Tips

Serba-Serbi Virus Corona dan Tips Ampuh Untuk Mencegahnya

Dunia tengah digemparkan dengan wabah virus Corona. Yap, virus yang mematikan ini sudah menjangkit ribuan orang dan menelan puluhan korban jiwa di kota Wuhan, China.

Nggak cuma di China, virus Corona juga dilaporkan menjangkit beberapa orang di Vietnam, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Singapura, hingga Amerika Serikat. Beberapa di antaranya baru pulang traveling dari China.

Langkah ekstrim, seperti mengisolasi kota Wuhan dan Huanggang dilakukan oleh Pemerintah China untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona. Bahkan, semua penerbangan dan perjalanan menuju Wuhan dihentikan untuk sementara waktu.

Virus yang memiliki nama resmi novel coronavirus (nCoV) sangat berbahaya karena dapat bermutasi sekitar sejuta kali lebih cepat ketimbang virus DNA. Virus ini pun yang sempat menyebabkan wabah penyakit SARS dan MERS yang melanda dunia pada 2003 silam.

Meski belum dapat dipastikan, para peneliti menduga virus ini berasal dari hewan liar yang dijual di beberapa pasar basah kota Wuhan. Sebut saja seperti kelelawar, ular, musang hingga ayam sekalipun.

Orang yang terpapar virus Corona akan mengalami beberapa gejala umum, mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Jika nggak segera ditangani, kematian adalah konsekuensi paling fatal.

Dan, sebagai usaha preventif, Pegipegi punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Simak, yuk!

Soal Hewan Liar

Hewan liar seperti kelelawar, burung, monyet, ayam, sapi, hingga tikus adalah medium yang sebenarnya disasar oleh virus Corona. Namun, konsumsi hewan secara bebas yang menyebabkan virus ini menyerang manusia. Jadi, pastikan kamu nggak melakukan kontak fisik langsung dengan hewan-hewan liar jika sedang liburan di luar negeri.

Selain itu, hindari kunjungan ke pasar basah atau peternakan di negara atau tempat yang memiliki potensi penyebaran virus tersebut.

Hindari Kontak Fisik dengan Pasien ISPA

Jika kamu merasa melihat tanda-tanda virus Corona di orang terdekat, hindari kontak fisik dengannya. Kalau perlu, kamu kenakan masker dan sarung tangan jika harus membantu dia.

Jaga Kebersihan Tangan

Sentuhan fisik menjadi salah satu cara virus Corona menyebar. Sehingga, kebersihan tangan wajib banget dijaga.

Nah, sebelum memegang wajah, pastikan kamu membersihkan tangan dengan cara dicuci. Gunakan sabun cair atau alkohol dengan kadar 70 persen untuk mencucinya. Setelah itu, jangan lupa dikeringkan.

Pentingnya Masker

Masker memegang peran penting dalam mencegah penyebaran virus Corona. Dengan masker, udara yang akan masuk ke dalam tubuh bakal tersaring. Masker juga berguna jika kamu tengah mengidap batuk atau pilek.

Nah, cara pakainnya pun nggak bisa sembarang. Pastikan sisi dalam masker yang berwarna putih kamu kenakan untuk menutupi bagian mulut dan hidung.

Selektif Memilih Makanan

Munculnya Virus Corona disebabkan oleh konsumsi hewan liar seperti kelelawar, burung, monyet, ayam, sapi, hingga tikus. yang nggak steril. Oleh karena itu, kamu wajib selektif memilih makanan. Mulai dari jenis makanan yang disantap, cara pengolahannya hingga tingkat kebersihan tempatnya.

Tutup Hidung jika Batuk atau Bersin

Karena penyebarannya melalui kontak langsung, ini adalah cara yang ampuh untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Jika kamu sedang batuk atau bersin, tutup hidung dan mulut kamu.

Langsung ke Rumah Sakit

Jika kamu mengalami gejala seperti demam, batuk dan disertai oleh sulit bernafas, segera pergi ke rumah sakit terdekat. Jangan didiamkan begitu saja karena virus Corona mudah menyebar.

Sudah tahu tipsnya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top