Berita

Serba-Serbi Perluasan Aturan Ganjil-Genap di Jakarta

Aturan Ganjil-Genap mengalami perluasan. Mulai Senin, (2/7), sejumlah jalan utama di Jakarta mendapatkan jatah pembatasan kendaraan roda empat.

Jika sebelumnya ruas utama seperti Sudirman-Thamrin, Medan Merdeka Barat, Gatot Subroto, kini ada M.T Haryono, Benyamin Sueb, Rasuna Said dan Ahmad Yani yang terkena perluasan. Ruas Metro Pondok Indah dari Simpang Kartini hingga Kebayoran Lama nggak luput dari sistem lalu lints ini.

Perhelatan Asian Games 2018 menjadi alasan penerapan perluasan Ganjil-Genap di sejumlah ruas jalan Jakarta. Rencananya, Ganjil-Genap di sembilan wilayah tersebut akan mulai diterapkan pada pukul 06.00-21.00 dari Senin sampai Minggu. Namun, selama ujicoba, Ganjil-Genap dibagi dua tahap, pukul 06.00-10.00 dan pukul 17.00-20.00.

Perluasan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan saat Asian Games 2018 digelar pada Agustus mendatang. Berikut empat titik baru perluasan Ganjil-Genap:

1. Jalan S Parman – Jalan Gatot Subroto – Jalan MT Haryono – Jalan DI Panjaitan – Jalan A. Yani-Simpang Coca Cola atau Jalan Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih.

2. Arteri Pondok Indah yang dimulai dari Simpang Kartini hingga Simpang Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

4. Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rute Alternatif

Meski demikian, Dinas Perhubungan – Provinsi DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah memetakan sejumlah rute alternatif yang dapat digunakan oleh para pengemudi.

Dibagi ke dalam empat wilayah, para pengemudi dianjurkan menggunakan rute alternatif tersebut untuk menghindari kawasan padat Ganjil-Genap. Rute alternatifnya antara lain seperti yang dilansir Kompas.com.

Timur

Pengendara dari arah timur Pengendara dari arah timur dapat melalui Jalan Perintis Kemerdekaan, Pulo Gadung, Jakarta Timur dilanjutkan ke arah Jalan Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Setelah itu dapat melaju menuju Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat menuju Jalan Matraman, Jakarta Timur. Sedangkan yang melalui akses jalan Tol Cikampek dapat melalui Jalan Sutoyo, Jakarta Timur. Dari Jalan Sutoyo pengendara dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur dan seterusnya.

Selatan

Pengendara dari arah selatan Pengendara dari arah selatan dapat melalui Jalan Warung Jati Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menuju Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu. Dari sana pengendara dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalan Soepomo menuju Jalan Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan dan seterusnya. Sedangkan pengendara yang melalui Jalan RA Kartini, Jakarta Selatan dapat melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Ciputat Raya, Pondok Pinang, Jakarta Selatan dan seterusnya.

Utara

Pengendara dari arah utara Pengendara dari wilayah Jakarta Utara dapat melalui Jalan RE Martadinata menuju Jalan Danau Sunter Barat. Dilanjutkan ke arah Jalan HBR Motik ke arah Jalan Gunung Sahari dan selanjutnya.

Barat

Pengendara dari arah barat Pengendara yang datang dari Jalan S Parman, Jakarta Barat dapat melalui Jalan Tomang Raya, ke arah Jalan Surya Pranoto, Jakarta Pusat atau Jalan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat dan seterusnya.

Dinas Perhubungan – Provinsi DKI Jakarta pun sudah bekerjasama dengan aplikasi Waze untuk pantauan rute Ganjil-Genap. Sehingga, para pengemudi kendaraan beroda empat atau lebih dapat menghindari kawasan tersebut.

Agar bujet liburan kamu ke Jakarta terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto utama: Sciencemagz

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top