Berita

Seperti Inilah Rangkaian Acara Sederhana Ultah Jakarta ke-489!

Hari ini, 22 Juni 2016, Jakarta genap berusia 489 tahun. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan bahwa perayaan ulang tahun Jakarta kali ini nggak bakal ada banyak festival atau perayaan. Menurutnya, acara peringatan haruslah substansif dan nggak menghambur-hamburkan dana. Jadi, pada perayaan ulang tahun kali ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih banyak melakukan peluncuran program daripada menggelar festival.

“Saya pikir, yang penting substansi aja. Ngapain bikin festival-festival begitu. Substansinya kan kita bisa groundbreaking LRT (light rail transit) dan memperkenalkan sistem aplikasi kita, itu yang penting,” kata Ahok.

LRT adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus yang disebut tram. LRT banyak digunakan di berbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi. Sehingga, dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, dan penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai low floor LRT bisa digunakan untuk mempermudah naik turun penumpang.

Kebijakan ini jelas berbeda dengan perayaan ulang tahun Jakarta tahun lalu, di mana Ahok menggelar Jakarnaval di Monumen Nasional (Monas) yang menjadi pusat hiburan Jakarta dan dihadiri ribuan warga. Sebagai gantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar sejumlah perayaan di Balai Kota DKI.

ultah jakarta

http://megapolitan.kompas.com/

Acara yang harus diikuti Ahok dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat hari ini terbilang padat. Rangkaian acara sudah dimulai sejak pukul 07.30 hingga 20.30 WIB nanti. Acara dimulai dengan upacara peringatan HUT ke-489 DKI Jakarta di Silang Monas Selatan pada pukul 07.30. Selesai upacara, Ahok dan Djarot meletakkan batu pertama pada pembangunan LRT, arena equestrian (pacuan kuda), dan velodrom (balap sepeda) di Rawamangun, Jakarta Timur pukul 10.00. Ketiga proyek itu rencananya untuk memenuhi kebutuhan Asian Games 2018.

Pukul 13.30, Ahok akan meresmikan sejumlah sistem online, yakni E-Samsat, E-Pajak, E-Ticketing Museum, Jakarta Smart City, pelayanan akta kelahiran terintegrasi RSUD, serta penandatanganan perjanjian kerjasama dengan 13 bank. Pukul 15.30, Ahok bersama Djarot akan mengikuti rapat paripurna istimewa HUT ke-489 DKI Jakarta. Dalam rapat paripurna HUT DKI tersebut, pimpinan DPRD DKI Jakarta biasanya akan menyampaikan beberapa catatan terkait pencapaian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama setahun.

Ahok juga akan menghadiri peringatan Malam Nuzulul Quran di Balai Kota pada pukul 17.00. Kemudian, Ahok akan mengikuti malam resepsi di Balai Agung pada pukul 19.00. Malam resepsi tersebut merupakan acara makan malam dengan para duta besar, pejabat DKI Jakarta, dan tamu undangan lainnya. Selanjutnya, Ahok akan membuka acara Special Call YE489J dan pemberitahuan QSL card pada anggota Amatir Radio pada pukul 20.00 WIB. Kegiatan Ahok diakhiri pada pukul 20.30 di halaman Balai Kota DKI Jakarta.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Menurut pegipegi, kebijakan yang dilakukan oleh Ahok sangat berguna untuk Jakarta ke depannya. Pastinya, travelers juga ingin supaya Jakarta jadi lebih baik dari hari ke hari, kan? Untuk merayakan ulang tahun Jakarta, kamu bisa merayakan dengan menginap di hotel-hotel Jakarta. pegipegi punya banyak pilihan hotel murah di Jakarta yang harganya mulai dari Rp 90 ribuan aja! Yuk langsung pesan lewat pegipegi.com! Selamat ulang tahun Jakarta!

cari hotel murah di jakarta

 

 

(Visited 675 times, 1 visits today)

Comments

To Top