Event & Festival

Serunya Pacu Jawi, Ajang Adu Cepat Antar Sapi Khas Minangkabau

Provinsi Sumatera Barat nggak cuma dikenal dengan pesona alamnya, lho! Tanah Minangkabau ini juga memiliki sederet tradisi kebudayaan yang unik dan menarik untuk dikulik, salah satunya Pacu Jawi.

Sering dihelat di Kabupaten Tanah Datar, Pacu Jawi adalah ajang adu cepat antar karapan sapi. Perlombaan ini digelar oleh para petani di kawasan Tanah Datar sebagai rasa syukur atas hasil panen yang melimpah ruah.

Helatan Pacu Jawi sangat ditunggu-tunggu para penggilanya. Baik warga lokal maupun turis rela berjejelan di pinggir ladang sawah untuk menyaksikan para petani berlomba, menggeber sapi kesayangan mereka di atas tanah berlumpur.

Nggak main-main, tiap kali Pacu Jawi digelar, ada sekitar 800 sapi yang berpartisipasi. Perlombaannya pun digelar dari pagi hingga sore hari, dengan format sistem gugur untuk mencari pemenangnya.

Banyak orang yang bertanya, apa bedanya Pacu Jawi dengan karapan sapi yang biasa digelar di Pulau Madura? Well, perbedaannya terletak pada venue yang digunakan.

Jika karapan sapi menggunakan tanah yang datar, Pacu Jawi jauh lebih ekstrim, menggunakan sawah yang berlumpur. Sehingga, tampilan Pacu Jawi jauh lebih garang saat diabadikan dalam foto.

Makin menarik, demi menjaga keasliannya, para peserta nggak diperkenankan menggunakan alat-alat dari luar untuk memacu sapinya. Mereka hanya dibekali dengan alat bajak pacu yang biasa digunakan untuk bertani.

Tertarik buat menyaksikan keseruan dari Pacu Jawi?

Tertarik buat menyaksikan keseruan dari Pacu Jawi? Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Padang lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Padang cari hotel murah di Padang

Foto Ilustrasi: Shutterstock

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top