Destinasi

Serunya memancing dan pesta ikan segar di Pantai Puger, Jember

Pantai Puger Jember

Plesiran ke Kota Jember, traveler pasti sudah nggak asing dengan Pantai Puger, kan? Tapi apakah kamu tahu pantai ini menyimpan segudang pesona yang bisa membius para pecinta wisata bahari? Mulai dari pemandangan yang ciamik, sampai santapan ikan bakar segar semua ada di sini. Komplet!

Banyak hal yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Pantai Puger, traveler. Selain populer sebagai tempat pelelangan ikan, pantai ini juga unik karena setiap tahunnya digelar sebuah acara ritual oleh nelayan setempat. Mau tahu lebih banyak soal Pantai Puger? Yuk, simak uraian singkatnya berikut ini.

Pantai Puger Jember

 

Lokasi Pantai Puger

Pantai Puger ini termasuk destinasi wisata populer yang ada di Jember, traveler. Karena itu, pantai ini kerap ramai dikunjungi wisatawan, nggak hanya saat musim liburan tapi juga di hari-hari biasa. Menemukan Pantai Puger juga tak terlalu susah. Terletak di jarak 36 kilometer dari pusat kota Jember, Pantai Puger bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Waktu tempuhnya pun tidak lama, cuma butuh 30 menit dari pusat kota.

Nah, bagi traveler yang penasaran dengan pesona Pantai Puger, kamu bisa memacu kendaraan dari Jember ke arah barat menuju pertigaan Rambipuji. Dari sana, kamu melanjutkan perjalanan ke jalur kiri menuju Balung untuk kemudian mengikuti arah selatan sampai tiba di Pantai Puger. Setibanya di Pantai Puger, hembusan angin khas pantai bisa kamu rasakan, traveler. Seporsi ikan bakar segar sudah menanti, yang bisa dinikmati sambil menikmati pemandangan yang luar biasa.

 

Wisata Pantai Puger

Karena sudah populer dan lokasinya mudah dijangkau, kamu nggak perlu khawatir ‘mati gaya’ saat mengunjungi Pantai Puger, traveler. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, tak peduli kapan waktu kedatangan traveler.

Kalau kamu kebetulan datang di pagi hari, kepulangan nelayan sambil membawa hasil tangkapan mereka di laut menjadi pemandangan biasa di Pantai Puger. Kamu bisa membeli ikan-ikan segar langsung dari nelayan, tentu dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika membelinya ke tempat pelelangan ikan Puger, traveler. Tapi kalau mau mendapatkan ikan dengan cara yang lebih menantang, kamu bisa memancing sendiri di tengah Pantai Puger dengan menggunakan kano yang disewa dari nelayan. Opsi lainnya, kamu dapat menaiki karang-karang besar sebagai pijakan untuk memancing. Ikan segar sudah dapat, saatnya disantap dengan berbagai olahan. Ikan bakar bisa menjadi pilihan untuk menemani traveler memandang laut lepas sambil ditemani semilir angin Pantai Puger.

Warna-warni perahu tradisional khas Madura membuat pemandangan Pantai Puger makin cantik, travelers. Nggak jarang deretan perahu ini menjadi view menarik untuk dijadikan objek foto para wisatawan. Menjelang siang, teriknya panas matahari sama sekali tak mengurangi keindahan Pantai Puger. Oiya, Pantai Puger juga memiliki ombak yang lumayan besar, khas pantai Selatan lainnya. Kamu mesti hati-hati jika berniat berenang di pantai ini. Tapi di sisi lain, dengan tipe ombak seperti ini, Pantai Puger jadi tempat favorit para peselancar. Bahkan pada 2008 lalu, sempat digelar pameran surfing tingkat internasional bertajuk Puger International Surf Exhibition, traveler.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pantai Puger juga jadi tempat digelarnya upacara adat yang disebut Larung Sesaji, yaitu membuang nasi tumpeng ke laut sebagai tanda ungkapan syukur para nelayan kepada Sang Pencipta serta harapan kelancaran rezeki.

Setelah puas berkeliling di Pantai Puger, traveler bisa sekalian mampir ke Pantai Kucur yang lokasinya memang berdekatan. Kamu bisa menggunakan sampan untuk menuju ke pantai yang terkenal dengan kawanan kera merah. Konon, traveler dilarang mengganggu mereka apalagi sampai menyakiti, jika tak mau terkena bencana.

Tunggu apa lagi, travelers? Yuk, jelajahi Pantai Puger.

 

 

(Visited 998 times, 1 visits today)

Comments

To Top