Destinasi

Serunya Kegiatan Outbond di Air Terjun Batu Mentas, Belitung

Hiburan alam di Pulau Belitung bukan hanya pantai, lho. Tapi, kamu juga bisa ngadem dengan main ke air terjun, yaitu di Air Terjun Batu Mentas yang berada di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat. Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan 30 menit berkendara dari Tanjung Pandan atau 55 menit dari Kota Manggar, Belitung Timur.

Akses menuju ke sana memang sederhana, karena sebagian jalannya masih dilapisi tanah merah, tapi kamu akan kagum dengan keindahan alamnya begitu sampai di sana. Selain menawarkan wisata alam, Batu Mentas juga merupakan penangkaran salah satu hewan terlangka di dunia, yaitu Tarsius Bancanus Saltator atau Pelilean, primata berukuran sekepalan tangan dan matanya sangat indah. Biasanya muncul di balik dahan pohon. Juga ada Rusa Belitung yang hampir punah.

Aliran sungai di Air Terjun Batu Mentas sangat jernih dan dikelilingi ribuan batu granit yang mirip dengan batuan di Pantai Tanjung Tinggi. Saking jernihnya air di sana, kamu bisa melihat ikan jenis air tawar dengan jelas di dalamnya.

Sebenarnya kalau dikategorikan air terjun, Batu Mentas bukan termasuk air terjun, namun dikarenakan banyaknya batuan granit yang bertumpuk tumpuk secara acak, bentuknya menjadi mirip air terjun. Karena arusnya cukup besar, Air Terjun Batu Mentas cocok banget untuk memicu adrenalin. Di sana suka dijadikan tempat main arung jeram, flying fox, juga jaring laba-laba.

Pengin main ke Batu Mentas? Yuk, rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Belitung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke belitung  cari hotel murah di belitung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top