Destinasi

Sepiring Pisang Epe dan senja di Pantai Losari

Screenshot 2015-06-25 11.25.45

Pantai Losari sudah lama jadi primadona wisatawan lokal dan mancanegara. Bisa dibilang nggak afdol kalau tidak mampir ke pantai cantik ini jika liburan ke Makassar. Saking populernya, banyak foto Pantai Losari yang nampang di internet dan media sosial yang dijepret dari berbagai sudut. Kalau kamu pernah datang dan ingin bernostalgia lagi, nggak ada salahnya kok untuk kembali menyisir kecantikan Pantai Losari sambil melihat perubahannya yang semakin elegan.

Pantai Losari

foto: http://www.jayanjayan.com

Sejarah Pantai Losari

Sejarah Pantai Losari Makassar sebenarnya masih menjadi teka-teki dan tidak mudah untuk diungkap. Hanya saja, sebelum populer seperti sekarang, masyarakat setempat lebih mengenal Losari sebagai Pasar Ikan. Ini sangat mudah dipahami mengingat kawasan tersebut merupakan area pantai dengan banyak nelayan sehingga sejumlah pedagang terlihat berjualan di sana. Kalau di pagi hari, kawasan Losari dijadikan tempat untuk menjual ikan sedangkan kalau sore hari warga lokal sering memenuhi area di sekitar Losari untuk berjualan pisang epe, kacang godok, atau makanan khas Makassar lain.

Pembangunan untuk mempercantik Losari pun terus dilakukan dengan membangun Penghibur, yaitu jalan besar yang difungsikan untuk melindungi berbagai tempat penting dan strategis dari ganasnya ombak yang datang dari pantai mengingat posisi Losari langsung menghadap ke laut. Dengan menggunakan lantai dasar beton yang panjangnya lebih dari 900 meter, suasana di sekitar Losari pun lebih rapi. Berbagai fasilitas infrastruktur pun terus ditambah untuk mempercantik Pantai Losari hingga kini.

Karena lokasi Pantai Losari yang dekat dengan kota, tidak heran kalau pembangunan di sekitarnya pun tumbuh begitu pesat. So kalau kamu datang, mudah sekali menemukan hotel berbintang, restoran cepat saji, gedung perkantoran, dan juga penjaja makanan tradisional ala Makassar. Apalagi kalau bukan pisang epe.

Pisang Epe dan Pantai Losari

Pisang Epe

foto: http://makassartoday.com

Travelers, ada satu pepatah yang begitu terkenal tentang pantai ini, ‘Datang ke Pantai Losari ya harus menyantap pisang epe, dan pisang epe itu ya Pantai Losari’. Slogan ini sudah begitu populer, jadi kalau kamu punya kesempatan datang ke Pantai Losari, jangan lewatkan untuk menyantap camilan ringan yang satu ini ya. Dijamin kamu bakalan terlena dan ingin mencobanya lagi.

Pisang epe sendiri adalah panganan ringan yang biasanya dibuat dari pisang kepok setengah matang. Untuk menyajikannya, penjual akan membakar pisang kepok setengah matang, lalu dibakar kembali setelah dijepit dan dipipihkan. Proses pembakaran yang dilakukan 2 kali ini menghasilkan tekstur pisang yang gurih dan lembut. Saat disajikan, kamu bisa pilih beberapa varian rasa yang sudah umum, rasa original yang hanya dituang air gula merah, rasa keju dengan parutan keju, rasa coklat dengan siraman susu coklat, atau rasa durian dengan diberi siraman vla durian.

Bagaimana? Sudah kebayang ‘kan enaknya? Nggak heran kalau banyak ‘pecandu’ pisang epe dari berbagai daerah yang sengaja datang ke Pantai Losari karena kangen dengan rasanya yang unik. Untuk harga juga nggak mahal-mahal amat kok. Kamu cukup merogoh kocek antara Rp6.000* – Rp8.000* per porsi tergantung dari varian rasa yang kamu pesan.

Rasa pisang epe makin mantap kalau kamu memesannya di sore hari sambil menatap cantiknya sunset di Pantai Losari. Memang benar kalau spot ini makin meriah di sore hari karena suasananya makin romantis dan eksotis mengingat gambar di atas langit terlihat begitu indah. So kalau kamu pengin merasakan lezatnya pisang epe sambil ditemani sunset, kamu disarankan datang di sore hari sekitar pukul 15.00. Jangan khawatir, biasanya yang jualan pisang epe buka mulai pukul 16.00 sampai 24.00. Sambil menunggu penjual menyiapkan bahan, kamu bisa mengeksplorasi kawasan di sekitar Pantai Losari atau ‘mejeng’ dan foto-foto di sekitar tulisan LOSARI.

Bagaimana travelers? Siap untuk meluncur ke Pantai Losari Makassar? Jangan lupa pisang epe-nya ya. Dan satu lagi, siapkan dulu tiket pesawat dan pesan hotel di Makassar lewat Pegipegi.com. Selamat menikmati.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 417 times, 1 visits today)

Comments

To Top