

 

(Visited 1,392 times, 3 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top