Berita

Sering Cium Aroma Makanan Saat Tidur? Ini Dia Jawabannya!

Pernah mencium makanan saat tertidur pulas? Kalau itu, itu tandanya, kamu kurang tidur, lho! Percaya nggak percaya, otak kita jauh lebih sensitif terhadap aroma makanan meski secara tubuh kita sangatlah lelah, bahkan saat tertidur pulas.

Kebanyakan orang yang hidup di kota metropolitan memiliki kecenderungan untuk nggak tidur tepat waktu. Aktivitas yang padat terkadang memaksa mereka untuk terus bekerja hingga larut, mengabaikan kondisi tubuh yang sudah mulai lelah.

Foto: sleepschool

Alhasil, cara makan kita pun jadi berantakan. Yang biasa makan malam jam tujuh, bisa jam sembilan. Atau yang biasa makan siang jam sebelas, jadi jam dua.

Adalah para peneliti dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Chicago yang sukses menemukan fakta mengenai hal tersebut. Dalam laporannya yang dikutip dari sciencenews, menjelaskan bahwa otak melakukan pekerjaan yang cukup berat terhadap aroma makanan saat tubuh mengalami kelelahan.

Bahaya Obesitas

Hal ini ditujukkan dari sebuah eksperimen di sebuah laboraturium terhadap beberapa orang dewasa. Mereka hanya dikasih waktu empat jam untuk tidur di bawah potato chip dan roti gulung serta beberapa aroma non makanan. Eksperimen tersebut diulang beberapa minggu kemudian dengan durasi tidur yang lebih lama, delapan jam.

New research has linked sleep deprivation to unhealthy food choice.Columbia News Service story by Erica Rosenberg

Foto: calgaryherald

Hasilnya? otak mereka mampu merespon aroma makanan lebih tajam ketimbang aroma non makanan yang juga disediakan. Menurut salah satu peneliti, Surabhi Bhutani, ketika lelah, otak manusia melakukan aktivitas yang cukup padat di dua area, korteks piriform dan korteks orbitofrontal yang melibatkan sistem penciuman.

Nggak mengherankan sih kalau orang yang suka begadang, lebih memiliki resiko cepat lapar hingga obesitas. Lantaran, respon otak terhadap makanan menjadi nggak terbatas. Jadi, buat kamu yang lagi dalam proses diet dan nggak mau gagal, sangat dianjurkan untuk tidur tepat waktu deh.

Bagaimana cara menghindarinya? Respon otak memang nggak bisa kita atur. Namun, kita bisa kok memperbaiki pola makan kita lebih teratur dengan jam tidur yang juga lebih rapi lagi.

Nggak mau kan, malam-malam mimpi makan bakso pas bangun sudah abis sepuluh mangkok?

Foto utama: dietdetective

Dari pada galau mikirin makanan saat tidur, mending travelling yuk! Supaya bujet liburan kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi buat travelling!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 24 times, 1 visits today)

Comments

To Top