Destinasi

Serunya rafting di Probolinggo, bikin ketagihan!

Travelers, kamu hobi melakukan aktivitas ekstrim? Entah itu mengeksplorasi gua di perut bumi, mendaki, paralayang, atau bahkan diving. Nah, buat kamu yang ingin menantang adrenalin dengan jenis aktivitas seperti ini, wajib coba songa rafting di Probolinggo, nih. Mau tau seperti apa keseruannya? Pegipegi punya info lengkapnya yang bakalan bikin kamu pengen segera meluncur ke Probolinggo.

Tantangan songa rafting
Untuk ke lokasi songra rafting lokasinya ada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Probolinggo, Jawa Timur. Mata air yang akan disusuri berasal dari gunung Argopuro, sumber utama sungai Pekalen membuat airnya terasa dingin menyegarkan. Dengan kedalaman sekitar 1–3 meter dan lebar sungai mencapai 5–20 meter, petualanganmu di sini bisa bakal makin seru menggunakan dayung karena tantangan di Pekalen Atas berlevel II–III+. Sementara Pekalen Bawah tantangannya lebih mudah dibandingkan dengan Pekalen Atas. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan tingkat kemahiran, tuh.

www.obechadventure.files.wordpress.com

www.obechadventure.files.wordpress.com

Aba-aba yang unik
Siap mengarungi arus sungai yang menegangkan? Sebelumnya, pastikan kamu mengingat baik-baik aba-aba ini, ya! Saat pemandu mengatakan: ‘Mundur’, maka kamu harus mendayung mundur; sebaliknya aba-aba ‘Maju’, berarti mendayung maju; dan ‘Stop’, artinya kamu harus berhenti mendayung. ‘Kanan Mundur’, artinya peserta di sebelah kanan mendayung mundur dan peserta di sebelah kiri tetap mendayung dengan arah maju; sementara ‘Kiri Mundur’, artinya peserta di sebelah kiri mendayung mundur, sedangkan peserta di sebelah kanan tetap mendayung maju.
Beda lagi dengan aba-aba ‘Pindah Kanan/Kiri/Belakang’, itu artinya peserta harus pindah duduk ke arah yang diinstruksikan oleh pemandu; dan ‘Boom’, itu artinya peserta harus duduk di lantai perahu sambil mengangkat dayung ke atas karena itu artinya kamu sedang melewati dinding sungai yang sangat sempit dan jeram yang begitu deras.

www.nurutasri.staff.ub.ac.id

www.nurutasri.staff.ub.ac.id

Nama jeram yang unik
Di songa rafting kamu akan mendengar nama-nama jeram unik yang disebut pemandu. Asal-usul namanya bisa karena beberapa hal tertentu, misalnya sesuai apa yang dirasakan ketika melewati jeram tersebut. Contohnya, jeram ‘Inul’ karena setiap peserta yang melewatinya harus bergoyang ala Inul. Ada lagi jeram bernama Good Bye, Cucak Rowo, Hiu, The Fly Matador, Xtravaganza, Rajawali, Batu Jenggot, Welcome, dan masih banyak lagi. Penasaran dengan asal-usul nama terebut? Jangan lupa tanyakan pada pemandu saat di sana, ya!

wisatamalang.com

wisatamalang.com

Sensasi songa rafting
Sebagai perkiraan saja, waktu yang diperlukan untuk menaklukan rute Pekalen Bawah (panjang 10km) sekitar 2–2,5 jam, sedangkan rute Sungai Pekalen Atas (panjang 12km) selama 3–3,5 jam. Jika biasanya rafting di sungai-sungai lain lebih banyak melewati sawah dan pepohonan, maka saat kamu ikutan songa rafting akan ketemu tujug air terjun menawan, gua-gua yang dihuni kelelawar, serta landscape yang spektakuler.
Di sepanjang rute rafting juga sering terlihat tupai, biawak, monyet, burung kepodang, dan burung elang. Makin komplet, kan, petualanganmu di sini. Apalagi airnya yang begitu jernih dijamin membuat kamu tergoda untuk melompat dan berenang sepuasnya. Apalagi nantinya kamu akan diarahkan ke sebuah spot menarik di tepi air terjun—bisa berenang sepuasnya, deh!
Selain berenang, di tempat peristirahatan ini kamu juga bisa mengganjal perut dengan jamuan lokal yang lezat. Pisang goreng, STMJ (Susu Telor Madu Jahe) dan poka (teh dicampur kayu manis, keningar, dan jahe). Tubuh yang basah dan kedinginan begitu kena makanan dan minuman hangat, pastinya nikmat.

www.bromojavatravel.com

www.bromojavatravel.com

Waktunya bersantai setelah rafting
Puas menerjang arus sungai dan medan jeram, saatnya para peserta beristirahat untuk mengembalikan tenaga, nih. Tentunya bisa saling bertukar cerita bareng peserta yang lain sambal membahas pengalaman tadi. Setelah ganti baju, bukan berarti keseruan di sonya rafting sudah usai, ya. Siap-siap karena kamu akan disuguhkan berbagai macam menu kuliner yang menggugah selera seperti sayur lodeh, urap, tempe, tahu, dan ikan penyet.
Walau badan sudah lelah, tapi ketika ada hidangan menggugah selera di hadapan kamu, tentunya susah ditolak, kan. Makanya, puas-puasin, deh, menikmati hidangan yang sudah disediakan sambil menyeruput es kelapa muda yang menyegarkan tenggorokan.

www.songaadventure.com

www.songaadventure.com

Makin nggak sabar merasakan serunya rafting bersama teman-teman? Yuk, buruan pesan tiket pesawat dan hotel di pegipegi.com sekarang juga! Cuma PegiPegi yang berani jamin harga termurah, lho!

(Visited 441 times, 1 visits today)

Comments

To Top