Berita

Sering Burket? Itu Tandanya Kamu Sehat!

“Ih, kok kamu burket, sih!” Kadang, mendengar komentar tersebut terlontar dari orang terdekat bikin sakit hati.

Burket (bubur ketek) atau ketiak basah terkadang bikin dilemma yang luar biasa. Penampilan sekasual dan senecis apapun, kalau muncul burket di kedua ketiak, bakal terlihat memalukan!

Apalagi, kalau kamu adalah penggiat aktivitas yang lumayan berat. Mondar-mandir keluar kantor, terkena sinar matahari sudah pasti menimbulkan burket di kedua ketiak.

Tapi, nggak selamanya burket itu negatif, lho! Mungkin secara penampilan, bikin kamu terlihat buruk di depan banyak orang. Tetapi, secara medis, burket menunjukkan kalau kamu itu manusia yang sehat.

Pengaruh Aprokin

Keseimbangan metabolisme dalam tubuh bisa diukur dari seberapa sering kamu berkeringat. Hal ini disebabkan dengan hadirnya kelenjar aprokin yang bertugas memproduksi keringat.

Foto: facecaretalks

Ketika bekerja, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan yang mengandung protein dan asam lemak. Kedua zat tersebut bakal menimbulkan warna kuning yang biasanya menempel di sisi dalam lengan pakaian.

Pada orang sehat, kelenjar apokrin bakal terus memproduksi keringat tiap kali ia mengeluarkan gerakan, baik ringan maupun berat. Sedangkan pada orang yang mengalami gangguan metabolisme, keringat bakal jarang terlihat, bahkan saat ia berjalan kaki di bawah terik matahari.

Hindari Sintetis

Anyway, burket memang nggak bisa dihindari kok. Namun, kamu dapat mengatasinya dengan cara berpenampilan.

Usahakan, tiap hari, kamu mengenakan pakaian dari bahan katun karena memiliki serat yang dapat membuat kulit terjaga dari bakteri penyebab bau akibat keringat.

Jika kamu mengenakan pakaian dengan bahan sintetis seperti poliester maupun nilon, mustahil keringat kamu diserap baik oleh pakaian.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai macam sayuran untuk mengatasi burket yang berlebih. Tujuannya, agar sang burket nggak menimbulkan bau yang nggak sedap.

Gunakan juga pakaian berwarna putih yang dapat menetralisir penampakan burket, biar tetap pede!

Foto utama: healthambition

Daripada pusing mikirin burket, mending liburan! Rencanakan liburan kamu selanjutnya. Tenang buat akomodasi, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 112 times, 1 visits today)

Comments

To Top