Berita

Serba-Serbi Power Bank, Teman Setia Smartphone Selama Traveling

Gadget habis baterai saat traveling? Pasti bikin sebal! Apalagi gadgetnya berupa smartphone atau kamera yang punya peran krusial bikin liburan kamu seru.

Tapi, tenang! Karena dengan hadirnya power bank, kamu nggak perlu ribet mencari colokan buat charging gadget. Dengan kapasitas yang besar, power bank dapat menjadi sumber energi cadangan jika gadget kamu kehabisan baterai.

Diperkenalkan pada 2001, power bank merupakan karya seorang mahasiswa di Amerika Serikat yang melakukan eksperimen menghubungkan baterai AA dengan sirkuit pengendali. Teknologi tersebut pun dipamerkan pertama kali pada Las Vegas International Consumer Electronics Show 2001 yang langsung menyita perhatian banyak perusahaan elektronik.

Mulai dari Huaqi, Aigo hingga Aytone berlomba-lomba menciptakan produk power bank untuk dikonsumsi masyarakat dunia. Pamor power bank pun mulai terasa makin besar saat beberapa smartphone mulai masuk ke pasar dunia pada 2006 lewat Blackberry dan Apple.

Kehadiran power bank dirasa sangat penting untuk mengatasi komplain konsumer soal daya tahan smartphone. Maklum, smartphone di era tersebut masih meiliki daya baterai kecil dengan kinerja yang cukup berat seperti yang dialami oleh pengguna iPhone pertama.

Seiring dengan perkembangan teknologi, power bank mengalami banyak perubahan bentuk. Jika di awal bentuknya besar banget, kini power bank bisa kamu bawa bahkan disimpan dalam kantung celana.

Soal dayanya pun bertambah besar. Jika dulu power bank yang memiliki baterai dengan tampungan daya 500 Mah, kini sudah ada power bank yang mampu menyimpan daya sebesar 20,000 Mah, lho! Apalagi dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti fast charging hingga Wi-Fi!

Nah, biar makin lengkap informasinya, Pegipegi punya beberapa fakta menarik soal power bank. Simak di bawah ini, yuk!

Angka Daya Bukan yang Sebenarnya

Setiap power bank dimodali baterai lithium-ION dengan kapasitas tertentu. Kadang, kita tergiur dengan angka yang ditawarkan, mulai dari 8000 mah hingga 20,000 Mah. Padahal, daya yang dihasilkan nggak sebesar itu, lho.

Contohnya, jika kamu punya power bank berkapaasitas 10,000 mAh, bukan berarti kamu bisa mengisi smartphone kamu berdaya 2000 mAh sebanyak 5x. Karena setiap aktivitas recharging gadget, powerbank kehilangan daya bersih 10-20 persen. Jadi, jangan pernah berpatokan dengan angka daya yang tertera di powerbank tersebut ya.

Soal Fast Charging

Dengan hadirnya power bank, kamu selalu berharap agar smartphone atau gadget kamu bakal terisi penuh dengan cepat. Nyatanya, nggak semudah itu. Apalagi kalau kamu sering merasa butuh waktu seharian buat power bank mengisi penuh satu smartphone saja.

Ada banyak alasan sih. Cuma yang jelas, kamu harus memastikan bahwa kedua device, baik power bank dan smartphone kamu mendukung fitur fast charging. Karena, jika salah satu nggak mendukung fitur tersebut, fast charging nggak bakal pernah terjadi.

Power Bank Punya Siklus Hidup

Layaknya manusia, power bank memiliki siklus hidup pada baterai lithium-nya. Pada umumnya, power bank punya jatah 500 full charge cycles. Itu artinya, kamu bisa menikmati daya maksimal charging gadget sampai penuh selama 500 kali sebelum baterai di power bank mulai kehilangan daya.

Bisa Jadi Teman dan Musuh

Power bank sudah pasti punya banyak sekali kegunaannya. Nggak heran, kita kerap menjadikan power bank sebagai “teman abadi” buat smartphone.

Tapi, jangan terlena dulu. Karena, nggak semua power bank bisa jadi teman yang baik, lho. Apalagi ada banyak kasus kecelakaan yang melibatkan power bank. Rata-rata disebabkan oleh power bank yang meledak secara tiba-tiba.

Ada banyak faktor, sih. Cuma yang pasti, kamu harus memperhatikan siklus hidup power bank milik kamu. Jika dirasa sudah kehilangan energi, ya jangan dipaksakan untuk melakukan aktivitas charging berlebihan.

Selain itu, build quality power bank juga punya peran krusial terhadap tingkat keamanan penggunaan power bank. Jadi, pastikan power bank yang kamu miliki harus punya sertifikat UL LLC.

Sudah tahu tipsnya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesanย tiket pesawat,ย tiket kereta api, danย hotel murahย di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top