Destinasi

Serunya Memancing di Danau Riam Kanan

phoca_thumb_l_riam_kanan

Apakah ada diantara travelers tercinta yang hobi memancing? Pada kesempatan kali ini Pegipegi akan menghadirkan ulasan tentang salah satu spot memancing terbaik yang perlu kamu kunjungi. Ialah Danau Riam Kanan, yang terletak di Desa Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Alkisah, Danau Riam Kanan adalah waduk buatan yang dibangun dalam jangka waktu 10 tahun dengan membendung aliran 8 sungai yang bermata air dari Pegunungan Meratus. Bendungan yang diresmikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1973 ini dibuat dengan menenggelamkan sekitar 9 desa di areal seluas 9730 hektar.

Kamu bisa mengunjungi Danau Riam Kanan dari Kota Banjarbaru dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi sejauh 25 kilometer. Di sepanjang perjalanan kita akan dihibur oleh pemandangan eksotis berupa bukit-bukit terjal di sisi kanan dan kiri jalan. Persawahan dan perkampungan yang sesekali terlihat di balik rimbunnya pepohonan. Dibandingkan Pulau Jawa, tingkat kepadatan penduduk di Pulau Kalimantan jauh lebih rendah. Jadi jika kamu merupakan penduduk pribumi Pulau Jawa yang telah bosan memandangi riuh rendah dan penuh sesaknya kehidupan kota, kunjungan ke Danau Riam Kanan akan dapat sedikit mengobati kejenuhan kamu.

Sesampainya di lokasi, kamu dapat menyewa perahu klotok (semacam perahu motor) untuk melakukan perjalanan mengelilingi danau, memancing, atau mengunjungi Pulau Pinus yang terletak di tengah Danau Riam Kanan. Harga sewa perahu klotok cukup bervariasi, tergantung dari aktifitas yang hendak kamu lakukan. Jika kamu berniat untuk memancing, harga sewa tentu akan sedikit lebih mahal karena, menurut pengalaman pribadi, kadang kita tidak berhasil mendapat satu ekor ikan pun di satu spot sehingga harus beberapa kali berpindah tempat hingga mendapatkan tangkapan yang memuaskan. Beberapa perahu klotok biasanya dilengkapi dengan ‘fasilitas’ berupa kompor gas kecil dan peralatan memasak. Jadi kamu dapat langsung memasak dan menyantap ikan hasil tangkapan sambil duduk terayun-ayun dalam perahu di tengah danau.

danau riam kanan

Sunyinya suasana, rimbunnya pepohonan, hanya sesekali terdengar suara burung dan tenangnya air membuat waktu seolah berhenti sejenak untuk membiarkan kamu berlama-lama menikmatinya.  Tips dari kami, dianjurkan agar kamu mengunjungi Danau Riam Kanan beserta rombongan maupun keluarga agar menghemat ongkos sewa perahu.

Kuliner khas dari Danau Riam Kanan, tentu saja, adalah berbahan dasar aneka ragam jenis ikan air tawar yang merupakan endemik danau dan mungkin akan jarang kamu jumpai di Pulau Jawa, misalnya ikan patin dan ikan puyau. Kamu bisa mencicipi sajian ikan bakar, salah satu menu yang paling umum ditawarkan sejumlah warung di sekeliling danau. Atau, kamu dapat mencoba masakan daging rusa yang juga merupakan kuliner khas Danau Riam Kanan. Rusa memang termasuk salah satu jenis satwa yang dilindungi, namun binatang ini sengaja diternakkan oleh masyarakat setempat untuk keperluan konsumsi.

Selamat memancing!

(Visited 1,645 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top