Event & Festival

Selamat Hari Kopi Sedunia untuk Travelers Pecinta Kopi!

1 Oktober bukan hanya dikenal sebagai Hari Kesaktian Pancasila, tapi juga Hari Kopi Sedunia. Tentunya, Hari Kopi Sedunia adalah hari yang dinanti-nantikan oleh para pecinta kopi, karena di hari itu banyak gerai kopi yang menawarkan diskon spesial. Selain itu, bakal banyak festival kopi yang meramaikan momen tersebut.

Diresmikan pertama kali pada 1 Oktober 2015

hari-kopi-sedunia

foto: www.kemenperin.go.id

Awalnya, setiap negara punya tanggal sendiri untuk memeringati Hari Kopi. Biasanya, sebagian besar negara melangsungkan Hari Kopi pada tanggal 29 September. Tapi, Internasional Coffee Organization membuat kesepakatan untuk memeringati Hari Kopi Sedunia yang pertama tanggal 1 Oktober 2015 di Milan. Indonesia juga turut ambil bagian dalam event tersebut. Tanggal 3 Oktober 2015 kemarin, Asosiasi Kopi Tanah Karo (AKTK) menyelenggarakan Festival Kopi Rakyat Tanah Karo. Acara berlangsung dengan membagikan kopi gratis, workshop soal penyeduhan kopi, hingga pertunjukan tarian.

Bakal menggelar Jakarta Coffee Week 2016

festival-kopi

foto: life.viva.co.id

Tahun ini, Jakarta nggak ingin ketinggalan untuk memeriahkan Hari Kopi Sedunia. Apalagi, sebagian besar penduduk Jakarta adalah para pecinta kopi yang suka menghabiskan waktu untuk mengunjungi gerai kopi, menikmati kopi sambil nongkrong bersama orang terdekat, dan share foto kopi di media sosial. Adanya tren ini membuat ABCD School of Coffee bersama Hype Project menggelar Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2016 tanggal 15 – 16 Oktober di Hype Project, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dari pukul 11 pagi hingga 8 malam. Tiket masuknya hanya Rp 10 ribu aja, travelers!

kopi

foto: majalah.ottencoffee.co.id

Jacoweek 2016 bakal menampilkan sekitar 90 tenant kopi. 70-75% dari keseluruhan tenant tersebut menjual biji kopi, sekaligus mesin atau peralatan untuk membuat kopi. Sisanya adalah tenant yang menyediakan peralatan untuk menjual kopi, misal mesin kasir hingga baju barista. Pengunjung yang datang ke Jacoweek 2016 mempunyai kesempat untuk mencicipi kopi dari beberapa tenant. Juga ada workshop roasting biji kopi dan cokelat. Wah, berguna banget, ya, untuk kamu yang tertarik di bisnis kopi!

Bahkan, di Jacoweek 2016 ada dua kompetisi kopi berskala besar. Kompetisi pertama adalah ABCD Latte Art Showndown 2016 yang melibatkan lebih dari 60 latte artist dari seluruh Indonesia. Kompetisi kedua adalah Battle of Brewers, yaitu kompetisi menyeduh kopi secara manual menggunakan coffee dripper V60 yang diikuti lebih dari 80 ahli seduh kopi se-Indonesia. Para pemenang bakal dikirim ke Seoul, Korea Selatan bulan November 2016 untuk mengikuti Seoul International Coffee Show.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Buat para pecinta kopi, pastinya kamu wajib banget untuk datang ke Jacoweek 2016! Untuk kamu yang berada di luar Jakarta, masih ada waktu lho untuk pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta lewat pegipegi. Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Jakarta, ya! Selamat Hari Kopi Sedunia, travelers!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di jakarta

 

 

 

 

(Visited 2,389 times, 2 visits today)

Comments

To Top