Berita

Sejarah Terciptanya Safety Belt (Sabuk Pengaman)

Travelers, sadar nggak sih, yang bikin kita bisa tetap aman saat naik pesawat adalah penggunaan safety belt (sabuk pengaman). Ehm, nampaknya kita perlu berterima kasih kepada sang pencipta sabuk pengaman, nih. Pengin tahu sejarah terciptanya sabuk pengaman? Simak bareng Pegipegi, yuk!

Diciptakan untuk mencegah cidera yang parah

Sabuk pengaman didesain untuk melindungi pengguna mobil dari gerakan berbahaya akibat tabrakan atau gerakan berhenti tiba-tiba. Dengan menggunakan sabuk pengaman, diharapkan pengguna kendaraan dapat terhindar dari cidera yang parah saat terjadi kecelakaan.

Begitu pula saat berada di dalam pesawat, terutama ketika pesawat mengalami turbulensi yang bisa membuat pesawat berguncang. Guncangan yang mengarah ke atas, bisa menyebabkan penumpang terlempar ke atas jika tidak menggunakan sabuk pengaman. Makanya, biasanya awak pesawat akan meminta penumpang untuk tetap duduk dan memakai sabuk pengaman jika ada gejala turbulensi.

Ada sejak awal abad 19

Saat itu, George Cayley menjadi orang pertama yang berhasil menemukan sabuk pengaman. Tapi, menurut sejarah, George Cayley nggak memiliki hak paten atas temuannya. Bahkan, hak paten sabuk pengaman diajukan oleh seorang pria asal New York bernama Edward J. Claghorn pada 10 Februari 1885. Hak paten tersebut diberikan Amerika Serikat dengan kode US Paten 321.085.

Seiring berjalannya waktu, sabuk pengaman Edward J. Claghorn dikembangkan oleh seorang tentara Amerika bernama Benjamin Foulois. Ia menciptakan sabuk pengaman khusus untuk kursi pesawat terbang pada tahun 1911. Ketika itu, sabuk pengaman diciptakan pertama kali untuk kursi pesawat Wright Flyer Signal Corps 1. Adanya sabuk pengaman bertujuan agar memudahkan pilot dalam pengendalian pesawat ketika terjadi goncangan, baik itu saat lepas landas atau mendarat.

Kemudian, seorang ahli saraf asal California, Dr. C. Hunter Shelden menggagas sabuk pengaman yang mampu memendek dengan sendirinya ketika terjadi kecelakaan di awal 1950-an. Beliau terinspirasi dari banyaknya kasus syaraf di kepala yang ia tangani karena kecelakaan mobil.

Nah, sudah tahu kan mengenai sejarah dan pentingnya sabuk pengaman ketika naik pesawat? Jadi, tetap gunakan sabuk pengaman ketika naik pesawat, ya! Agar bujet traveling kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 126 times, 1 visits today)

Comments

To Top