Tips

Selain Segar, Air Kelapa Punya 7 Manfaat Penting Bagi Kesehatan

Siapa sih yang nggak suka dengan es kelapa. Di bawah terik matahari pada siang hari, segelas es kelapa muda siap melepaskan dahaga kamu yang tengah beraktivitas.

Nah, air kelapa nggak cuma segar, lho. Berbagai zat yang terkandung dalam air kelapa ternyata memiliki banyak sekali khasiat buat kesehatan tubuh.

Yang paling ketara sih soal penuaan dini. Jika kamu mengonsumsi rutin air kelapa, asam laurat dan sitokin di dalamnya bakal mencegah penuaan dini pada tubuh.

Nggak heran, selebritis seperti Julia Roberts rajin menegak air kelapa untuk menjaga kecantikan. Bagaimana dengan kamu?

Sebagai referensi, Pegipegi punya 7 khasiat air kelapa bagi kesehatan tubuh kamu. Apa saja? Simak, yuk!

1. Atasi Batu Ginjal

Jika kamu memiliki riwayat batu ginjal, air kelapa bisa jadi jawabannya. Air kelapa tersendiri mengandung kalium yang punya peran penting dalam memecah zat kalsium dengan senyawa karbonat. Sehingga, pembentukan batu kapur dalam ginjal bisa terhindar.

2. Obat Anti Jerawat

Kenapa Julia Roberts doyan mengonsumsi air kelapa? Karena, air kelapa adalah obat jerawat yang alami. Memiliki kandungan mineral dan vitamin E yang baik, kamu cukup mengusapkan air kelapa ke wajah untuk memperbaiki jaringan kulit dan menghambat pembetukan batu jerawat.

3. Imun Tubuh yang Baik

Tubuh memiliki zat antibodi yang bakal menghalau racun berbahaya. Nah, dengan asupan air kelaoa, nutrisi hingga vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin dan piridoksin, dan folat bakal memperkuat zat antibodi tersebut sehingga tubuh kebal dalam melawan infeksi virus yang masuk.

4. Menghalau Dehidrasi

Dehindrasi dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai macam penyakit timbul. Sebut saja diare, kolera, disentri, hingga flu. Nah, air kelapa akan membantuk kamu membentuk elektrolit dan plasma tambahan, menggantikan cairan tubuh yang terlepas. Sehingga, tubuh nggak kekurangan cairan.

5. Bikin Awet Muda

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, air kelapa sangat bermanfaat mencegah penuaan diri. Dengan asam laurat dan sitokin yang terkandung, air kelapa akan membantu proses pertumbuhan sel baru. Proses ini punya peran utama dalam pencegahaan penuaan dini, menyeimbangkan tingkat PH dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Punya riwayat penyakit darah tinggi? Nah, air kelapa siap menyelamatkan kamu dari bahaya darah tinggi. Di dalam air kelapa, juga terkandung vitamin C dan magnesium yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Dengan kalium-nya pula, air kelapa juga bertugas menurunkan tekanan darah hingga ke ambang normal.

7. Teman Untuk Diet

Diet yang sehat harus melibatkan air kelapa di dalamnya. Selain sangat rendah kalori, air kelapa mengandng enzim bioaktif yang dapat mengontrol pencernaan. Jadi, kamu nggak akan cepat lapar. Selain itu, zat potassium (kalium) yang hadir mampu membantu mengimbangi kadar natrium dalam tubuh sehingga tubuh dapat membuang kelebihan racun dalam tubuh.

Liburan mau berburu es kelapa? Sekalian traveling, yuk! Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 62 times, 1 visits today)

Comments

To Top